Di 2020 Saat Semangat Baru! Yuk simak Tips Mencari Pekerjaan Sesuai Passion Kamu

mencari pekerjaan

Memasuki tahun 2020, tentunya banyak harapan yang kamu inginkan di tahun yang baru ini. Salah satunya mungkin memiliki jenjang karier yang lebih moncer. Nah gak ada salahnya nih mencari pekerjaan sesuai passion kamu di tahun 2020 ini.  

Siapa sih yang gak mau melakukan pekerjaan yang sesuai sama passionnya? Tentunya topik seputar hal tersebut sering kita dengar dari tahun ke tahun. Hanya karena kita sudah merasa aman di comfort zone jadi gak berani untuk melangkah maju buat mewujudkan hal tersebut.

Untuk melakukan suatu perubahan emang butuh tekad yang kuat dan momen yang tepat. Sebab kalau gak, bisa dipastikan akan sia-sia. Nah kalau kamu sudah memiliki tekad yang bulat untuk mencari jenjang karier yang lebih, yuk manfaatkan momen tahun baru ini untuk mencari pekerjaan baru dan menyimak beberapa tips berikut, melansir dari Career Addict.

Baca juga: Ini 5 Hal yang Bikin Generasi Milenial Bertahan Lama di Perusahaan

1. Update CV salah satu mencari pekerjaan 

mencari pekerjaan
Update CV mu yang terbaru dalam mencari pekerjaan di tahun baru, (Ilustrasi/Shutterstock).

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa mencari pekerjaan yang yang lebih baik di tahun 2020 ini adalah dengan mengupdate CV. Untuk kamu yang udah lama bekerja di suatu perusahaan pasti jarang banget merubah berkas yang satu ini karena kebutuhannya kurang mendesak. 

Bila kamu pernah mendapatkan promosi jabatan dari yang sebelumnya wajib untuk mengubah bagian CV. Dan gak lupa bila ada prestasi tertentu yang pernah dicapai bisa juga dicantumkan dalamnya agar pihak HR mengetahui hal tersebut.

Baca juga: Makna Tahun 2020, Buat Kamu Pekerja Bisa Makin Sukses Lho!

2. Buat daftar posisi yang ideal

Mencari pekerjaan
Bikin daftar posisi yang ideal dengan jenjang kariermu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Guna mencari pekerjaan yang efisien, kamu juga perlu membuat daftar posisi yang cocok dengan keinginan atau sesuai dengan latar belakang pendidikan serta pengalaman. Sebab jika semua posisi kamu lamar tentunya bakal memakan banyak waktu dan tenaga.

Alangkah baiknya juga kamu melamar atau mengirimkan lamaran satu per satu dan tidak dilakukan serentak sekaligus. Itu semua agar kamu gak bingung saat mendapatkan panggilan interview di waktu yang bersamaan.

Baca juga: Biar Karier Moncer, 10 Soft Skill Ini Wajib Dimiliki Milenial di Tahun 2020

3. Mencari pekerjaan di perusahaan yang mapan

mencari pekerjaan
Cari pekerjaan di perusahaan yang mapan ya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selanjutnya bagi kamu yang selama ini meniti karier di startup, yakni dengan mencoba peruntungan di perusahaan cenderung konvensional. Meskipun terdengar kurang kekinian tetapi perusahaan konvensional umumnya memberikan tawaran gaji yang lumayan besar dibandingkan startup. 

Apalagi jika korporasinya sudah mapan dan mempunyai banyak lini bisnis di berbagai sektor. Ambil contoh saja seperti Grup Djarum yang memiliki perusahaan perbankan Bank Central Asia. 

Selain itu perusahaan yang mapan biasanya juga menawarkan risiko PHK lebih kecil dan jika terjadi pun bakal memberikan pesangon besar kepada karyawannya.

4. Identifikasi kemampuan diri sendiri

mencari pekerjaan
Identifikasi kemampuanmu saat mencari kerja yang baru di tahun ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Poin keempat yang gak kalah penting untuk mencari pekerjaan baru di tahun 2020 adalah mengidentifikasi kemampuan pribadi. Banyak orang menginginkan posisi ini dan itu tanpa mengetahui skills apa yang dimiliki.

Hal ini berguna supaya saat melakukan pekerjaan baru nantinya kamu gak mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan. 

5. Jangan lupa networking dan nego gaji!

mencari pekerjaan
Memanfaatkan networking dan nego gaji penting lho di tahun baru, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tips mencari pekerjaan di tahun 2020 yang terakhir adalah dengan memanfaatkan networking yang sudah kamu jalin selama ini dengan klien maupun rekan kerja. Networking akan sangat berguna untuk memperluas pengetahuan seputar dunia kerja diluar yang ada di internet.

Dan yang gak boleh ketinggalan ada nego gaji jika sudah mendapatkan tawaran di tempat lain. Mau gak mau pastinya kamu pengin dong memiliki upah dan tunjangan yang lebih baik dari sebelumnya, menarik bukan?

Nah itulah 5 tips mencari pekerjaan di tahun yang baru ini 2020. Semoga dengan semangat yang baru juga kamu mendapatkan jenjang karier yang lebih baik ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →