20 Perusahaan yang Sukses Ciptakan Merek Dagang dengan Nilai Jual Fantastis

merek dagang

Merek dagang lebih dari sekadar identitas perusahaan ataupun produk-produk yang dihasilkannya. Ada potensi menjanjikan dari sebuah merek dagang, dan itu memiliki nilai yang luar biasa.

Potensi bernilai tinggi di balik sebuah merek dagang inilah yang dikenal sebagai brand value. Sebuah merek dagang dengan brand value tinggi bisa dibilang sebagai sebuah merek yang sukses membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen.

Saking percayanya konsumen terhadap merek dagang bernilai tinggi tersebut, apapun produk yang dikeluarkan diyakini punya mutu bagus. 

Gak heran, layanan atau produk baru yang ditawarkan cenderung berhasil dalam penjualan. Meski gak semuanya ya!

Dari banyaknya merek dagang di dunia ini, cuma beberapa yang tercatat memiliki nilai yang tinggi. Apa saja merek-merek dengan brand value tinggi tersebut? Berikut, daftarnya:

20 merek dagang di dunia dengan nilai lebih dari US$ 30 miliar

Merek dagang
Merek dagang

Dari data-data yang dihimpun Forbes, tercatat ada sejumlah merek dagang yang telah sukses merebut pasar hingga menciptakan brand value lebih dari US$ 30 miliar atau setara Rp 418 triliun. Sebegitu populernya merek-merek ini, kamu pun pasti mengenalnya.

Berikut, daftar merek-merek dagang yang potensi nilainya paling tinggi di dunia:

Merek dagangBrand valuePendapatan perusahaan
AppleUS$ 205,5 miliarUS$ 265,8 miliar
GoogleUS$ 167,7 miliarUS$ 136,2 miliar
MicrosoftUS$ 125,3 miliarUS$ 110,2 miliar
AmazonUS$ 97 miliarUS$ 211,4 miliar
FacebookUS$ 88,9 miliarUS$ 48,8 miliar
Coca-ColaUS$ 59,2 miliarUS$ 23,8 miliar
SamsungUS$ 53,1 miliarUS$ 221,6 miliar
DisneyUS$ 52,2 miliarUS$ 33,8 miliar
ToyotaUS$ 44,6 miliarUS$ 190,8 miliar
McDonald’sUS$ 43,8 miliarUS$ 96,1 miliar
AT&TUS$ 41,3 miliarUS$ 170,8 miliar
Louis VuittonUS$ 39,3 miliarUS$ 15,5 miliar
IntelUS$ 38,8 miliarUS$ 70,8 miliar
NikeUS$ 36,8 miliarUS$ 36,7 miliar
CiscoUS$ 34,5 miliarUS$ 49,3 miliar
GEUS$ 34,4 miliarUS$ 98,8 miliar
Mercedes-BenzUS$ 33,2 miliarUS$ 125,9 miliar
OracleUS$ 32,3 miliarUS$ 39,6 miliar
VerizonUS$ 31,7 miliarUS$ 130,9 miliar
IBMUS$ 31,5 miliarUS$ 79,6 miliar

Brand value besar

Kalau kita ambil lima besar merek dagang paling bernilai di dunia, kelima-limanya ternyata merupakan perusahaan yang menjalankan bisnis di industri teknologi. Kelima-limanya punya nilai lebih dari US$ 80 miliar hingga lebih dari US$ 200 miliar.

Contohnya, Apple yang memiliki brand value sekitar US$ 205,5 miliar atau setara Rp 2.860 triliun. Nilainya punya selisih US$ 65,8 miliar dengan pendapatan yang diperolehnya.

Seperti yang diketahui, Apple bukan sekadar merek perangkat teknologi, melainkan merek dari beragam layanan, mulai dari App Store, Apple Pay, iTunes, hingga layanan Cloud.

Semua layanannya tersebut terintegrasi dengan iPhone dan sukses menarik minat banyak orang.

Begitu pun dengan Google, yang mulanya mesin pencarian kemudian menjelma jadi raksasa teknologi dunia. 

Baca juga: 9 Brand Fashion Ini Termahal di Dunia, Louis Vuitton Teratas!

Layanannya bukan cuma mesin pencarian, melainkan email, app store, chatting, AdSense, map, dan masih banyak lainnya.

Gak heran kalau Google berhasil mengantongi pendapatan sebesar US$ 136,2 miliar atau setara Rp 1.900 triliun. Siapa sangka merek dagang yang dibangun susah payah oleh perusahaan-perusahaan di atas kini punya nilai jual yang tinggi.

Ke depan, brand value perusahaan-perusahaan tersebut bakal terus bertumbuh seiring munculnya inovasi-inovasi atau layanan-layanan baru. Tinggal tunggu saja tanggal mainnya! (Editor: Chaerunnisa)