Kampas Kopling: Cara Merawatnya Demi Kenyamanan Berkendara
Kampas kopling mobil bekerja menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi. Kampas kopling mobil juga biasanya dikenal dengan sebutan clutch disc.
Jika ada yang belum pernah melihat langsung, bentuk komponen ini seperti piringan dan berguna untuk memindah daya pada mesin mobil.
Kampas juga juga menjadi penunjang agar mobil dapat berjalan dalam kondisi yang aman dan nyaman bagi penggunanya. Komponen ini juga sering mendapat masalah, hingga kadang terbakar.
Hal ini lantaran komponen dalam mobil ini kerap digunakan secara salah, sehingga aus dan terbakar. Sedangkan kopling merupakan bagian penting dalam mobil manual. Jika rusak, maka mobil akan sulit dikendalikan bahkan digerakan.
Untuk lebih mengenal tentang komponen ini lebih jauh. Simak artikel berikut ini yang akan mengupas tentang komponen ini dan cara merawatnya.
Jenis kopling mobil
Kampas dan kopling merupakan satu kesatuan, meskipun berbeda mereka bekerja bersama. Dalam komponen mobil juga, kopling terbagi atas dua jenis. Ada kopling otomatis dan otomatis manual.
Kopling otomatis itu menyalurkan tenaga yang dipengaruhi oleh mesin yang berputar. Dengan posisi komponen ini dan plat yang longgar. Namun, plat kopling akan otomatis merapat ketika menginjak pedal gas.
Sedangkan, kopling manual memiliki susunan kampas dan plat yang jauh lebih rapat. Sehingga kopling manual memiliki kinerja berdasarkan tenaga dari si pengemudi dan saat menginjak pedal kopling.
Fungsi kampas kopling mobil
Setelah dijelaskan tentang pengertian kampas kopling, tapi tahukah kalian fungsi kampas kopling utama adalah memutus dan menyambungkan tenaga putar dari mesin ke transmisi.
Jadi ketika kopling bekerja, komponen kampas akan langsung memutar input transmisi, karena iya menyatu langsung. Sehingga dia akan bekerja sama dengan clutch cover yang sebelumnya tersalurkan ketika mesin memutar flywheel.
Selain itu fungsi kampas kopling lainnya adalah untuk memperhalus penyaluran tenaga mesin ke transmisi.
Jadi ketika terjadi putaran dari penyaluran tenaga ke transmisi, komponen kampas akan membuat putaran lebih halus. Sehingga tenaga mesin lebih bisa terkontrol.
Di dalam sebuah clutch disc, ada dua komponen yaitu torsion dumper dan cushion plate. Keduanya bisa meredam getaran saat proses sambung-putus dari tenaga mesin ke transmisi.
Sehingga terhindar dari slip, dan penyaluran tenaga mesin jadi bisa tetap maksimal.
Ciri kampas kopling mobil yang rusak
Kampas adalah komponen yang sering sekali memiliki masalah. Itu karena komponen tersebut, memiliki usia dan harus rutin diganti.
Tentu saja usia komponen ini disesuaikan dengan pemakaian mobil, jaraknya, hingga cara pengemudi memperlakukan mesin mobil.
Komponen kampas yang sudah terlalu lama dalam kopling biasanya semakin menipis. Jika sudah begini keadaanya, maka laju mobil juga akan terganggu. Untuk itu kalian perlu mengetahui ciri-ciri komponen kampas yang harus diganti.
Berikut ciri-ciri kalian harus segera mengganti komponen ini:
1. Bau dan berasap
Semua pasti paham jika di jalanan ada bau hangus pasti itu berasal dari kampas yang rusak. Kadang juga tak hanya bau, namun juga mengeluarkan asap, lantaran sering memainkan kopling.
Jika bau hangusnya sudah tercium hingga kabin mobil, maka itu menandakan komponen kampas sudah tipis. Bau hangus ini karena komponen ini mudah terbakar, terlebih jika mobil melaju di tanjakan atau turunan curam.
Kontur jalanan yang naik turun, membuat perpindahan transmisi menjadi intens. Gesekan antara flywheel dan plat penekan membuat komponen ini bisa terbakar. Jika sudah begini, matikan mesin dan tunggu mesin dingin untuk mengeceknya.
2. Pedal kopling tinggi
Jika kampas menipis atau mau habis, biasanya pedal kopling akan tampak lebih tinggi. Hal ini membuat jarak injak pedal kopling menjadi lebih pendek. Respon pedal ketika diinjak terlalu lama, sehingga mengganggu akselerasi mobil
Jika sudah begini, jangan dibiarkan terlalu lama. Bisa jadi menambah risiko kerusakan pada mesin mobil. Lebih perhatikan lagi kondisi kopling sehingga bisa diganti sebelum kampas mulai habis.
3. Akselerasi lemah
Mobil dengan kondisi kampas yang menipis adalah lemahnya akselerasi mobil. Ketika kalian menginjak pedal gas, mesin malah meraung dan tidak berjalan adalah salah satu tandanya.
Akan berbahaya jika kejadian ini terjadi di jalanan menanjak. Mobil bisa meluncur bebas karena saat komponen ini habis, tenaga yang dihasilkan dari rotasi mesin tidak akan tersalurkan dengan baik pada transmisi.
Jika kalian membiarkannya hingga kampas habis, maka mesin mobil akan macet atau diam saja namun mesin menyala. Tentu akan mengganggu keselamatan kalian jika sampai musibah seperti ini terjadi.
4. Mesin cepat panas
Kampas mesin yang sudah habis biasanya ditunjukan dengan cepat panasnya mesin. Bahkan bisa sampai naik drastis membuat mobil meraung.
Hal ini terjadi karena saat kampas habis, rotasi mesin akan meningkat. Dan kondisi kampas yang menipis akan membuat permukaannya licin. Licinnya, permukaan kampas inilah yang kemudian membuat rotasi mesin menjadi semakin cepat.
5. Selip kopling
Selip kopling berdampak pada fungsi kopling jadi tidak bekerja. Hal ini lantaran komponen ini sudah aus, dan tidak bekerja dengan seharusnya. Ini membuat penyaluran tenaga mesin ke transmisi akan terganggu.
6. Transmisi susah
Jika sudah makin parah, komponen kampas sudah sangat tipis. Bisa jadi kelak transmisi tidak berjalanan dengan baik. Bahkan jika sudah tahap sini, kalian akan mengeluarkan biaya perbaikan akan sangat tinggi.
Mengatasi bau hangus pada kampas kopling
Jika komponen kampas mengeluarkan bau, hal yang harus dilakukan adalah matikan mesin mobil. Kemudian buka kap mobil dan tunggulah sekitar 30 menit atau hingga mesin dingin.
Jika asap dari dalam kap mobil sudah hilang. Coba nyalakan kembali mobil kalian, dan jika berfungsi berarti mesin komponen kampas masih aman. Bisa jadi, asap mengepul dari komponen ini karena pedal kopling sering diinjak.
Selanjutnya lebih perhatikan cara menginjak pedal kopling. Dan perhatikan juga bahan bakar mobil kalian, gunakanlah bahan bakar dengan nilai oktan yang tinggi. Agar kinerja mesin tetap terjaga dengan baik.
Merk dan harga kampas kopling mobil
Kampas kopling mobil banyak sekali beredar di pasaran. Harga komponen ini juga variatif, tergantung tipe dan merk kendaraan. Namun untuk jelasnya, berikut ada daftar harga kampas kopling.
No. | Tipe Mobil | Harga |
1. | Toyota Avanza 1.3cc Xenia 1.3cc | Rp. 290.000 |
2. | Kopling Set Hyundai TRAJET | Rp. 1.100.000 |
3. | Kopling Set Ori Toyota Vios 2003-2007 | Rp. 1.080.000 |
4. | Nissan Grand Livina Cc1.5 | Rp. 375.000 |
5. | Kopling Set ATOZ VISTO Kampas Mobil Hyundai Kia | Rp. 665.000 |
6. | Kopling Set Hyundai TRAJET | Rp. 1.100.000 |
7. | Nissan Grand Livina Cc1.5 | Rp. 375.000 |
8. | Toyota Innova Diesel | Rp. 150.000 |
9. | Honda Brio Mobilio | Rp. 1.450.000 |
10. | Toyota Hilux Diesel DCAB 3000CC | Rp. 1.100.000 |
11. | Toyota Etios Valco Original | Rp. 2.400.000 |
12. | Toyota Hilux Dcab 2500 CC – Fortuner 2004-2014 | Rp. 3.100.000 |
13. | Nissan Terrano | Rp. 1.795.000 |
14. | Toyota Altis 2002-2014 – 3 Item | Rp. 1.320.000 |
15. | Toyota Fortuner Diesel | Rp. 300.000 |
16. | Toyota Starlet 1000cc Dan Starlet 1300cc | Rp. 1.100.000 |
17. | Daihatsu Espass 1300 | Rp. 239.000 |
18. | Chery Qq | Rp. 700.000 |
19. | Toyota Rush Original | Rp. 150.000 |
20. | Toyota Kijang Diesel Original | Rp. 150.000 |
21. | Toyota Kijang Diesel Original | Rp. 300.000 |
22. | Daihatsu Feroza-Taruna Original | Rp. 375.000 |
23. | Nissan Livina 1.5cc Original | Rp. 350.000 |
24. | Toyota Vios Altis Yaris Corolla Original | Rp. 1.165.000 |
25. | Opel Blazer LUK | Rp. 700.000 |
26. | Toyota Avanza 13 Xenia 1300 | Rp. 225.000 |
27. | Daihatsu Grand Max | Rp. 270.000 |
28. | Toyota Avanza 1300cc | Rp. 290.000 |
29. | Toyota Vios 2003-2007 – Great – Soluna – Twincam | Rp. 1.080.000 |
30. | Opel Blazer LUK | Rp. 700.000 |
31. | ATOZ VISTO Kampas Mobil Hyundai Kia | Rp. 665.000 |
32. | Kopling Set Hyundai TRAJET | Rp. 1.100.000 |
Daftar harga kampas kopling motor
Berikut ini adalah daftar harga kampas kopling untuk beberapa jenis motor yang dikutip dari situs tokopedia.com.
No | Nama suku cadang motor | Harga |
1 | Kampas kopling Satria FU | Rp 200 ribu |
2 | Kampas kopling Jupiter Z | Rp 125 ribu |
3 | Kampas kopling GL 100 | Rp 186 ribu |
4 | Kampas kopling RX King | Rp 180 ribu |
5 | Kampas kopling Tiger | Rp 110 ribu |
6 | Kampas kopling Supra X 125 | Rp 175 ribu |
7 | Kampas kopling Vega ZR | Rp 100 ribu |
8 | Kampas kopling CB 150 R | Rp 143 ribu |
9 | Kampas kopling Grand | Rp 80 ribu |
10 | Kampas kopling Vixion | Rp 117 ribu |
11 | Kampas kopling Scorpio | Rp 190 ribu |
12 | Kampas kopling Vixion Old | Rp 135 ribu |
13 | Kampas kopling Karisma | Rp 175 ribu |
Bahaya kampas kopling bekas
Di pasaran juga banyak komponen kampas bekas yang beredar. Sayangnya, kampas bekas bisa merusak mesin mobil.
Dengan kampas bekas, komponen lainnya bisa retak-retak dan pecah. Kemudian mobil juga akan sering selip, dan lalu menjadi gosong. Untuk itu sebaiknya hindari komponen kampas bekas.
Jika memang terkendala biaya, usahakan untuk menjaga baik-baik komponen kampas dan mulai menabung untuk membelinya. Masukan komponen kampas jadi kebutuhan yang diperlukan untuk perawatan mobil.
Kampas kopling motor
Jika tadi sudah membahas tentang mobil, kini kita akan sedikit membahas tentang komponen kampas motor.
Kampas kopling motor lebih mudah dicari. Jadi jika kalian tengah mencari kampas kopling Satria FU, kampas kopling CB 150 R, kampas kopling GL hingga kampas kopling RX King juga mudah sekali ditemukan.
Selain itu juga bagi kamu pengguna motor bebek yang tengah mencari kampas kopling Supra X 125, kampas kopling Vega ZR, kampas kopling Karisma bahkan kampas kopling Grand yang kini mulai kembali dilirik.
Juga mudah dicari karena bengkel-bengkel atau pasaran motor banyak menjual komponen kampas jenis tersebut.
Untuk mengetahui kapan komponen ini harus diganti, normalnya setelah dikendarai hingga 24 ribu kilometer atau sekitar 2 tahun penggunaan.
Jika sudah sampai massanya, maka kalian wajib membawa motor kesayangan kalian ke bengkel guna mengganti komponen ini.
Ciri paling terasa biasanya ketika perpindahan gigi tiba-tiba terasa keras. Terlebih untuk motor bebek dan sport yang memiliki kopling.
Biasanya kejadian ini bisa diakali dengan menyetel ulang kopling, namun jika masih keras maka komponen kampas kalian sudah menipis.
Kemudian seperti mobil, komponen kampas motor yang sudah aus biasanya menyebabkan slip. Jadi sudah digas pool namun lajunya tidak bertambah kencang. Terlebih jika dibawa lari di jalanan pegunungan atau bukit, akan terasa tidak enak.
Persneling juga sering nyangkut ketika komponen kampas sudah habis. Jadi pengendara sudah mencoba injak persneling untuk pindah gigi, namun gigi tetap tidak bertambah. Sehingga saat digas, motor akan meraung namun speed tidak bertambah.
Terakhir, untuk komponen kampas motor yang mau habis biasanya lebih boros. Kinerjanya tidak efisien, tapi tenaga yang dikeluarkan sudah sangat besar.
Demikianlah penjelasan mengenai clutch disc yang Lifepal berikan. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian tentang merawat komponen ini.
Tips dari Lifepal! Fungsi utama komponen ini adalah memutus dan menyambungkan tenaga putar dari mesin ke transmisi.
Jadi ketika kopling bekerja, komponen kampas akan langsung memutar input transmisi, karena iya menyatu langsung. Sehingga dia akan bekerja sama dengan clutch cover yang sebelumnya tersalurkan ketika mesin memutar flywheel.
Selain itu komponen ini juga memiliki fungsi untuk memperhalus penyaluran tenaga mesin ke transmisi.
Jadi ketika terjadi putaran dari penyaluran tenaga ke transmisi, komponen kampas akan membuat putaran lebih halus. Sehingga tenaga mesin lebih bisa terkontrol.
Komponen kampas yang sudah terlalu lama biasanya semakin menipis. Jika sudah begini keadaanya, maka laju mobil juga akan terganggu.
Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:
Lindungi mobilmu dengan asuransi mobil
Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.
Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.
Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.
Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.