Rahasia Memulai Usaha Agar Cepat Sukses

sukses memulai usaha

Kehadiran pelaku bisnis dan usaha semakin meningkat dari waktu ke waktu. Terbukti bahwa memulai usaha sendiri menjadi tren tersendiri pada belakangan ini.

Tercatat ada sekitar 58,97 juta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang telah menyumbang hingga 97,22 persen pada perekonomian nasional. Tingginya angka persaingan tersebut membuat para pemilik usaha harus cerdas dalam menganalisis peluang bisnis yang ada. 

Upaya Menganalisis Peluang Memulai Usaha 

pertimbangkan ketika memulai usaha

Analisis peluang usaha sangatlah penting dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan bisnis Anda. Nyatanya diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang pada empat aspek bisnis berikut. 

1. Mengenali tingkat persaingan 

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum memulai usaha adalah mengenali tingkat persaingan di pasaran saat ini. Misalnya, jika berencana untuk menawarkan jasa event organizer atau perencana acara, cari tahu terlebih dahulu berapa kisaran harga dan layanan yang ditawarkan oleh pesaing Anda.

Setelah itu, lakukan inovasi agar produk atau jasa Anda berbeda dari kompetitor. Dengan begitu, Anda tidak kalah saing dari kompetitor yang telah memiliki kredibilitas. 

2. Menentukan target pasar

Dalam menetapkan target pasar, pemilik usaha harus tahu kepada siapa produk atau jasa akan dijual. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisis kebutuhan serta ketertarikan target konsumen yang disasar terhadap produk yang Anda tawarkan. 

Setelah mengetahui target Anda, ciptakan strategi pemasaran yang sesuai dengan target tersebut. Misalnya melalui media sosial, door to door, dan lainnya. 

3. Memiliki modal usaha yang sehat

Sebelum memulai usaha, tentu Anda perlu mempersiapkan modal bisnis terlebih dahulu. Nah, tahap ini sebaiknya dipikirkan matang-matang untuk menghindari risiko merugi. 

Mulai dengan menghitung dana yang dibutuhkan. Jika produk yang dijual membutuhkan proses produksi, jangan lupa hitung biaya pengeluaran untuk peralatan produksi dan tenaga kerja yang dibutuhkan, ya. 

Mungkin Anda memiliki impian skala bisnis luas dengan modal yang besar, namun realitas yang sewajarnya adalah semua harus dimulai dari kecil. Tidak ada kewajiban untuk mengawali dengan modal yang besar, namun utamakan perencanaan keuangan yang tepat.

Maka dari itu, Anda tidak perlu memaksakan mencari sumber dana dari pinjaman bank atau lembaga lainnya. Awalilah usaha Anda dengan dana sendiri, berapa pun jumlahnya tidak masalah. Dengan begitu Anda pun terhindar dari kebiasaan memulai usaha dengan berutang. 

Lagipula agak terdengar janggal bahwa kita berupaya mencari uang dengan berutang, bukan?

4. Menyusun business plan

Langkah terakhir adalah menyusun business plan atau perencanaan bisnis. Perencanaan bisnis adalah pernyataan formal secara tertulis yang menjelaskan tujuan dan alasan berdirinya suatu bisnis, serta strategi atau rencana apa yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Perencanaan bisnis berfungsi sebagai panduan yang akan memudahkan pemilik usaha untuk selalu fokus dalam mengelola manajemen perusahaan. 

Dokumen Hukum yang Perlu Disiapkan

dokumen sebelum memulai usaha

Baik mendirikan usaha dalam bentuk CV, Firma, ataupun PT, ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan sebagai bentuk legalitas perusahaan Anda. Berikut ini adalah beberapa dokumen hukum yang berlaku di Indonesia. 

1. Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)

SKDU adalah surat kelengkapan izin usaha yang dikeluarkan oleh kantor kelurahan atau kecamatan sesuai domisili usaha Anda. Surat ini berfungsi mempermudah pemilik usaha dalam membuat dokumen hukum lainnya seperti SIUP, TDP, NPWP, dan lainnya. 

2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk perusahaan

NPWP badan usaha berfungsi sebagai bukti bahwa suatu perusahaan telah memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan bidang perpajakan. Izin NPWP ini dapat diajukan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat atau melalui Kantor Penyuluhan dan Pengamatan Potensi Perpajakan (KP4). 

3. Izin Usaha Dagang (UD) 

Surat izin UD adalah tanda bukti sah dan legalitas usaha yang bisa didapatkan dengan mengajukan permohonan izin melalui Kantor Wilayah Departemen Perindustrian dan Perdagangan setempat. 

4. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

SITU merupakan salah satu dokumen hukum yang berfungsi sebagai bukti izin dan legalitas suatu usaha.Untuk mendapatkan SITU, pemilik usaha harus membuat permohonan kepada Pemerintah Daerah. 

Surat izin ini berlaku paling lama selama tiga tahun dan bila telah habis masa berlakunya harus diperpanjang.

5. Surat Izin Usaha Industri (SIUI)

SITU adalah izin yang wajib dimiliki oleh perusahaan industri yang memiliki modal sekitar Rp5 juta hingga Rp200 juta. Perusahaan industri yang dimaksud adalah usaha yang mengolah bahan mentah, bahan baku, dan bahan setengah jadi. 

Selain izin untuk melakukan usaha industri, surat ini juga berlaku sebagai izin gudang atau tempat menyimpan peralatan dan perlengkapan untuk keperluan bisnis industri tersebut.

Untuk mendapatkan SIUI, pemilik usaha dapat mengajukan permohonan ke Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Daerah Tingkat II Kabupaten atau Kota. Jika usaha tersebut telah berkembang pesat, maka pemilik usaha dapat mengurusnya ke Kantor Perizinan Terpadu Tingkat 1 Provinsi atau BKPM. 

6. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Mengurus surat izin usaha, yaitu dalam hal ini adalah SIUP, ditujukan untuk usaha perdagangan seperti koperasi, perusahaan, dan perseorangan. Untuk mendapatkannya, pemilik usaha perlu mengajukan permohonan ke pemerintah daerah sesuai dengan domisili perusahaan. 

Perlu dipahami bahwa SIUP tidak hanya diwajibkan untuk pedagang berskala besar saja, namun juga semua jenis pedagang. 

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda pertimbangkan. Dengan tekad yang kuat dan perencanaan yang matang, siapa pun tentu berpeluang memulai usaha sukses milik sendiri. Semoga sukses, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →