6 Cara Mudah Mengembalikan Semangat Kerja, Salah Satunya Ingat Cicilan!

6-Cara-Mudah-Mengembalikan-Semangat-Kerja-Salah-Satunya-Ingat-Cicilan

Membaca dan mengamalkan kata-kata motivasi kerja perlu juga dilakukan. Hal ini demi mengembalikkan semangat bekerja bagi mereka-mereka yang mulai merasa malas.

Memang sih, membaca gak menjamin kamu langsung sukses, tapi paling tidak menumbuhkan harapan untuk menuju ke sana. Apalagi kalau kata-kata tersebut relevan banget sama kondisimu saat ini. 

Bagi orang-orang yang sedang menghadapi masalah, khususnya di dalam pekerjaan, cenderung membuat performanya menurun. Seandainya kondisi ini berlangsung terus menerus, lama-lama bisa mengganggu ke aspek-aspek kehidupan lainnya. 

Di situlah manfaat dari kata-kata motivasi, mensugesti pembacanya untuk mengembalikkan semangatnya lagi. 

Berikut ini kata-kata motivasi kerja yang bisa membantumu maksimal dalam melaksanakan setiap pekerjaan

Kata-kata motivasi penyemangat dari tokoh Tanah Air 

Kata-kata motivasi dari tokoh Indonesia

Rasanya kita semakin semangat apabila kata-kata motivasi keluar dari mulut orang-orang top, tak terkecuali orang top di Indonesia. Karena kata-kata tersebut biasanya keluar dari pengalaman mereka sendiri. 

Meski sudah top, mereka juga manusia biasa. Kesuksesan tidak mereka raih dengan cara yang instan, melainkan melalui pasang surut. 

1. “Garis batas antara kegagalan dan kesuksesan sangatlah tipis. Jangan menyerah.” – Merry Riana 

Ketika kamu merasa gagal, padahal usaha maksimal sudah dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik, jangan langsung menyerah. Karena kata Merry Riana, garis antara kesuksesan dan kegagalan sangat tipis. 

Jangan sampai kamu memutuskan menyerah padahal kesuksesan tinggal selangkah lagi kamu raih. 

2. “Kesusahan bukanlah sesuatu yang abadi. Mari tersenyum, lepaskan beban di hati.” – Merry Riana 

Kesulitan dan hambatan di dalam dunia kerja pasti bakal terus ada. Namun, pasti juga bakal berakhir karena ada jalan keluarnya. Tugasmu sebagai pekerja hanya perlu mencari jalan keluar untuk meraih kesuksesan. 

3. “Tanpa kerja keras, semuanya adalah omong kosong.” – Chairul Tanjung

Chairul Tanjung atau CT adalah sosok pengusaha sukses saat ini. Ia memiliki banyak bidang usaha yang mayoritas bergerak di bidang media. Kata-kata motivasi kerja yang disebutkannya ini adalah salah satu kuncinya untuk meraih kesuksesan hingga saat ini. 

Terbukti dari kerja keras, ia yang awalnya hanya seorang mahasiswa dengan keadaan ekonomi pas-pasan, bisa duduk di daftar 10 besar orang paling kaya di Indonesia. 

4. “Untuk sukses, kamu perlu mempercayai dirimu sendiri, terutama saat tidak ada seorangpun yang percaya padamu.” – Chairul Tanjung 

Kunci kesuksesan sejatinya hanya ditentukan dari diri kita sendiri, bukan orang lain. 

5. “Hidup bukanlah tentang ‘aku bisa’ saja, namun tentang ‘aku mencoba’. Jangan pikirkan tentang kegagalan, itu adalah pelajaran.” – Soekarno 

Kegagalan memang bikin semangat menurun, tapi kata Presiden RI ke-1, kegagalan itu justru menjadi pelajaran buat ke depannya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

6. “Kerja akan menghasilkan sesuatu, sementara omongan hanya menghasilkan alasan.” – Presiden Joko Widodo 

Kamu tentu tahu tagline yang sering digaungkan oleh Presiden Jokowi, yaitu ‘Kerja, Kerja, Kerja’, Jokowi percaya segala kesuksesan hanya bisa diraih dengan kerja nyata.

Seandainya kamu menghadapi masalah, lebih baik selesaikan masalah tersebut dengan tindakan nyata, jangan hanya mengeluh saja. Mengeluh gak bakal menyelesaikan apa-apa. 

7. “Kegagalan adalah teguran untuk move on.” – Ridwan Kamil 

Kalau kamu merasa berada di posisi terendah karena kegagalan, resapi kata-kata motivasi kerja dari Kang Emil ini. Gagal justru seharusnya membuat kamu melangkah lebih maju lagi dan mencari solusi-solusi terbaik atas kegagalan tersebut. 

8. “Jangan takut untuk bekerja, jangan bekerja kalau takut.” – Susi Pudjiastuti

Bu Susi sudah gak lagi jadi Menteri Kelautan dan Perikanan, tapi kata-katanya yang memberi semangat kerja buat anak bangsa masih bisa kita ingat. 

Kata beliau, kalau bekerja harus totalitas, jangan takut menanggung risiko. Kalau takutan, kamu gak bakal bisa meraih kesuksesan nantinya. 

9. “Kekecewaan itu harus kita salurkan dengan bekerja lebih baik lagi.” – Sri Mulyani 

Kata bijak singkat bermakna dari Menteri Keuangan kita tercinta ini jelas mengajak semua masyarakat untuk tidak terlalu berlarut-larut terhadap kekecewaan, termasuk kamu-kamu yang masih bekerja. 

Kecewa karena diomelin atasan, kecewa karena gak memenuhi target, kecewa gara-gara melakukan kesalahan, merupakan hal yang sah-sah saja. Tapi, setelah itu, jadikan kekecewaan itu sebagai pendorong kamu buat kerja lebih keras lagi. 

Kata-kata motivasi bahasa Inggris

Kata-kata penyemangat dan memotivasi kamu dalam bahasa Inggris

Setelah menyimak kata-kata motivasi kerja dari tokoh dalam negeri, coba kita simak motivasi kehidupan dari tokoh-tokoh dunia. 

1. “I knew that if I failed, I wouldn’t regret that, but I knew the one thing I might regret is not trying.” – Jeff Bezos 

Orang terkaya di dunia Jeff Bezos saja tidak takut terhadap kegagalan, karena setidaknya ia sudah bekerja semaksimal mungkin. Namun, penyesalan terbesarnya sebagai seorang pekerja dan pengusaha adalah ketika gak melakukan apa-apa. 

2. “I’m happiest when I’m working. If I’m not working, I feel like I’m wasting my time.” – Stan Lee 

Kata-kata motivasi kerja karyawan dari si bapak pendiri Marvel, Stan Lee adalah teruslah bekerja. Kalau kamu malas-malasan, waktumu di dunia ini bakal terbuang sia-sia. 

Dengan bekerja, bakal ada banyak manfaat yang bakal kamu dapatkan, baik itu dalam bentuk materi, atau pelajaran moral. 

3. “Success consists of going from failure to failure without loss of enthusiasm.” – Winston Churchill 

Saat mengalami kegagalan, kamu jangan justru berkecil hati, tapi teruslah bersemangat bekerja lebih giat lagi. Karena kata Mantan Perdana Menteri Inggris yang satu ini, kunci kesuksesan itu justru dari kegagalan-kegagalan yang pernah dialami. 

4. “The future depends on what you do today.” – Mahatma Gandhi 

Kata Mahatma Gandhi, potret masa depanmu tergantung pada apa yang kamu lakukan sekarang. Nah misalnya sekarang kamu lagi stres sama kerjaan, terus cuma bisa ngeluh-ngeluh doang, gak bakal bisa merubah masa depanmu menjadi lebih baik lagi. 

5. “Our greatest weakness lies in giving up. The most certain way to succeed is always to try just one more time.” 

Jangan mudah menyerah ketika kamu mendapati banyak masalah di kantor, apalagi kalau sampai berniat resign. Karena resign juga gak menjamin kamu bakal terhindar dari masalah nantinya. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kalau belajar dari Alva Edison, teruslah berusaha untuk menyelesaikan masalahmu. Terus berusaha adalah kunci kesuksesan.

Tapi yang namanya bekerja, pasti ada di mana semangat kamu mulai mengendur. Entah itu karena pekerjaan yang menumpuk, lingkungan kantor yang tidak kondusif hingga lokasi kantor yang sangat jauh.

Wajar-wajar aja sih, tapi kamu gak bisa terus menerus tenggelam dalam kondisi tersebut lho. Kamu harus segera membangkitkan semangat karena banyak kebutuhan yang harus kamu penuhi.

Nah, selain kata-kata motivasi kerja, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikkan semangat kerja yaitu dengan mengingat tanggunganmu, seperti kebutuhan keluarga atau cicilan 

Bagaimana caranya? Berikut enam di antaranya:

Agar hal itu gak terjadi sama kamu, berikut ini kita kasih beberapa tips untuk mengembalikan motivasi kerja dan bisa mencapai kesuksesan.

Baca juga: 5 Kisah Pengusaha UKM yang Sukses Memulai Bisnis dari Nol

1. Jangan terlalu stres menghadapi setiap tugas, santai aja!

motivasi kerja
Hindari stress merupakan salah satu cara buat membangun semangat kerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mendapatkan pekerjaan yang sulit memang kadang bikin bete, apalagi kalau kerjaan gak ada habis-habisnya, rasanya pengin cepet-cepet jam pulang kantor aja. Hal tersebut memang bikin motivasi kerja hilang dengan seketika. 

Tapi, kamu bisa kok mengatasinya dengan cara mengelabui pikiranmu sendiri. Susah rasanya untuk berpikiran positif di tengah gempuran tugas-tugas yang gak ada habisnya, tapi cobalah sekali-kali untuk berpikiran luas dengan perspektif positif. 

Yang memiliki beban pekerjaan seperti ini gak cuma kamu doang, tapi hampir seluruh pegawai juga memiliki tugas yang sama beratnya dengan kamu bahkan lebih berat lagi. 

Jadi, jangan menganggapnya terlalu membebani hidupmu, santai saja, kerjakan secara pelan-pelan nanti juga lama-lama kelar sendiri. 

Baca juga: Kumpulan Video dari TED Talk Ini Cocok buat Kamu yang Pengin Sukses Berkarier

2. Buatlah tujuan kecil dan berusaha mencapainya 

motivasi kerja
Bikin tujuan kecil buat mencapainya. Di situ kamu bakal menemukan kenikmatan dalam bekerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Salah satu cara untuk mengembalikan motivasi kerja adalah dengan memiliki tujuan. Pengin naik pangkat dalam waktu 1 tahun, naik gaji dua kali lipat dalam waktu yang singkat? Mungkin tujuan tersebut sedikit susah dicapai karena terlalu muluk-muluk. Tapi cobalah mulai dari tujuan-tujuan kecil.

Misalnya kamu punya sebuah proyek besar sulit rasanya kalau menyelesaikan dalam waktu singkat dan seorang diri. Caranya adalah, pecah proyek tersebut menjadi tujuan-tujuan kecil sehingga kamu akan merasa ringan menjalankannya. 

Misalnya, kamu diperintahkan untuk menjual 10 produk mobil per bulannya. Kalau kamu berpikiran itu susah, coba diperkecil targetnya menjadi 3 produk per minggu. Jadi terasa lebih ringan bukan? 

Baca juga: Sambut Tahun Babi Tanah, 6 Zodiak Ini Bakal Sukses Berkarier di 2019

3. Liburan salah satu motivasi kerja

motivasi kerja
Liburan salah satu cara juga nih buat membangkitkan semangat kamu bekerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau motivasi kerja hilang gara-gara terlalu lelah bekerja, kesibukan yang gak ada henti-hentinya, salah satu cara mengembalikannya dengan liburan. 

Ambil cuti di hari Jumat atau Senin biar bisa liburan tiga hari. Liburan ke tempat-tempat wisata terdekat atau keluar kota yang penting bisa melepas penat setelah semingguan bekerja. Saat motivasi kembali tentu produktivitas mu juga bakal meningkat. 

4.  Beri penghargaan ke diri sendiri

motivasi kerja
Memberikan reward ke diri sendiri gak ada salahnya lho buat membangkitkan semangat bekerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu bisa memberikan penghargaan buat diri sendiri, tapi syaratnya harus menyelesaikan setiap tujuan yang telah dibuat. Penghargaannya juga bisa berupa barang, atau apapun yang bisa membuat kamu senang. 

Misalnya kamu menargetkan bisa menjual 10 produk dalam waktu satu bulan. Apabila tujuan tersebut tercapai, kamu berencana untuk membeli baju baru. Supaya lebih menantang, kamu harus meyakinkan diri kalau tidak mencapai target tidak akan membelinya. 

Dengan cara seperti itu, setiap harinya kamu bakal memiliki motivasi kerja untuk lebih giat lagi. 

5. Pikirkan masa depan 

motivasi kerja
Memikirkan masa depan juga salah satu cara membangkitkan semangat bekerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Salah satu tujuan dari bekerja adalah buat mengisi tabungan di masa depan. Seandainya kamu malas-malasan gara-gara motivasi kerja hilang, bayangkan gimana nantinya masa depanmu. 

Pikirkanlah tentang hal yang baik-baik di masa depanmu, misalnya kamu membayangkan memiliki hunian di komplek elite buat berapa tahun ke depan, atau memimpikan liburan ke luar negeri saat usia 40 tahunan. Dengan memiliki tujuan positif di masa depan, dijamin kamu bakal semangat kerja untuk mengejarnya!

6. Ingat cicilan! 

motivasi kerja
Salah satu cara membangkitkan semangat kerja adalah dengan memikirkan cicilan nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara terjitu supaya motivasi kerja kembali yaitu dengan cara mengingat-ingat tanggungan. Misalnya ada cicilan yang belum bisa dilunasi beberapa tahun ke depan. Ya mau gak mau kamu harus semangat kerja. Ada cicilan rumah, cicilan motor, cicilan mobil, dan lain-lainnya.

Salah satu dampak terparah kalau kamu gak punya motivasi dalam bekerja, peformamu menurun, penilaian jelek, dan kamu berpotensi dipecat. Kalau udah dipecat, bingung deh gimana bayar cicilannya, karena gak ada pemasukan.  

Kalau perlu, semangat kejar target bahkan melebihinya biar dapat bonus dari kantor, kan lumayan bisa buat nambah-nambah bayar cicilan. 

Itulah enam cara mengembalikan motivasi kerja agar karier mu tetap aman. Bersyukur banget kalau misalnya motivasi mu bisa membawa ke kesuksesan, misal naik gaji, naik pangkat, dan dapat bonus. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →