Motor Murah Laris Manis di Indonesia, Ini Asal Muasalnya

Motor Murah

Motor murah adalah kelompok sepeda motor yang dibanderol di bawah harga pasaran. Motor yang harganya terjangkau ini juga bisa didefinisikan dengan tipe sepeda motor paling rendah dengan fitur sederhana.

Pada sejarahnya, pemerintah pernah mengeluarkan kebijakan deregulasi otomotif pada tahun 1999. Akibatnya banyak motor murah dari Tiongkok yang membanjiri pasar Indonesia. Hal itu akhirnya membuat persaingan otomotif kendaraan roda dua semakin ketat.

Alasan itulah yang membuat beberapa Agen Tunggal Pemegang Merek atau ATPM motor sebagai pemain lama di Indonesia untuk meluncurkan motor murah berkualitas sebagai upaya bersaing dengan produk-produk motor Tiongkok pada masa itu.  

Sementara saat terjadi krisis moneter di Indonesia, sepeda motor dianggap sebagai alat transportasi yang efisien sebagai dirasa irit, murah, dan antimacet. Atas alasan itulah, banyak masyarakat yang beralih menggunakan sepeda motor. Apalagi diiming-imingi dengan kredit motor dengan cicilan yang terjangkau.

Jenis-jenis Motor dari Pabrikan Resmi

Jenis-jenis Motor Murah Pabrikan Resmi
autonetmagz,com

Harga motor bisa menjadi lebih murah karena disebabkan kualitas produk yang diturunkan. Dengan kata lain, produk-produk terkait kondisi ini memiliki spesifikasi yang lebih rendah di kelasnya.

Sebagai contoh, Honda pernah mengeluarkan Honda Astrea Legenda sebagai tipe yang lebih murah dari Honda Grand. Sementara pada tahun yang sama juga ada produk Honda lain yang lebih laris dengan harga yang lebih mahal, yaitu Honda Supra X.

Pabrikan lain yang juga pernah meluncurkan motor dengan harga minim adalah Suzuki. Produknya yang paling terkenal adalah Suzuki Smash. Bentuknya sederhana, namun tetap sporty. Salah satu fitur yang dihilangkan adalah rem cakram depan yang diganti dengan rem tromol atau rem biasa.

Pengurangan-pengurangan fitur inilah yang mampu menekan ongkos produksi sehingga harga jualnya pun menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat dengan tingkat perekonomian menengah ke bawah.

Waspada Motor Murah Tidak Resmi

Namun demikian, Anda juga perlu berhati-hati karena murah tidak selalu diidentikkan dengan kualitas produk yang diturunkan. Nyatanya, ada juga motor yang dimurahkan karena sudah tidak memiliki kelengkapan standar, seperti tidak memiliki bukti faktur pembelian, tidak ada BPKB, atau bahkan tidak ada STNK.

Motor-motor murah semacam ini dikenal sebagai motor bodong. Motor-motor tanpa surat resmi inilah yang diperjualbelikan di bawah harga pasaran.

Risikonya, motor jenis ini tidak bisa dibawa ke jalan raya karena tidak memenuhi aturan dan tata tertib lalu lintas sehingga konsekuensinya akan disita jika tertangkap aparat yang berwenang.

Daftar Motor Terjangkau di Indonesia

Daftar Motor Murah di Indonesia
medcom.id

Berikut ini adalah beberapa daftar motor murah yang pernah menjadi dijual di Indonesia dan ada juga beberapa jenis motor lain yang masih diproduksi hingga saat ini.

  1. Honda Astrea Legenda diluncurkan tahun 2001.
  2. Suzuki Smash diluncurkan tahun 2002.
  3. Yamaha Vega diluncurkan tahun 2002.
  4. Kawasaki Blitz diluncurkan tahun 2002.
  5. Kymco Caviera diluncurkan tahun 2002.

Motor-motor tersebut dijual dengan harga mulai dari Rp9 juta hingga Rp13 jutaan. Harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan produk sejenis lainnya yang dijual di rentang harga Rp15 jutaan pada saat itu.

Bagi Anda yang masih mencarinya, motor-motor murah tersebut hingga kini masih diperjualbelikan di situs jual beli motor online dengan harga antara Rp3 juta sampai dengan Rp6 jutaan tergantung kondisi dan kelengkapannya.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Murah

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Motor Bekas 

Motor bak kacang goreng inimuncul sebagai bagian dari sejarah di mana saat itu pasar Indonesia sedang dibanjiri dengan motor-motor asal Tiongkok yang harganya bisa 30 persen lebih mudah dibandingkan dengan harga motor pasaran.

Belum lagi bentuk motor yang banyak meniru motor yang sebelumnya sudah eksis di Indonesia menjadikannya layak dilirik. Jenis motor yang paling banyak ditiru motor Tiongkok adalah Honda Supra X.

Yang pasti, kelebihan yang ditawarkan dari keberadaan motor ini adalah sebuah pilihan kepada masyarakat demi bisa memiliki motor berkualitas lumayan dengan harga yang lebih terjangkau.

Hanya saja kekurangan motor murah adalah fitur-fitur standar yang seharusnya terpasang justru dikurangi demi efisiensi harga. Tidak mengherankan, kebanyakan dari jenis motor ini terasa kurang nyaman saat dikendarai, ditambah dengan fitur keamanannya yang dipangkas menjadikan pengendara kadang-kadang merasa tidak tenang.

Itulah beberapa hal yang menggambarkan fenomena motor murah di Indonesia. Beruntung, berkat peningkatan dan pertumbuhan ekonomi yang positif, saat ini ATMP motor tidak lagi mengeluarkan versi motor murah yang minimalis.

Namun demikian, masyarakat tetap bisa memilih motor murah dengan membeli motor bekas melalui berbagai cara. Salah satunya mencari informasi keberadaan motor melalui situs online  jual beli motor atau aplikasi toko online yang bisa diunduh secara gratis.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →