Hilang Semangat di Kantor? Terapkan 6 Hal Penting Ini Biar Termotivasi

Cara-membangun-motivasi-kerja-karyawan-wp-min

Entah karena udah mendekati weekend, tanggal merah atau memang lagi malas aja, kadang kala rasa malas bisa melanda para karyawan. Oleh sebab itu, motivasi kerja karyawan berikut bisa kamu pikirkan.

Emang sih ada masa-masa di mana kamu bisa jadi gak semangat buat ke kantor dan mengerjakan tugas. Akan tetapi, kalau kamu terus-menerus memupuk sikap seperti itu, yang ada kamu sendiri yang rugi.

Memang, kamu mungkin gak bakal dipecat kalau kamu gak capai target atau bekerja biasa-biasa aja. Namun, gimana cara kamu bisa kaya dan mencapai kebebasan finansial yang kamu inginkan? Kalau kamu bekerja tanpa semangat, impian tersebut sulit dicapai.

Mulai sekarang, coba deh pikirkan motivasi kerja karyawan kantor berikut ini. Tujuh poin penting berikut ini dijamin bakal membangkitkan semangat dan motivasi kerja karyawan kantor.

Baca Juga: Biar Produktif, Singkirkan 8 Benda Ini dari Meja Kerjamu

1. Ingat betapa senangnya gajian setiap bulan

Ingat betapa senangnya gajian. (Shutterstock)
Ingat betapa senangnya gajian. (Shutterstock)

Yang pertama kali bisa kamu jadikan motivasi kerja karyawan di kantor adalah gaji bulanan. Yap! Itulah kelebihan jadi seorang karyawan. Sebab, kamu pasti dapat penghasilan setiap bulan. Angka yang kamu dapatkan pun sudah fix. Beda dengan mereka para pekerja lepas.

Ingat-ingat betapa kamu menanti-nantikan tanggal di akhir atau awal bulan dan rasa bahagia melihat rekening saat itu. Kalau kamu malas bekerja dan malah berakhir menganggur, mana bisa kamu merasakan kebahagiaan tersebut.

Baca Juga: Awas Banyak Lowongan Palsu, Jangan Asal Sebar Lamaran Kerja

2. Pikirkan kebutuhan bulanan

Pikirkan kebutuhan bulanan. (Shutterstock)
Pikirkan kebutuhan bulanan. (Shutterstock)

Apapun yang terjadi, kamu pasti tetap harus memikirkan dapur tetap mengepul. Gak cuma itu, kamu pasti harus bayar tagihan dan sebagainya.

Nah, jadikan tanggung jawab ini sebagai motivasi buat tetap semangat bekerja di kantor. Sebab, kebutuhan-kebutuhan tersebut haruslah terpenuhi setiap bulan, bukan?

Kalau kamu gak punya pekerjaan, buat memenuhi kebutuhan bulanan seperti ini bakal sulit banget. Kalau punya warisan tujuh turunan sih mungkin gak apa-apa ya. Tapi kalau gak ada, mau gak mau, kamu harus kobarkan semangat bekerja di kantor kamu sekarang.

3. Rancang liburan biar jadi motivasi kerja karyawan

Rancang liburan. (Shutterstock
Rancang liburan. (Shutterstock

Ada satu trik menarik yang bisa kamu jadikan motivasi kerja karyawan kantor. Yap! Merancang liburan bisa jadi penyemangat buat selesaikan tugas-tugas kantor secepatnya.

Alasan pertama, dengan kamu bekerja tentu kamu punya uang buat disisihkan buat liburan. Alasan kedua, dengan kamu menyelesaikan tugas-tugas kantor secepat mungkin, kamu pun gak perlu dipusingkan dengan tugas-tugas tersebut saat liburan nanti.

Gak mau ‘kan saat-saat menuju liburan atau malah pas liburan, kamu malah harus selesaikan deadline kamu yang tertunda.

4. Impikan kenaikan gaji dan jabatan

Pikir kenaikan gaji dan promosi. (Shutterstock)
Pikir kenaikan gaji dan promosi. (Shutterstock)

Cara ini jadi salah satu pembakar semangat paling jitu buat kamu yang terjebak masa-masa malas buat kerja.

Konsistenlah buat selesaikan tugas-tugas kantor kamu sebaik mungkin. Dengan demikian, atasan kamu pun bakal selalu puas dengan kinerja kamu. Efeknya? Tentu aja, peluang naik gaji pun jadi lebih tinggi.

Gak cuma buat naik gaji dong, tanggung jawab kamu pada pekerjaan saat ini bakal dinilai buat peningkatan karier kamu berikutnya. Bahkan, bila kamu harus pindah kantor sekalipun, kamu punya prestasi tertentu yang bisa kamu jual pada calon perusahaan kamu berikutnya.

5. Pikirkan reputasi di kantor

Pikirkan reputasi di kantor. (Shutterstock)
Pikirkan reputasi di kantor. (Shutterstock)

Yang pasti, tanggung jawab kamu pada pekerjaan bakal berpengaruh terhadap reputasi kamu di kantor. Bila kamu terus-terusan malas menyelesaikan pekerjaan kamu, atasan dan bahkan rekan kerja kamu pasti bakal kurang suka sama kamu.

Jadi, daripada bikin konflik di kantor karena sikap kamu yang menjengkelkan, yuk semangat!

6. Bikin daftar pekerjaan agar bisa menyemangati diri

Bikin daftar pekerjaan. (Shutterstock)
Bikin daftar pekerjaan. (Shutterstock)

Untuk bakar semangat kerja ternyata cukup tricky lho. Kamu bisa mulai dengan bikin daftar pekerjaan kamu, misalnya selama seminggu. Kemudian, kamu bisa bikin penanda mana yang udah dikerjakan dan mana yang belum.

Ada baiknya buat mengerjakan tugas yang ringan-ringan dulu deh. Cara ini ampuh agar kamu gak stres dan malah stuck. Kalau langsung mengerjakan yang berat, malah menghalangi buat selesaikan yang lainnya.

Dengan bikin list mana yang udah dikerjakan, kamu biasanya bakal terpacu buat menyelesaikan tugas berikutnya. Plus, kamu gak bakal lupa. Kemudian, mengerjakan pekerjaan yang ringan juga bakal memotivasi kamu buat menghadapi tugas yang lebih berat.

7. Camkan akibat menunda-nunda pekerjaan

Jangan tunda pekerjaan. (Shutterstock)
Jangan tunda pekerjaan. (Shutterstock)

Yang pasti, motivasi kerja karyawan kantor buat tetap semangat adalah mengecamkan akibat negatif bila menunda pekerjaan. Hal ini adalah hal paling krusial yang harus kamu pikirkan.

Udah tahu sendiri ‘kan, kalau kamu menunda-nunda pekerjaan maka berakibat pada penumpukan tugas. Kalau udah gitu, kamu yang stres sendiri.

Nah, mulai sekarang motivasi diri kamu buat gak menunda pekerjaan dengan memikirkan efek negatif tersebut deh.

Apapun alasannya, adalah bijaksana bila kamu tetap bisa mempertahankan semangat kerja kamu. Jangan sampai deh malas-malasan. Sebab, bermalas-malasan gak baik buat reputasi kamu, kantong kamu, dan prospek karier kamu di masa mendatang. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →