Pernah Disandera di Irak dan Berharta Rp 11 M! Ini Fakta Ketua Komisi I DPR

meutya Hafid

Komisi I DPR kini dipimpin oleh mantan jurnalis Metro TV yang sempat korban penculikan di Irak, siapa lagi kalau bukan Meutya Hafid. Berkarier sebagai jurnalis hingga duduk di kursi legislatif, kekayaan Meutya Hafid mencapai segini lho!

Media memberitakan bahwa, usai dirinya dilantik untuk memimpin Komisi I DPR, perempuan kelahiran 1978 silam ini langsung memanggil Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Tujuannya tentu saja untuk mengetahui rencana ke depan oleh kementerian-kementerian yang berada di bawah Komisi I ini. Ingin tahu sekilas fakta dan perjalanan karier Ketua Komisi I yang baru ini? Yuk simak ulasan rekan dari Najwa Shihab ini.

Baca juga: 9 Saham Bisa Kamu Beli Nih dari Perusahaan Orang Terkaya di Indonesia

1. Meutya Hafid pernah disandera militan bersenjata di Irak

Meutya Hafid
Sosoknya begitu diidamkan oleh ibu-ibu rumah tangga saat berkampanye, (Instagram/@Meutya Hafid Ansyah).

Meutya Hafid mengawali kariernya sebagai reporter di salah satu stasiun televisi Metro TV. Perjalanan kariernya sebagai jurnalis, ia pernah disandera oleh militan bersenjata saat di Irak. 

Menurut informasi di Wikipedia, Meutya pernah disandera sekelompok pria bersenjata ketika sedang bertugas di Irak pada tahun 2005. Sebelumnya ia juga pernah berjibaku dengan bencana alam saat meliput tragedi tsunami Aceh.

Meutya pun meluncurkan sebuah buku berjudul 168 Jam dalam Sandera: Memoar Seorang Jurnalis yang Disandera di Irak. Perempuan yang sudah bergabung di Parlemen RI sejak tahun 2010 ini, juga sudah menyabet banyak penghargaan di bidang jurnalistik. Sebut saja seperti, Penghargaan Jurnalistik Elizabeth O’Neill dari Pemerintah Australia. 

Baca juga: Dari Jualan Ikan Asin Hingga Jadi Bos TV, Ini Kisah Inspiratif Surya Paloh

2. Kekayaannya mencapai Rp 11 miliaran

Meutya Hafid
Meutya saat mengisi salah satu program acara di salah satu televisi swasta, (Instagram/@Meutya Hafid Ansyah).

Menurut informasi dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada 2018, Meutya Hafid mengantongi aset kekayaan nilainya mencapai Rp 11 miliaran!

Sebagian besar aset itu adalah properti, jumlahnya sampai Rp 19 miliar, sementara itu kendaraan Rp 995 juta, harta bergerak lainnya Rp 314 dan kas Rp 1,4 miliar.

Sayangnya, utang yang dimiliki oleh Meutya juga cukup besar yaitu Rp 11 miliaran. Alhasil, total kekayaannya berjumlah Rp 22.730.327.128 harus dikurangi Rp 11.050.764.499. So, jumlahnya adalah Rp 11.697.562.629.

Baca juga: Keluar dari Zona Nyaman, Ini Perjalanan Najwa Shihab Rintis Narasi TV

3. Mobilnya Toyota Alphard dan Innova

Meutya Hafid
Meutya bersama sang suami saat merayakan Idul Fitri tahun ini, (Instagram/@Meutya Hafid Ansyah).

Aset kendaraan yang dimiliki Meutya terdapat tiga yaitu mobil Toyota Alphard 2016, Toyota Innova 2017, dan sebuah motor Yamaha 2017 yang gak disebutkan variannya. 

Itulah sekilas fakta mengenai Meutya Hafid mantan jurnalis Metro TV yang sukses di kursi pemerintahan. Penempatan Politisi Golkar di Komisi I ini memang sudah tepat, lantaran pengalamannya yang cukup matang untuk menghadapi isu politik internasional. Selamat bertugas buat Mbak Meutya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →