Segar dan Nikmat, Ini 6 Menu Buka Puasa Berkuah Wajib Dihidangkan Hari Ini

Menu buka puasa berkuah bisa menambah meriah makanan berbuka puasa di bulan Ramadan. Sehingga, menu makanan yang disajikan tidak hanya digoreng, direbus atau dipanggang saja.

Karena mudah dicari dan harganya murah, biasanya orang Indonesia memilih membeli gorengan di pinggir jalan untuk membatalkan puasa. Padahal, menu tersebut kurang menyehatkan buat tubuh, apalagi kalau pas bulan puasa.

Tubuh kita perlu asupan cairan yang bisa menggantikan ion tubuh yang hilang selama seharian beraktivitas. Entah itu dari minum atau makanan yang kita konsumsi ketika Maghrib.

Untuk minuman, udah pasti yang paling gampang adalah air putih. Tapi kalau bosan bisa pilih minuman isotonik.

Sedangkan kalau dari makanan bisa didapat dari buah, sayuran serta jenis makanan yang mengandung kuah.

Buat kamu yang pengin mencobanya, bisa menyiapkan enam menu buka puasa berkuah berikut ini:

1.   Soto lamongan

Menu buka puasa berkuah
Soto lamongan Menu buka puasa berkuah (Shutterstock)

Mengutip Shunt Magetan, menu buka puasa berkuah pertama yang bisa kamu cicipi adalah soto lamongan. Sesuai namanya, makanan satu ini berasal dari daerah Lamongan, Jawa Timur.

Popularitas soto lamongan udah sangat terkenal di seluruh Indonesia. Itu terlihat dari banyaknya pedagang pinggir jalan yang menjualnya. Untuk mencarinya pun tergolong mudah di bandingkan jenis soto lain.

Ciri khas rasa dari soto satu ini adalah kuahnya yang bening dan segar, karena menggunakan perasan jeruk nipis. Bahan-bahan lainnya seperti ayam, kol, dan tauge juga menambah cita rasa soto lamongan.

Baca juga: Manjakan Lidah tanpa Menyiksa! Ini 10 Ide Menu Buka Puasa Irit di Bawah Rp 30 Ribu

2.  Sop buntut

Menu buka puasa berkuah
Sop buntut menu buka puasa berkuah (Shutterstock)

Buat yang suka dengan daging sapi bisa mencoba sop buntut sebagai menu buka puasa berkuah. Udah lumayan banyak tempat makan yang menyajikan menu satu ini.

Meski harganya sedikit lebih mahal dari soto lamongan, bolehlah sesekali memakan sop buntut ketika berbuka. Asal jangan sering-sering, nanti kantong bisa bolong.

Di dalam makanan ini tentu ada potongan daging buntut sapi, potongan kentang serta wortel untuk menyeimbangkan nutrisinya.

3.  Bakso

Menu buka puasa berkuah
Bakso menu buka puasa berkuah (Shutterstock)

Makanan sejuta umat orang Indonesia ini bisa kamu manfaatkan menjadi menu buka puasa berkuah lainnya. Harganya yang relatif murah dan rasanya yang lezat menjadi alasan utamanya.

Buat yang bosan dengan jenis bakso pada umumnya, bisa mencoba varian lain seperti bakso beranak, baksi mercon serta bakso isi keju mozarella yang belakangan hits di media sosial.

Dari segi rasa juga gak kalah enak, malah semakin memperkaya cita rasa. Apalagi kalau dimakan bareng sawi dan bihun. Dijamin bikin nagih!

4.  Soto betawi

Menu buka puasa berkuah
Soto betawi menu buka puasa berkuah (Shutterstock)

Datang dari makanan soto lagi kali ini ada soto betawi yang ada di urutan keempat. Agak berbeda dari soto lamongan, makanan khas orang Jakarta ini cenderung lebih banyak kalorinya.

Pasalnya, soto betawi mengandung beragam jeroan sapi seperti paru, usus, kikil dan babat. Serta kuahnya yang cenderung lebih pekat karena menggunakan santan kelapa.

Sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi menu ini karena mengandung kolesterol dan lemak yang lumayan banyak. Terutama bagi yang punya penyakit organ dalam seperti jantung.

5.  Rawon

Menu buka puasa berkuah
Rawon menu buka puasa berkuah (Shutterstock)

Selanjutnya, makanan asal Jawa Timur, Rawon yang bisa kamu jadikan menu buka puasa berkuah. Warnanya yang hitam karena menggunakan kluwek menjadi ciri khas masakan satu ini.

Disajikan bersama potongan daging sapi yang lembut dan tauge membuat makanan ini lezat untuk disantap usai Adzan Maghrib berkumandang.

Harganya bisa dibilang relatif lebih terjangkau di bandingkan soto betawi. Dan, yang paling penting juga lebih sehat.

6.   Sop iga

Menu buka puasa berkuah
Sop iga menu buka puasa berkuah (Shutterstock)

Untuk yang gak suka buntut sapi, bisa mencari alternatif lain, yakni sop iga. Bagian iga sapi terkenal karena teksturnya yang kenyal, dan empuk ketika dimakan.

Kandungan kuahnya mirip dengan sop buntut yang bening. Begitu juga sayu-sayuran yang ada di dalamnya.

7.   Tom Yum

Menu buka puasa berkuah
Tom yum menu buka puasa berkuah (Shutterstock)

Urutan terakhir menu buka puasa berkuah yang bisa dicicipi adalah, Tom Yum. Makanan yang berasal dari Thailand ini memiliki penggemar cukup banyak di Indonesia.

Didominasi rasa asam, pedas dan gurih di kuahnya menjadi ciri khas utama Tom Yum.  Selain itu, ada juga berbagai hasil laut lain seperti udang, cumi serta kerang bikin nafsu makan semakin bertambah.

Itulah tujuh menu buka puasa berkuah yang patut kamu coba di bulan Ramadan ini. Selain bisa dibeli di restoran, makanan satu ini bisa dibuat di rumah sendiri sambil menunggu waktu berbuka. Selamat berpuasa! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis