Hartanya Rp 7,5 Miliar, tapi Hakim I Dewa Gede Palguna Cuma Punya 2 Mobil Lho

i dewa gede palguna

Ada sembilan hakim yang terpilih memimpin jalannya sidang gugatan hasil Pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi. Nama-namanya pun udah dirilis. Salah satunya adalah I Dewa Gede Palguna yang hadir dalam sidang 14 Juni 2019.

Sementara hakim-hakim Mahkamah Konstitusi lainnya yang ikut memimpin jalannya sidang, yaitu Anwar Usman, Aswanto, Arief Hidayat, Wahiduddin Adams, Suhartoyo, Manahan MP Sitompul, Saldi Isra, hingga Enny Nurbaningsih.

Sidang yang berjalan pada 14 Juni dipastikan menyedot perhatian banyak orang. Pasalnya, ada kemungkinan hadirnya massa dalam jumlah besar ke persidangan tersebut.

Menyikapi adanya kemungkinan tersebut, Menkopolhukam Wiranto telah memutuskan melakukan pencegahan aliran massa ke Jakarta. Soalnya dikhawatirkan kedatangan massa tersebut mungkin bakal berakhir kericuhan seperti tanggal aksi 22 Mei yang lalu.

Nah, bicara tentang I Dewa Gede Palguna, siapakah sebenarnya Hakim MK yang satu ini? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Sempat di KPK dan Kontras, Kekayaan Bambang Widjojanto Tembus Rp 12 Miliar Lho

Pernah jadi Hakim MK 2003 – 2008, I Dewa Gede Palguna punya kekayaan Rp 7,5 miliar tahun 2017

i dewa gede palguna
Pernah jadi hakim MK pada tahun 2003-2008. (Setkab.go.id)

Nama I Dewa Gede Palguna bukanlah nama yang baru di Mahkamah Konstitusi. Pria yang lahir di Bali pada 24 Desember 1961 ini pernah menjabat sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi dari 2003 – 2008.

Selesai masa jabatannya, Palguna ditawari dua kali buat menjabat sebagai Hakim MK lagi. Namun, tawaran-tawaran tersebut ditolaknya. Ia beralasan pengin fokus menyelesaikan studi S3 yang dijalaninya.

Nama Palguna terangkat kembali sebagai kandidat Hakim MK buat periode 2015 – 2020. Permintaan agar peraih gelar doktor dari Universitas Indonesia ini diangkat sebagai Hakim MK disetujui Presiden Joko Widodo pada 5 Januari 2015.

Sebagai bagian dari penyelenggara negara, Palguna juga wajib melaporkan harta kekayaannya. Dalam LHKPN 2017, hakim yang pernah berkarier di MPR ini diketahui punya kekayaan yang mencapai Rp 7.555.136.631 lho.

Walaupun nilai kekayaannya besar banget, gak disangka I Dewa Gede Palguna cuma memiliki dua mobil. Kedua mobil yang dimilikinya tersebut bernilai Rp 290 juta. Penasaran apa aja mobil-mobilnya? Berikut ini daftarnya.

Baca juga: Menelisik Gurita Bisnis Tersangka Korupsi BLBI Sjamsul Nursalim

Ini dua mobil milik Hakim I Dewa Gede Palguna yang bernilai Rp 290 juta

Di LHKPN 2017 kendaraan-kendaraan yang dibeli I Dewa Gede Palguna berjumlah enam yang terdiri dari sepeda motor dan mobil. Nilai total keseluruhan kendaraan-kendaraan milik Hakim MK tersebut mencapai Rp 314.500.000.

Sementara nilai kedua mobilnya cuma Rp 290 juta. Apa aja mobil-mobil yang dimiliki Palguna? Ini dia daftarnya.

1. Honda CR-V

i dewa gede palguna
Ilustrasi mobil Honda CRV tahun 2005. (Autoblog.com)

Hakim I Dewa Gede Palguna diketahui memiliki Honda CR-V keluaran tahun 2005. Mobil ini dalam LHKPN yang dilaporkannya berstatus hasil sendiri dan bernilai Rp 90 juta.

Hingga saat ini generasi baru dari Honda CR-V terus lahir. Tentu aja harga terbarunya jauh lebih mahal dari punya Hakim I Dewa. Mobil pabrikan Jepang ini saat ini dijual dari harga Rp 444 jutaan – Rp 518 jutaan.

Dengan DP dari Rp 54,3 juta dan tenor 60 bulan, cicilan yang dibayarkan tiap bulannya sebesar Rp 10,28 juta. Itu berarti besaran gaji minimal kalau kamu ingin mengkredit mobil ini adalah Rp 35 jutaan. Besar juga ya?

2. Honda Jazz RS CVT

i dewa gede palguna
Honda Jazz RS CVT. (Youtube)

Mobil kedua yang dimiliki I Dewa Gede Palguna adalah Honda Jazz RS CVT. Mobil keluaran tahun 2016 ini punya nilai yang mencapai Rp 200 juta.

Mobil hatchback produksi Honda ini juga terus ada generasi barunya. Keluaran terbarunya kini dijual dengan harga Rp 279 jutaan.

Mobil ini bisa dibeli dengan cara dicicil. Dengan DP Rp 31,66 juta dengan tenor 60 bulan, maka besaran cicilannya Rp 6,35 juta. Itu berarti besaran gaji minimal buat mencicil mobil ini yaitu Rp 22 jutaan per bulan.

Nah, itu tadi sekilas informasi tentang Hakim MK I Dewa Gede Palguna yang cuma punya dua mobil walaupun kekayaannya Rp 7,5 miliar. Gak heran kalau kekayaannya sebesar itu sebab penghasilan Hakim MK aja nih bisa mencapai Rp 72 jutaan – Rp 121 jutaan per bulan. (Editor: Ruben Setiawan)