Tips Memilih Motor Sport Murah tanpa Risiko Ditipu

Gadai Motor

Motor sport diidentikkan dengan motor yang didesain menyerupai motor balap yang memiliki kecepatan di atas motor bebek dan motor skutik. Motor sport biasanya memiliki ciri khas berupa tangki bensin yang terletak di bagian belakang stir atau kemudi. Berbeda dengan motor skutik atau motor bebek yang menempatkan tangki bensinnya di bawah jok motor.

Spesifikasi dan Ciri Khas Motor Sport Murah

Tips Mendapatkan Motor Sport Murah Berkualitas

Ciri khas lain dari motor sport adalah menggunakan kopling manual untuk pemindahan giginya sehingga tarikan menjadi lebih terasa dibandingkan dengan motor nonkopling.

Yang paling khas dari sebuah motor sport murah adalah kubikasi mesin yang tidak lebih dari 200cc. Seperti Suzuki Thunder hanya 125 cc, sementara Honda Verza 150 cc. Kapasitas mesin tersebut hampir setara dengan mesin-mesin motor skutik yang kini semakin setara dengan motor sport.

Harga motor sport tentu bervariasi, mulai dari yang mahal hingga yang lebih murah dengan rata-rata berada di bawah kisaran Rp20 jutaan. Motor sport termurah saat ini adalah Honda Verza yang dibanderol pada kisaran Rp19 jutaan. Di kelas yang sama dari pabrikan yang berbeda, ada Suzuki Thunder 125 dengan harga kisaran Rp18jutaan.

Seiring pergeseran minat konsumen kepada motor skutik pada belakangan ini, populasi motor sport di Indonesia kian berkurang. Apalagi pasar Indonesia pernah diserbu oleh produksi motor murah.

Peminatnya hanya berasal dari kalangan terbatas, khususnya kaum lelaki dari generasi millenial. Itupun selera motor sport mereka sudah berubah dengan memilih kubikasi mesin yang lebih tinggi hingga 250cc.

Perubahan selera pasar tersebut membuat Suzuki Thunder tidak bertahan dan berakhir hingga tahun 2016 lalu. Sementara yang saat ini masih bertahan adalah Honda Verza 150.

Daftar Motor Sport Murah yang Paling Diminati

Merunut sejarahnya, inilah beberapa motor sport murah yang pernah mengaspal di Indonesia hingga yang masih eksis hingga saat ini.

  1. Thunder 125 (Produksi terakhir 2016) Rp18 jutaan.
  2. Verza 150 Rp19 jutaan.
  3. Mega Pro FI 150 Rp21 jutaan.
  4. Tiger 2000 (Produksi terakhir 2014) Rp24 jutaan.
  5. Vixion Rp27 jutaan.
  6. Scorpio (Produksi terakhir tahun 2013) Rp25 jutaan.
  7. Byson FI Rp22 jutaan.   

Tips Mendapatkan Motor Sport Murah Berkualitas

Daftar Motor Sport Murah yang Paling Diminati

Meskipun tren motor sport sudah berlalu, tapi tetap saja masih ada yang melirik untuk kebutuhan touring atau perjalanan jarak jauh, seperti mudik ke kampung halaman.

Namun pada kesempatan sehari-hari Anda ingin menggunakannya untuk berangkat bekerja atau jalan-jalan di dalam kota, maka ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Perhatikan kondisi radiator, jangan sampai bocor.
  2. Dengarkan suara mesin, jika ada suara tak lazim patut diperiksa apakah mesin sudah dimodifikasi.
  3. Knalpot racing ternyata berpengaruh terhadap kondisi mesin, pastikan pemeriksaan ulang jika ingin kembali menggunakan knalpot standar.
  4. Periksa tangki bensin, apakah sudah keropos.
  5. Pastikan kualitas gear set, apakah masih bagus atau sudah aus.  
  6. Pastikan surat-surat lengkap, seperti faktur pembelian, BPKB, dan STNK.
  7. Segera proses balik nama jika sudah melakukan pembelian.

Beberapa hal tersebut adalah tips mendasar untuk berburu motor sport murah berkualitas. Soal tampilan atau bodi tidak menjadi persoalan karena yang paling penting adalah kondisi mesin dan pendukungnya tersebut.

Tidak masalah jika motor sport impian Anda berharga murah atau berusia tua, tetapi yang terpenting adalah konsistensi Anda untuk merawatnya mulai dari sekarang. Mungkin Anda perlu mempertimbangkan servis besar untuk membersihkan mesin serta mengecek kondisinya secara menyeluruh demi menjaga performanya tetap prima.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →