Banyak Utang, Miliarder Properti Malah Tambah Kaya! Ternyata Ini Penyebabnya

miliarder

Miliarder asal China, Sun Hongbin memang termasuk salah satu pebisnis sukses yang berharta banyak. Siapa sangka, miliarder dari Negeri Tirai Bambu ini ternyata memiliki banyak utang. 

Sebagai miliarder pemilik Sunac China Holdings, pengembang properti yang berbasis di Tianjin, Hongbin dikenal senang bekerja keras, dan percaya dirinya dilahirkan untuk berbisnis.

Hongbin yang menjadi miliarder pada akhir tahun lalu setelah harga saham perusahaannya naik tiga kali lipat saat diperdagangkan di Hong Kong, kini bertambah kaya meski memiliki banyak utang.

Berdasarkan Forbes, pria berusia 50 tahun tersebut saat ini tercatat memiliki kekayaan US$12,5 miliar atau setara dengan Rp175 triliun. 

Lantas, dari mana saja sumber kekayaan Sun Hongbin yang diketahui memiliki banyak utang? Yuk, ketahui kisahnya seperti dilansir Scmp.com:

Ajukan pinjaman di tengah ekonomi yang melambat

Miliarder
Ajukan pinjaman

Hongbin berhasil menambah pundi-pundi kekayaan karena keberaniannya mengajukan pinjaman saat ekonomi dunia justru tengah melambat.

Baca juga: 4 Miliarder Dunia Ini Makin Kaya Saat Krisis Finansial 2009, Ada Orang Indonesia!

Beli saham perusahaan yang bangkrut

Miliarder
Beli perusahaan yang bangkrut

Tak hanya itu saja, dia juga melakukan aksi kontroversial lainnya dengan membeli saham sebuah perusahaan yang terancam bangkrut. 

Hongbin membeli saham LeEco, perusahaan teknologi dan media yang terancam bangkrut senilai US$2,2 miliar atau sekitar Rp31 triliun.

Meski membelanjakan uangnya untuk perusahaan yang hampir kolaps, Hongbin malah mendapatkan keuntungan double. Pasalnya, saham perusahaan miliknya, Sunac China Holdings justru jadi naik 212 persen. 

Namun, rasio utang perusahaan terhadap ekuitas juga naik hingga 394 persen atau lima kali lebih tinggi di bandingkan perusahaan lain.

Tak lama kemudian, harga saham Sunac China Holdings turun 1,6 persen. Karena itu, perusahaan memutuskan penerbitan obligasi sebagai solusi bayar utang. Analis pun memprediksi obligasi tersebut hanya laku US$1 miliar atau Rp14 triliun.

Baca juga: Terlilit Utang Rp 303 M, Anak Orang Terkaya Ini Setop Bergaya Hidup Mewah

Penjualan properti naik dua kali lipat

Miliarder
Penjualan properti milik Sun Hongbin naik (Forbes)

Yang mengejutkan, ternyata pertumbuhan top-line perusahaan Hongbin ini justru mengesankan. 

Penjualan properti meningkat dua kali lipat pada 2016 karena pembangunannya terbukti berhasil. Para investor pun tertarik dengan strategi Hongbin dan membeli saham perusahaan miliknya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Baca juga: Ini Deretan Orang Tajir di Dunia yang Tahun 2018 Kekayaannya Makin Menjadi-jadi

Itulah kisah inspiratif Sun Hongbin, miliarder asal China yang bertambah kaya setelah membeli perusahaan yang hampir kolaps. 

Sebagai pebisnis, Hongbin yang memperoleh gelar master dalam bidang teknik dari Universitas Tsinghua pada 1985 juga mengalami jatuh bangun dalam industri ini. 

Pernah bekerja di raksasa komputer Lenovo, Hongbin dinilai sebagai salah satu calon pebisnis sukses di China oleh pendiri Lenovo, Liu Chuanzhi. 

Kariernya sempat tercoreng setelah dinyatakan bersalah menggelapkan 130.000 yuan atau setara HK$ 160.000 dan dijatuhi hukuman lima tahun penjara karena kasus tersebut.

Meski begitu, dia berhasil bangkit dan justru menunjukkan pada dunia sebagai miliarder sukses yang terus menambah kekayaannya. Semoga kisahnya menginspirasimu!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →