Menghemat Uang Belanja Kebutuhan Sekolah Anak? Lakukan 6 Tips Ini

Orangtua dan anak

Menghemat uang untuk belanja kebutuhan sekolah anak memang bisa dibilang gampang-gampang susah.

Pasalnya banyak dana yang harus dikeluarkan untuk sekolah anak, mulai dari bayar sekolah setiap bulan, membeli peralatan sekolah hingga uang saku anak.

Biaya tersebut memang tentu aja akan membuat para orangtua keteteran. Apalagi jika kamu tidak menyiapkannya dengan baik.

Tapi kamu gak perlu khawatir karena berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang kebutuhan sekolah anak seperti berikut:

[Baca: Ini Dia 6 Sekolah Termahal di Dunia. Tertarik Nyekolahin Anakmu di Sana?]

Tips Menghemat Uang #1: Tetapkan Anggaran

Menghemat Uang
Jangan lupa membuat anggaran agar pengeluaran gak membludak (orami)

Perlengkapan sekolah anak seperti buku, alat tulis serta seragam sekolah anak menjadi salah satu biaya konsisten yang harus kamu keluarkan setiap beberapa bulan sekali.

Pengeluaran untuk perlengkapan sekolah anak itu bisa membludak kalau gak diatur dengan baik. Karena itu pentingnya kamu tetapkan anggaran mengenai apa aja yang perlu dibeli.

Misalnya bulan ini kamu hanya menyiapkan uang sebesar Rp 100 ribu untuk membeli perlengkapan alat  tulis.

Nah, sebaiknya kamu membuat daftar apa saja yang akan dibeli jangan sampai saat datang ke toko, kamu malah bingung mau beli apa dan justru membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Tips Menghemat Uang #2: Buatlah Prioritas

Menghemat Uang
Buat prioritas jangan lupa ya (pegcalvario)

Sebelum memutuskan membeli perlengkapan sekolah anak ketahuilah terlebih dahulu mana yang harus diprioritaskan atau dahulukan.

Misalnya mungkin anakmu membutuhkan buku gambar dan krayon untuk pelajaran menggambar di sekolahnya. Tapi di sisi lain kamu melihat tempat pensil anakmu sudah mulai jelek.

Walaupun semua perlengkapan yang dibutuhkan itu bukan barang mahal tapi saat tanggal tua tentu harus memilah mana barang yang harus diprioritaskan.

Seperti membeli peralatan menggambar terlebih dahulu dan di akhir bulan baru membeli tempat pensil yang baru.

Tips Menghemat Uang #3: Belilah Peralatan yang Berkualitas

Menghemat Uang
Beli barang berkualitas justru dapat menghemat uangmu lho (brokeassstuart)

Inilah salah satu hal yang banyak disalahartikan oleh para orangtua. Banyak dari mereka yang memilih untuk membeli barang murah dengan alasan lebih irit.

Padahal barang murah dan mahal tentu memiliki kualitas yang berbeda atau dengan kata lain barang mahal memiliki kualitas yang lebih baik.

Membeli barang berkualitas memang lebih mahal di depan. Namun, barang berkualitas akan lebih tahan lama dan nantinya justru bisa menghemat uangmu.

Tips Menghemat Uang #4: Jangan Ikutin Tren

Menghemat Uang
Tempat makan karakter yang unik (bukalapak)

Kotak makan siang atau ransel gambar karakter memang kini sedang tren dan kekinian. Kamu juga tentu ingin membelikan satu untuk si kecil.

Namun perlu kamu ketahui kalau tren itu tidak bertahan lama karena akan muncul tren-tren baru yang lain.

Tapi kalau kamu memang tetap ingin membelikan perlengkapan anak yang bergambar karakter, pilihlah pensil, penghapus atau penggaris yang harganya lebih murah dan cepat habis.

[Baca: Moms, 6 Bekal Sekolah Anak Ini Bisa Dibikin dengan Bujet Rp 30 Ribu]

Tips Menghemat Uang #5: Buatlah Stok

Menghemat Uang
Stok peralatan tulis agar lebih irit (alattuliskantorbandung)

Peralatan tulis seperti pensil, penghapus, maupun pulpen memang akan cepat habis sehingga kamu harus mengeluarkan budget lebih.

Karena itu sebaiknya kamu membeli barang dalam jumlah besar misalnya membeli pensil sekaligus satu pack begitu juga untuk peralatan alat tulis yang lain.

Dengan begitu kamu akan menghemat pengeluaranmu karena kamu gak perlu mengeluarkan uang setiap peralatan alat tulis si kecil habis.

Tips Menghemat Uang #6: Beri Pengertian pada si Kecil

Menghemat Uang
Bicarakan baik-baik dengan si Kecil (parenting77)

Memberi pengertian pada si Kecil juga salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat uang.

Tentu kamu gak tega saat melihat si Kecil menangis meraung-meraung minta dibelikan tas. Namun karena kondisi keuangan yang tidak stabil, kamu belum bisa membelikan tas yang diinginkan si Kecil.

Karena itu sebaiknya kamu memberikan pengertian pada sang buah hati agar dia mengerti apa alasanmu menghemat uang.

Kamu bisa merayunya untuk tetap menggunakan tas yang lama dan akan dibelikan yang baru saat kenaikan kelas.

Nah, itu dia enam cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang untuk kebutuhan sekolah anak. Gak perlu takut pengeluaran membludak lagi kan sekarang.

[Baca: Yuk, Bijak Memilih Beri Uang Jajan Anak atau Bawa Bekal ke Sekolah?]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →