Menilik Rahasia Bolu Meranti Medan, Tak Lekang Meski Diserbu Kue Kekinian

Bahkan kamu yang gak berasal dari kota Medan pasti familiar dengan Bolu Meranti Medan. Yap! Oleh-oleh khas ini jadi salah satu ikon kota Medan. Gak lengkap rasanya bila singgah ke kota tersebut tanpa menenteng kotak dari Meranti.

Hingga kini meskipun digempur oleh pelbagai oleh-oleh kekinian yang berekspansi ke banyak kota, Meranti masih tetap jadi primadona. Pelbagai faktor menentukan kesuksesan bolu tersebut.

Didirikan mulai tahun 2000-an, Bolu Meranti dirintis oleh seorang ibu rumah tangga bernama Ai Ling. Saat itu, dia memulai usaha rumahan tersebut tanpa sengaja atau bahkan direncanakan.

Kini, Bolu Meranti berdiri di dua tempat yaitu Jalan Kruing dan Sisingamangaraja. Berikut beberapa rahasia dan strategi sukses Bolu Meranti:

1. Passion dan mulai dari skala kecil

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bolu Meranti Medan (@bolumeranti_medan) on Jul 4, 2018 at 9:17pm PDT

Gak muluk-muluk, usaha Meranti tersebut bermula dari usaha rumah tangga. Saat itu, Ai Ling pendiri Meranti memberi tester pada keluarga dan tetangga. Saat dapat tanggapan positif, dia pun mulai menitipkan bolu tersebut ke pelbagai toko miliki kerabatnya.

Salah satu alasan kue tersebut disukai karena memang dibuat oleh orang yang passion di bidang kue. Ai Ling memang terkenal hobi bikin kue sejak muda.

Nah, buat kamu yang pengin berbisnis, coba deh cari ide yang didasarkan pada passion. Sebab, kamu bisa membuat sendiri dan paham betul produk tersebut. Kemudian, jangan malu buat mulai dari skala kecil dulu.

2. Berinovasi dengan beragam rasa

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bolu Meranti Medan (@bolumeranti_medan) on Sep 9, 2018 at 4:43pm PDT

Gak puas dengan satu varian aja, Bolu Meranti senantiasa berinovasi dengan menyediakan beragam varian rasa. Bahkan, di toko Meranti, kamu bisa temukan produk lain selain bolu. Contohnya, lapis legit dan kue lain.

Rasa yang ditawarkan oleh Meranti cukup beragam. Mulai dari isian dan topping cokelat, keju, blueberry, dan sebagainya. Jadi, pelanggan bisa memilih rasa yang dia suka. Selain itu, pilihan rasa bikin bolu tersebut gak monoton.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kamu yang pengin jualan produk pun bisa tiru cara ini. Diversifikasi varian produk bakal bikin pelanggan punya pelbagai pilihan. Jadi, dengan demikian, peluang buat pelanggan beli produk kamu lebih tinggi.

3. Konsisten dengan kualitas rasa

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bolu Meranti Medan (@bolumeranti_medan) on Aug 1, 2018 at 3:26am PDT

Ini nih yang paling bikin salut dari Bolu Meranti Medan. Gerai legendaris tersebut tetap menyajikan bolu dengan kualitas rasa yang gak berubah padahal udah hadir cukup lama.

Apa rahasianya? Pemilik gerai masih setia memantau produksi penganan tersebut agar kualitas rasa terjaga. Sebab, dia percaya kualitas rasa yang konsisten bikin pelanggan gak berpaling.

Kamu yang sedang menjalankan bisnis pun harus demikian. Meskipun, bisnis udah besar sekalipun, kamu tetap harus sediakan waktu buat memantau. Atau, paling gak mendelegasikan pada orang yang emang benar bisa dipercaya dan sesuai dengan visi-misi kamu.

4. Manajemen yang bagus

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bolu Meranti Medan (@bolumeranti_medan) on Jul 18, 2018 at 8:47pm PDT

Bisnis bakal sulit jadi besar bila manajemennya gak bagus, meskipun produk yang mereka tawarkan keren. Nah, Bolu Meranti Medan dikelola secara profesional.

Bisnis keluarga tersebut punya beberapa divisi yang bertugas sesuai peran masing-masing. Anak-anak Ai Ling berbagi tugas, mulai dari mengurus produksi, keuangan perusahaan, dan manajemen toko.

Dengan begitu, usaha tersebut bakal berjalan lebih teratur karena masing-masing personel tahu perannya. Mereka pun punya tugas jelas.

5. Tingkatkan kepercayaan masyarakat

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bolu Meranti Medan (@bolumeranti_medan) on Aug 7, 2018 at 1:09am PDT

Agar semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat, manajemen Bolu Meranti mengurus label halal buat produk mereka. Dengan demikian, masyarakat khususnya buat yang Muslim gak ragu buat beli produk tersebut. Jadi, pangsa pasar mereka pun semakin luas.

Kamu juga bisa tiru cara ini. Jangan malas untuk mengurus beberapa keperluan perizinan usaha kamu. Toh, hal tersebut bakal meningkatkan kredibilitas bisnis yang sedang kamu jalankan.

Udah siap buat mulai usaha kamu sendiri? Kisah sukses dan strategi Bolu Meranti ini boleh banget kamu contek.

Oh ya, Bolu Meranti punya strategi marketing mulut ke mulut, lho. Rasa bolunya yang emang enak banget emang jadi salah satu faktor paling penting yang bikin usaha ini legendaris di Medan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →