Beda 180 Derajat dengan Lainnya, Ini Pangeran Arab yang Sering Disebut ‘Sederhana’

Pangeran Fahad bin Faisal Al Saud. (Instagram/@yolofahad)

Pangeran-pangeran Arab Saudi memang identik dengan gaya hidup yang serba mewah dan pengaruh politiknya yang kuat. Namun, hal itu gak berlaku buat Pangeran Fahad bin Faisal Al Saud. Media kerap menyebut Pangeran Fahad meninggalkan kemewahan itu untuk berbisnis? Serius tuh?

Sebagai seorang anggota keluarga kerajaan Arab Saudi, Fahad memang kelewat nyentrik. Bahkan lebih mirip model papan atas ketimbang seorang pangeran.

Walaupun terkesan “sederhana” untuk seorang Pangeran Arab Saudi, tetap saja masih ada beberapa postingan di akun Instagram beliau yang agak glamor. Dia pun masuk sebagai rombongan pangeran yang ikut ke dalam rombongan Raja Salman saat ke Bali.

Jelas saja, dia memang bisa tampil bebas dengan busana non-formal karena dia gak tergabung dalam jajaran pejabat di negaranya. Fahad adalah seorang pengusaha yang juga pernah “bekerja.”

Walaupun belum setajir Pangeran Al-Waleed bin Talal, nama Fahad cukup dikenal di kancah internasional.

Ingin tahu lebih lanjut soal fakta-fakta Fahad? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Berbisnis di sektor digital

Pangeran Fahad bin Faisal Al Saud. (Instagram/@yolofahad)
Pangeran Fahad bin Faisal Al Saud. (Instagram/@yolofahad)

Bisnis yang digeluti Pangeran Fahad ternyata bukan bisnis minyak, energi, penerbangan, dan sebagainya. Bisnis yang digelutinya bergerak di bidang digital content.

Perusahaan itu bernama Na3am. Sang pangeran ini bertindak sebagai CEO dari perusahaan tersebut. Asal kamu tahu, Na3am sendiri telah meluncurkan video game dan komik bertema Revolusi Perempuan Arab Saudi.

Komik yang dirilis Na3am menampilkan karakter seorang superhero perempuan. Selain memimpin perusahaan, Fahad juga menjadi Creative Directornya lho. Dia bekerja sama dengan Stan Berkowit yang merupakan komikus senior.

2. Pernah kerja di Facebook

Pangeran Fahad bin Faisal Al Saud. (Instagram/@yolofahad)
Pangeran Fahad bin Faisal Al Saud. (Instagram/@yolofahad)

Siapa sangka, walaupun dia adalah anggota keluarga kerajaan ternyata dia pernah jadi karyawan. Di tahun 2009, dia bekerja di Facebook dan menjabat sebagai Head of User Operations.

Dialah yang berkontribusi dalam peluncuran Facebook dengan Bahasa Arab. Hebat ya!

3. Lulusan Amerika Serikat

Pangeran Fahad bin Faisal Al Saud. (Instagram/@yolofahad)
Pangeran Fahad bin Faisal Al Saud. (Instagram/@yolofahad)

Pangeran Fahad lahir di Taif, Arab Saudi. Namun, hingga kini dia tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat. Kabarnya, dia adalah seorang lulusan Universitas Stanford jurusan Teknik Mesin. Selain itu, dia juga punya ijazah di jurusan Manajemen Sains dan Studi Timur Tengah lho.

Sampai saat ini, Pangeran Fahad juga jarang terlihat formal layaknya pangeran-pangeran lainnya. Dia kerap terlihat sangat santai dengan busana street style, dan memposisikan diri sebagai seorang entrepreneur di bidang teknologi.

Dia sendiri punya cita-cita untuk memajukan anak muda di Timur Tengah, Eropa, dan Afrika. Pangeran yang satu ini cukup aktif untuk membuka lapangan kerja demi memberikan kesempatan karier yang lebih baik untuk pemuda-pemudi di dunia ini.

Berkat tindakannya, Fahad pun dijuluki technology evangelist. Dia pun pernah diundang untuk menjadi pembicara utama di UNICEF.

4. Sempat membantu Barack Obama

Pangeran Fahad bin Faisal Al Saud. (Instagram/@yolofahad)
Pangeran Fahad bin Faisal Al Saud. (Instagram/@yolofahad)

Saat Barack Obama masih di Gedung Putih, dia ternyata pernah mengajak Pangeran Fahad untuk bekerja sama mencari solusi terbaik bagi kaum milenial dalam bidang kesehatan, energi, hak perempuan, dan lainnya.

Selain itu, di tahun 2015 dia juga cukup aktif memberikan kuliah umum di lingkungan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), tentang keamanan cyber dan isu privasi. Dia juga seringkali membahas hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas media sosial di Timur Tengah.

Seperti itulah fakta-fakta pangeran bertato asal Arab Saudi ini. Di balik penampilan nyentriknya, ternyata ada reputasi karier dan bisnis yang luar biasa hebat.

Gak nyangka, seorang pangeran yang hidupnya kaya tujuh turunan ternyata rela ninggalin kemewahan untuk berkarier dan menciptakan terobosan baru buat dunia.

Kalau dibilang meninggalkan kemewahan dan hidup sederhana, mungkin ada benarnya juga. Dia memang jarang sekali terlihat dengan pakaian yang mewah seperti saudara-saudaranya.

Gak ada juga pemberitaan soal aset-aset miliknya yang harganya mahal. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →