Cari Tahu 10 Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat Dinyalakan

mesin mobil bergetar

Getaran yang ditimbulkan saat mesin mobil dinyalakan adalah kondisi dari mesin yang bekerja. Namun bila getaran yang dihasilkan mencapai bangku penumpang atau kabin, kamu perlu khawatir.

Simak pada artikel ini untuk mengetahui apa saja penyebab mesin mobil bergetar yang perlu kamu ketahui. 

Penyebab mesin mobil bergetar saat diam

Berikut ini penyebab mesin mobil bergetar. 

1. Setelan mesin error 

Saat posisi mobil diam (idle), normalnya seluruh mesin akan diam. Namun bila mobil kamu bergetar saat diam bisa saja karena setelan mesin yang belum pas.

Hal tersebut mungkin saja terjadi bila kamu sehabis melakukan servis rutin dan teknisi yang bekerja tidak teliti. 

Penyebab mesin mobil bergetar dapat ditandai dengan mesin yang tidak menempel pas pada engine mounting. Sehingga getaran yang diterima tidak tereduksi baik oleh engine mounting yang memiliki fungsi sebagai komponen peredam getaran yang masuk. 

Lakukan servis pada bengkel resmi dan terpercaya yang memiliki standar operasional servis yang mumpuni. Pastikan teknisi melakukan double checking sebelum menyerahkan kepada kamu. 

2. Karet penahan kap mesin aus

Kap pada mesin mobil utama dilengkapi dengan karet penyangga yang dapat meredakan getaran pada luar mesin. Kap pada mesin mobil tidak akan mungkin menutup sempurna bila karet penahan aus. 

Penyebab karet penahan aus karena suhu mesin yang terlalu panas yang mengakibatkan karet penahan menjadi tipis. 

Deteksi karet penahan aus atau tidak dapat dilihat dari kondisi fisik karet penahannya. Bila karet penahan sudah gepeng, segeralah ganti dengan karet penahan yang baru. 

3. Gangguan pada engine mounting

Cengkraman pada engine mounting memiliki peran vital dalam meredam getaran mobil. Mesin mobil bergetar saat dinyalakan akan tereduksi getaranya selama engine mounting tidak mengalami masalah. 

Bila engine mounting terganggu, mesin yang bergetar tidak mempunyai “wadah” dan berpotensi mesin akan bergerak bebas. Bila dibiarkan begitu saja maka akan menyebabkan kerusakan yang fatal seperti mogok atau konsleting pada mesin. 

Faktor kerusakan engine mounting dapat disebabkan oleh panas mesin mobil yang sudah overheat. Selain itu, guncangan yang disebabkan oleh berkendara pada medan jalan ekstrim jangka waktu lama dapat melemahkan kekenyalan engine mounting untuk mencengkram getaran mobil yang masuk. 

4. Masalah pada busi

Busi meskipun berukuran kecil ternyata dapat mempengaruhi mobil bergetar. Bila satu busi error maka mesin mobil pincang dan menghasilkan getaran yang luar biasa. Ganti busi mobil yang mati agar kenyamanan dalam berkendara tetap terjaga. 

5. Masalah pada piston 

Piston bekerja dengan sistem statis secara kontinu untuk memberikan daya agar mobil dapat bergerak. Piston yang bermasalah akan membuat mesin mobil bergetar tidak normal dan beresiko penurunan tenaga mesin permanen. 

Keausan piston disebabkan oleh gaya mengemudi yang sering melaju dengan kecepatan tinggi. Semakin sering melaju dengan kecepatan tinggi maka semakin aus piston tersebut. Piston yang aus perlu diganti dengan piston baru yang disesuaikan dengan jenis tipe mobil kamu. 

6. Velg ban bengkok

Velg ban selain memiliki fungsi keindahan pada mobil, ternyata velg berperan penting juga sebagai penahan beban dari keseluruhan yang terdapat pada mobil. Velg yang bengkok akan mengurangi ketahanan mobil yang dapat ditahan, sehingga akan menyebabkan mesin mobil kasar dan bergetar. 

Selain itu, pilihlah velg yang berasal dari pabrikan ternama agar getaran mobil yang diakibatkan oleh beban mobil dapat tereduksi secara sempurna. 

7. Shockbreaker patah atau rusak

Mesin mobil bergetar saat dinyalakan karena shockbreaker rusak. Shockbreaker adalah komponen vital dalam menjaga kestabilan mobil agar tetap dalam posisi normalnya. Kestabilan mobil sangat diperlukan saat melintas di jalan raya. 

Pilihlah shockbreaker berkualitas yang sesuai dengan jenis mobil kamu. Selain mengurangi kenyamanan kamu dalam berkendara, risiko yang diakibatkan oleh shockbreaker abal-abal  adalah kecelakan di jalan raya. Segera ganti shockbreaker agar kamu aman berkendara. 

8. Gangguan pada propeller shaft dan cross joint 

Penyebab mobil bergetar dapat diketahui dari kondisi propeller shaft dan cross joint. 

Pada mesin mobil penggerak ban belakang (2WD), komponen propeller shaft memiliki fungsi menahan guncangan dengan cara mendistribusi tenaga penggerak dari transmisi ke bagian gardan. 

Bila propeller shaft terganggu maka akan berakibat getaran abnormal pada mesin, khususnya di bagian roda belakang. 

Sedangkan cross joint yang berfungsi sebagai penghubung dua as membantu getaran yang diterima dari transmisi dapat direndam. Penggantian cross joint baru lebih murah dibandingkan mengganti propeller shaft baru.

9. Sistem kopling bermasalah 

Getaran mobil saat mesin mobil mati dapat disebabkan oleh sistem kopling bermasalah. Kopling bermasalah/rusak akan menghasilkan getaran dari clutch cover atau flywheel yang tidak rata. 

Selain itu, kampas kopling yang habis juga membuat pedal kopling terasa loss dan aliran getaran dapat mudah terdistribusi sampai ke kabin. 

10. Masalah komponen dalam mesin

Berbagai komponen dalam mesin dapat berkontribusi pada getaran mobil. Masalah komponen mesin dapat menyebabkan getaran yang tidak wajar dan fungsi menjadi tidak optimal.

Contohnya pada silinder mesin yang rusak, koil lemah, bahkan injektor mobil yang bermasalah akan berdampak sekali pada getaran mobil.

Tips dari Lifepal! Periksakan kondisi mobil dan servis secara berkala dari personil montir yang berpengalaman agar masalah komponen dalam mesin dapat teratasi. Jangan sampai kerusakan komponen dalam dapat mengurangi kenyamanan kamu beraktivitas sehari-hari. 

Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk memahami apa penyebab mesin bergetar. Pemeriksaan secara berkala di bengkel resmi dapat meminimalisir mobil mengalami malpraktek dari montir yang tidak profesional. 

Manfaatkan asuransi mobil untuk mengcover biaya perbaikan di bengkel

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa mengcover biaya kerusakan baik kecil maupun besar.

 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis dari Lifepal berikut ini. Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar penyebab mesin mobil bergetar