Ini Teknologi Mutakhir Kapal Selam Indonesia Alugoro 405 Seharga Rp 1,5 Triliun

Kapal Selam Indonesia (Shutterstock)

Alat utama sistem pertahanan Tanah Air bakal semakin maju dengan dibuatnya kapal selam Indonesia bernama Alugoro 405. Teknologi yang dibawanya juga gak kalah sama produksi luar negeri lho ternyata.

Sebelumnya jajaran TNI tengah merencanakan menambah mesin tempur lautnya dengan memesan 12 kapal selam semenjak tahun 2013 sampai beberapa tahun kedepan.

Alugoro 405 merupakan kapal selam Indonesia ketiga yang dibuat oleh PT PAL setelah KRI Nagapasa 403 tahun 2017 dan KRI Ardadedali 404 tahun 2018 udah duluan beroperasi.

Kapal Selam Indonesia
Kapal Selam Indonesia Alugoro 405 Seharga Rp 1,5 Triliun (Liputan6).

Dan yang bikin membanggakan selain dirakit oleh BUMN PT PAL di Surabaya, alat tempur laut ini merupakan hasil karya anak bangsa mulai dari perancangan, bahan baku sampai proses perakitan. Wah, patut berbangga nih kita ya melihat prestasi tersebut.

Walaupun buatan lokal gak berarti kualitasnya abal-abal seperti stereotip banyak orang.

“Dengan diresmikannya kapal selam ketiga ini akan semakin meningkatkan getaran efek kepada dunia dan membuat daya tempur nasional semakin diperhitungkan,” tegas Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu, mengutip dari Merdeka.

Nah daripada berlama-lama lagi mending kita lihat aja nih kecanggihan kapal selam Indonesia Alugoro 405 berikut ini:

Torpedo generasi terbaru bernama Black Shark

Kapal Selam Indonesia
Torpedo generasi terbaru (Shutterstock).

Kalau ngomongin soal peralatan tempur pasti gak jauh-jauh sama yang namanya peluru tembak. Kapal selam Indonesia Alugoro 405 udah memiliki torpedo Black Shark generasi terbaru dari Whitehead Alenia Sistemi Subacquei yang bisa mengejar target sejauh 50 kilometer.

Dimensi torpedo itu sepanjang 3,6 meter dengan diameternya mencapai 553 milimeter. Cukup untuk menimbulkan hulu ledak yang masif di sekitar target.

Kalau udah gini sih kapal asing mana lagi yang berani masuk ke wilayah perairan Indonesia ya, kan?

Bisa melaut selama 50 hari non-stop dan membawa 41 kru

Kapal Selam Indonesia
Bisa melaut selama 50 hari non-stop

Gak kalah canggih dari pelurunya, kapal selam Indonesia ini udah mampu mengarungi lautan Nusantara selama 50 hari tanpa henti lho. Ditambah kapasitas kru yang bisa dibawa sampai dengan 41 prajurit.

Dengan panjang yang mencapai 61,3 meter, lebar 7,8 meter dan bobot sampai 1.595 ton ketika berada di permukaan laut Alugoro dapat memacu kecepatan sampai 21 knot.

Menggunakan sistem navigasi Naval Combat Management MSI-90U Mk2

Kapal Selam Indonesia
Sistem navigasi kapal selam (Shutterstock).

Secara garis besar Naval Combat Management MSI-90U Mk2 ini adalah sistem pengelolaan data yang paling mutakhir untuk melihat keadaan sekitar.

Entah itu pengin melacak keberadaan kapal perang musuh ataupun cuman menjaga wilayah perairan Indonesia dari ancaman.

Layaknya seekor paus dan lumba-lumba gelombang ultrasonik yang digunakan kapal selam Indonesia Alugoro 405 bakal di buat menjadi gambar 3 dimensi untuk melihat kondisi bawah laut. Kece banget, kan?

Biaya produksinya Rp 1,5 triliun per unit

Kapal Selam Indonesia
Biaya produksi gak sedikit (Shutterstock).

Dibandingkan harus membeli atau menyewa teknisi luar negeri, biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu buah kapal selam Indonesia tergolong lumayan efisien hanya Rp 1,5 triliunan doang.

Harga tersebut bisa menghemat uang sekitar Rp 5 triliunan rupiah jika membeli langsung dari negara Korea Selatan yang mematok Rp 10,8 triliun per 3 unit kapal selam.

Lumayan banget kan efisiensi ongkosnya hampir 50 persen lebih. Udah gitu kita juga dapat bonus keahlian teknisi dalam menggunakan teknologi terbaru pula.

Nah itulah teknologi mutakhir yang dimiliki oleh kapal selam Indonesia Alugoro 405. Semoga kedepannya makin banyak lagi Alutsista yang dibuat oleh anak bangsa, ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →