Nikmeh! 7 Menu Berbuka Puasa yang Menggoda dari Berbagai Negara

Buka puasa menjadi momen terpenting nih bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Nah, buat menu berbuka puasa di setiap negara pun beragam lho.

Kolak pisang dan gorengan sepertinya udah menjadi menu wajib nih bagi kamu yang tinggal di Indonesia. Ya, menu yang terbuat dari pisang, santan kelapa dan gula aren ini menjadi favorit banyak orang di Indonesia, mungkin salah satunya kamu.

Mau hangat atau dingin, kolak pisang udah jadi juara nih di meja makan saat berbuka puasa. Lain lagi yang suka dengan rasa gurih-gurih dan hangat pasti memilih gorengan ya kan?

Mulai dari tahu isi, bakwan atau bala-bala plus dengan gigitan rawit, rasanya mengunggah selera banget nih saat buka puasa. Kalau kamu mrupakan pecinta kuliner pasti udah pernah nih merasakan aneka hidangan saat buka puasa dari negara lain.

Nah, lantas gimana dengan di berbagai negara yang notabennya pasti memiliki ciri khas menu yang berbeda nih saat buka puasa? Penasaran dengan menu berbuka puasa yang “nikmeh” banget datang dari berbagai negara? Yuk, kita intip di bawah ini yah seperti apa sih penampilan dan gimana soal rasanya.

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Medames – Mesir

menu berbuka
Medames salah satu menu buka puasa bagi masyarakat Mesir saat bulan Ramadan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat orang Mesir terbiasa nih dengan menu berbuka puasa menyantap Medames. Apa itu Medames? Kudapan ini merupakan makanan khas kebanyakan bagi orang Mesir.

Medames ini terbuat dari campuran kacang, minyak sayur, bawang merah dan bawang putih nih. Tampilannya yang kelihatan gurih dan berminyak nampaknya sedap sekali nih sekali-sekali dicoba.

Baca juga: 20 Makanan Buka Puasa ala Timur Tengah Ini Dijamin Menggoyang Lidah

2. Pide – Turki

menu berbuka
Pide merupakan salah satu menu buka puasa asal Turki, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau kamu pernah pergi ke Turki saat bulan Ramadan pasti nemuin nih menu buka puasa yang unik di sana. Pide namanya, makanan ini sekilas terlihat seperti pizza, rotinya yang memiliki ukuran oval dan setiap sisinya terkepang.

Pide ini terbuat dari tepung seperti roti di pizza, bedanya isian menu favorit orang Turki ini terbuat dari sosis, sayuran, daging kalkun atau domba yang dibentuk menyerupai pizza nih.

Baca juga: Lezat dan Praktis! 3 Resep Olahan Telur Ini Cocok buat yang Telat Sahur!

3. Fesenjan – Iran

Menu berbuka
Fesenjan salah satu menu wajib bagi warga Iran, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau kamu suka dengan makanan yang berbau kari pasti menyukai salah satu menu buka puasa asal Iran ini. Ya, Fesenjan namanya, makanan ini berasal dari negara Iran yang gak lain gak jauh-jauh dengan cita rasa Timur Tengah.

Fesenjan tradisional biasanya terbuat dari daging ayam maupun bebek sebagai bahan utamanya. Daging ini dimasak hinggak empuk dan lunak dan dibumbui dengan rempah-rempah ala Iran.

Biasanya orang Iran menikmatinya dengan nasi putih maupun nasi kuning. Wah! Dijamin sih ini langsung kenyang ya saat berbuka puasa.

4. Harira – Maroko

Menu berbuka
Maroko juga ada menu buka puasa yang khas lho. Harira salah satunya nih yang menggugah selera banget, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di Maroko juga ada nih menu berbuka yang khas banget di sana. Banyak warga Maroko menyantap menu yang satu ini, Harira namanya.

Harira ini rasa dan penampilannya menyerupai kuah gulai. Sup Harira ini biasanya dicampur dengan potongan daging sapi, domba maupun kambing nih. Udah gitu dimasak dengan bumbu-bumbu khas Maroko seperti jahe dan merica.

Taburan daun ketumbar menambah cita rasa si Harira ini semakin berkelas banget.

5. Kurma – Arab Saudi

Menu Berbuka
Kurma salah satu menu buka puasa yang wajib bagi orang Arab Saudi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, kalau yang satu ini emang udah menyebar di seluruh dunia nih. Kurma merupakan salah satu menu buka puasa yang begitu populer di seluruh dunia, betul gak?

Bahkan mungkin di meja makan kamu juga tersedia nih buah kurma yang warnanya kecokelatan dan manis ini. Nah, masyarakat Arab Saudi sangat menyukai sekali dengan Kurma sebagai salah satu menu buka puasa.

Buah ini wajib bagi masyarakat Arab Saudi. Sebanyak 3 butir buah Kurma udah menjadi tradisi bagi masyarakat Arab Saudi.

6. Kepiting Rebus – Brunei Darussalam

Menu berbuka
Kepiting Rebus merupakan salah satu makanan wajib bagi warga Brunei Darussalam, (Ilustrasi/Shutterstock).

Beda lagi dengan orang Brunei Darussalam, mereka lebih senang menyantap kepiting sebagai menu buka puasa. Ya, kepiting rebus merupakan menu berbuka puasa di negara Brunei Darussalam.

Kebanyakan dari orang Brunei menyantap menu ini usai menunaikan ibadah salat Tarawih. Tampilan sausnya emang mirip dengan kepiting yang ada di Singapura.

7. Nasi Lemak – Malaysia

Menu berbuka
Nasi Lemak salah satu paling populer nih di Malaysia saat bulan Ramadan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau kamu udah pernah ke Negeri Jiran pasti pernah dong ngerasain Nasi Lemak? Ya, menu yang satu ini merupakan salah satu menu berbuka puasa bagi masyarakat Malaysia.

Beras yang dimasak dengan menggunakan rempah-rempah dan santan kelapa ini emang memiliki rasa yang gurih. Nasi Lemak ini emang hampir mirip dengan Nasi Uduk yang ada di Indonesia, bedanya makanan khas orang Malaysia ini disajikan dengan gulai ayam, sambal terasi dan teri kacang.

Nah, itu dia deretan menu berbuka puasa dari negara lainnya saat bulan Ramadan yang rasanya gak kalah enak dengan menu western. Sekali-sekali boleh nih kamu mencari tahu di mana restoran yang menjual menu-menu berbuka puasa dari negara-negara di atas tadi. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)