Mesin Kasir Android Mempermudah Pelaku Bisnis UMKM

mesin kasir android

Perangkat mesin kasir zaman dulu cukup mahal dan sulit dijangkau kalangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Namun, beda dulu dengan yang sekarang. Mesin kasir zaman now kian mudah digunakan dan harganya terjangkau. Kalangan pebisnis kelas menengah-atas hingga kecil bisa memantau terus perkembangan bisnisnya lewat mesin kasir Android.

Di Indonesia sendiri, kebutuhan mesin kasir Android kian tinggi sejalan tren masyarakat perkotaan yang mulai meninggalkan pembayaran secara tunai atau cash. Tren ini sesuai arahan Bank Indonesia (BI) yang ingin Indonesia memasuki era transaksi tanpa uang tunai (cashless society).

Apa Fungsi Mesin Kasir Android?

fungsi mesin kasir

Sebenarnya, baik mesin kasir konvensional atau Android memiliki fungsi yang serupa, seperti mencetak bill dan merekam data penjualan. Namun, perkembangan teknologi mutakhir membuat mesin kasir Android lebih unggul sebagaimana sifatnya yang praktis di dalam genggaman owner.

1. Cetak nota lebih canggih

Hanya perlu klik foto/ikon produk yang dijual dan jumlahnya, lalu klik nominal pembayaran, dan nota penjualan pun tercetak. Gampang, ‘kan?

2. Cetak slip setoran

Hanya klik Tutup Kasir, aplikasi mesin kasir Android akan menghitung jumlah modal awal ditambah total penjualan untuk mencetak slip setoran. Fitur ini juga merekap penjualan per item dan owner akan diingatkan via SMS untuk tutup kasir.

3. Laporan simpel dengan SMS Report

Fitur ini sangat bermanfaat bagi pebisnis yang telah memiliki beberapa cabang/outlet. Untuk mendapatkan laporan terkait transaksi dan data penjualan, owner tidak perlu menelepon cabang/outlet. Laporannya pun ‘datang sendiri’ sesuai waktu yang telah diatur owner.

4. Laporan penjualan tinggal klik

Salah satu keperluan pemilik UMKM adalah membuat laporan penjualan yang berguna untuk mengetahui perkembangan bisnisnya. Dengan aplikasi mesin kasir Android, pemilik UMKM dengan mudah mendapatkan laporan penjualan harian hingga bulanan, termasuk rekap data lainnya. Hanya perlu klik!

Aplikasi Mesin Kasir Android Gratis buat Pelaku UMKM

aplikasi mesin kasir android

Selain fiturnya yang lebih mudah digunakan, mesin kasir Android juga menawarkan harga terjangkau atau bahkan gratis. Tentu, ini berbeda dengan mesin kasir konvensional. Anda yang baru memulai bisnis UMKM akan diuntungkan dengan sejumlah aplikasi berikut.

Sst, sebagian aplikasi ada yang memberikan gratis untuk jangka waktu tertentu dan ada juga yang selamanya gratis, lho. Mari cari tahu di bawah ini.

1. Olsera POS 2

Versi terbaru ini dilengkapi fitur Pembayaran Cicilan dan Barcode Scanning Mode. Keunggulan lainnya bisa digunakan saat offline dan data otomatis ter-update ketika online. Sayangnya, aplikasi yang cocok untuk bisnis restoran hingga toko ritel ini hanya gratis selama 14 hari.

2. Moka POS

Mirip Olsera, Moka POS unggul di fitur back office untuk pemilik bisnis bercabang. Meski hanya bisa terhubung dengan mesin printer tertentu, Moka memiliki fitur mengirim struk via SMS atau surel ke pelanggan. Canggih, bukan?

3. Loyverse POS

Aplikasi ini salah satu yang menawarkan fasilitas gratis selamanya dan bebas iklan. Fitur yang ditawarkan cukup lengkap, termasuk layanan back office, yaitu data transaksi di semua cabang secara akurat dan real time. Selain itu, Loyverse POS menampilkan produk terlaris tanpa membuat laporan penjualan. Lumayan untuk sebuah produk gratisan, bukan?

4. Kasir Pintar

Gratis selamanya dengan tampilan sederhana dan navigasi gampang, Kasir Pintar juga unggul dengan fitur Barcode Scanner untuk membaca kode batang (barcode) barang seperti di supermarket. Pastikan kamera ponsel Anda dilengkapi autofocus, ya!

5. Kasir Toko Portable

‘Nilai jual’ aplikasi ini terletak pada sistem navigasi simpel dengan tampilan yang mudah dipahami para pelaku UMKM. Dianggap sebagai rival Kasir Pintar, fitur unggulan Kasir Toko Portable adalah tampilan harga yang berbeda untuk satu jenis produk. 

Fitur ini berguna saat ada diskon agar kasir dan pembeli bisa mengetahui harga sebelum dan sesudah diskon tanpa harus mengeceknya lagi. Jadi ga ribet, ya?

Lebih Baik Pilih yang Gratis atau Bayar?

pertimbangan mesin kasir

Beberapa pertimbangan berikut bisa menjadi rujukan untuk memilih yang paling tepat bagi bisnis Anda, di antaranya:

  • Rata-rata mesin kasir Android gratis hanya mampu mencatat transaksi terbatas, yaitu maksimal 100 transaksi penjualan per bulan.
  • Untuk aplikasi gratis, Anda harus belajar sendiri dan ketika ada kesalahan input dan lainnya, maka harus diperbaiki sendiri. Sementara, aplikasi berbayar memberikan maintenance 100 persen, seperti yang ditawarkan JPOS.
  • Harga terjangkau seperti yang ditawarkan Khomer Resto Cafe POS Rp1,6 juta pada perangkat Android dan aplikasi. Atau, hanya aplikasi saja seperti yang ditawarkan Moka POS seharga Rp299 ribu per bulan untuk satu toko dan menjadi Rp249 ribu per bulan jika langsung berlangganan setahun.
  • Ketersediaan fitur Membership dan Reward System untuk memanjakan pembeli agar mau menjadi langganan di toko Anda. Umumnya hanya disediakan pada aplikasi berbayar. 
  • Kelengkapan metode pembayaran dari tunai, debit, kartu kredit, hingga dompet digital seperti OVO.
  • Hampir semua fitur lanjutan/premium/berbayar membuat toko Anda lebih canggih, seperti situs e-commerce. Pada satu sisi, memilih aplikasi berbayar layak diutamakan untuk mendapatkan tampilan mesin kasir Android yang lebih kece!
  • Kelengkapan fitur dan kemudahan dalam menggunakannya.
  • Ketersediaan fitur multi user yang bisa digunakan lebih dari satu pengguna.

Pilihan menggunakan aplikasi gratis atau berbayar ada di tangan Anda. Jika usaha yang dirintis masih berskala kecil dan kebutuhan data penjualan belum terlalu kompleks, mungkin aplikasi mesin kasir Android gratis lebih cocok.

Seiring perkembangan bisnis dan peningkatan kebutuhan data penjualan, Anda selalu bisa beralih ke aplikasi berbayar kapan saja. Selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →