Memperbaiki Motor yang Terendam Banjir, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah Kok!

Memperbaiki motor yang terendam banjir ternyata mudah dan bisa dilakukan sendiri dari rumah. Sama seperti kendaraan roda empat, motor yang terendam banjir jangan langsung kamu nyalakan mesinnya ya. Hal ini untuk memastikan air tidak benar-benar masuk ke dalam mesin. Pasalnya, air yang tidak bisa dikompresi bersama dengan bensin dan udara berisiko membuat piston jebol dan setang menjadi bengkok.

Bila motor kamu terendam tidak lebih dari 30 cm, masih bisa kok diperbaiki dari rumah. Apalagi kalau gak sampai setengah ban terendam, ya ibaratnya hanya melewati genangan air di jalan selepas pulang kerja. Sebagai langkah awal, kamu cukup memeriksa kondisi karburator dan busi. Lap dan keringkan agar bisa kembali digunakan. 

Kemudian posisikan motor secara tegak dengan roda depan terangkat tinggi. Hal ini berguna untuk mengeluarkan air yang mengendap di knalpot. Cara ini perlu diingat agar suatu ketika motor yang kamu kendarai mogok setelah melewati lokasi banjir, kamu jadi tahu bagaimana cara menanganinya. 

Mengutip laman Carmudi Indonesia, berikut cara umum yang perlu kamu ketahui untuk memperbaiki motor setelah terendam banjir. Ada baiknya ketika ingin merestorasi motor pastikan kendaraan tersebut sudah telanjang sehingga memudahkan kamu untuk membersihkan sisa air atau lumpur yang menempel. 

Cek oli

Memperbaiki Motor
Ganti oli kendaraan (Shutterstock).

Pastikan untuk mengecek bagian oli. Apakah ada air yang ikut masuk atau tidak. Jika saringan udara ikut terkena air kamu perlu menggantinya ya! Agar suplai udara tidak terhambat oleh percikan atau sisa air. 

Bersihkan busi

Memperbaiki Motor
Bersihkan busi (Shutterstock).

Langkah selanjutnya adalah kamu harus mengecek bagian busi. Setelah busi dikeringkan, pastikan sudah tidak ada air yang tersisa di knalpot. Bila masih ada air yang tersisa dan berpotensi masuk ke ruang mesin, ini akan merusak motor kamu. 

Kuras oli motor

Memperbaiki Motor
Kuras oli kendaraan (Shutterstock).

Jika selama musim hujan ini kamu sering menerobos banjir karena tidak ada jalan lain yang bisa dilalui, kamu perlu mengganti oli agar mesin tidak rusak. Atau kalau motor kamu terendam air secara keseluruhan, coba buka mesin dan cukup kuras bagian oli yang sudah tercampur dengan air ya. Biasanya hal ini juga yang dilakukan pihak bengkel untuk menangani motor yang kebanjiran.

Lakukan beberapa kali flushing oli sampai buangannya berubah menjadi bersih atau bening. Setelah itu kamu bisa mengisi oli motor dengan kapasitas lebih banyak. Tujuannya untuk melumasi seluruh bagian hingga ke titik yang sulit terjamah. Tenang, ini hanya berlaku dua mingguan saja kok. Setelah itu kamu bisa mengisi oli dengan kapasitas seperti biasa. 

Bersihkan karburator

Memperbaiki Motor
Karburator (Shutterstock).

Setelah itu kamu perlu memeriksa bagian karburator. Bagian ini juga sangat penting dan jangan sampai terlewatkan. Kalau kamu merasa ragu untuk membersihkannya sendiri, bisa bawa ke bengkel yang memiliki kompresor. Kalau ingin melakukan di rumah gunakan cairan cleaner karburator ya guys. 

Caranya, kuras air karburator dengan mengendurkan baut buangan mesin. Kemudian lepaskan karburator dari filter dan semprot cairan pembersih melalui lubang hisap udara. Untuk motor injeksi, semprotkan cairan pembersih tersebut ke throttle body dari ruang hisap. Cairan cleaner ini mampu membersihkan kerak dan kotoran membandel.

Kuras tangki bensin

Memperbaiki Motor
Tangki bensin (Shutterstock).

Jika sudah membersihkan bagian karburator, langkah selanjutnya adalah melongok tangki bensin. Apalagi kalau motor kamu terendam hingga keseluruhan, sudah pasti air masuk ke bagian tangki juga kan. 

Langkah awal lepaskan pelampung tangki, selang bensin dan fuel pump. Kemudian buka baut tangki dan buang bensin yang ada di dalam sambil digoyang-goyangkan. Ini untuk memastikan kotoran dan air ikut terbilas. Setelah beres pasang kembali tangki dan rangkai saluran bensin seperti sedia kala. Bensin kotor yang telah kamu keluarkan tadi bisa lho untuk membersihkan mesin kendaraan. Manfaatkan untuk membersihkan dari sisa lumpur sampai semuanya rontok.

Cek kabel listrik kendaraan

Memperbaiki Motor
Kabel listrik kendaraan (Shutterstock).

Setelah membersihkan semua komponen yang ada, jangan lupa untuk memeriksa bagian listrik kendaraan. Meski semua pabrikan motor sudah membuatnya kedap air, tetapi gak ada salahnya kan kamu cek. Jika basah, cukup kamu lap dengan kain kering. Semprot cairan penetran untuk menetralisir air di lempengan logam. Kemudian lap sisa cairan yang menempel hingga kering. 

Setelah semuanya selesai, pasang kembali bodi motor seperti sedia kala. Setelah itu, hidupkan mesin motor sembari sedikit “di-bleyer” untuk membuang sisa cleaner di karburator atau throttle body. Kalau sedikit brebet, kamu gak perlu panik. Ini biasa terjadi kok! Selanjutnya akan kembali normal. Nah itu tadi cara memperbaiki motor pasca banjir yang bisa kamu lakukan sendiri. Semoga bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).