Agar tak Rusak, Perhatikan 5 Bagian Ini pada Mobil Saat Musim Hujan Tiba

Musim Hujan

Saat ini, sebagian wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan, termasuk daerah Jakarta. Beberapa bagian pada kendaraan mobil pun perlu diperhatikan saat musim hujan.

Diketahui, air hujan memiliki banyak kandungan yang dapat mempengaruhi bagian-bagian mobil, seperti salah satunya kandungan asam bersifat korosif dan dapat menyebabkan karat. Tidak hanya itu saja, kondisi udara yang lembab bisa menyebabkan adanya jamur pada mobil. Mengutip laman Carmudi Indonesia, berikut bagian pada mobil yang perlu diperhatikan saat musim hujan serta cara merawatnya sebagai berikut.

Wiper dan Washer

Musim Hujan
Wiper (Shutterstock).

Wiper berfungsi untuk menyeka air di kaca mobil. Sedangkan washer, untuk menyemprotkan air ke kaca mobil. Keduanya merupakan bagian mobil yang penting dan saling berhubungan karena visibilitas pengendara mobil jadi lebih leluasa saat turun hujan. Oleh karena itu, pengemudi bisa mengendalikan mobilnya secara benar dan aman.

Menjadi bagian mobil yang penting, tentunya diperlukan perawatan yang tepat. Untuk wiper, bisa dirawat dengan cek karet wiper-nya secara berkala, apakah masih berfungsi dengan benar atau tidak. Jika karetnya sudah menipis dan getas di beberapa bagian, disarankan untuk menggantinya.

Alasannya, karet bukan berfungsi untuk membersihkan, tetapi mengganggu tugasnya menghapus air yang menghalangi pandangan pengemudi. Serta washer, pengendara mobil harus selalu memastikan airnya cukup. Sehingga, washer bisa menyemprotkan air dengan baik dan membersihkan kaca mobil secara maksimal.

Meskipun kedua komponen mobil ini terlihat sepele, tetapi cara kerjanya perlu diperhatikan. Seperti, biasakan diri menyemprot air dengan washer terlebih dahulu sebelum menggunakan wiper.

Ini disebabkan karena air yang disemprotkan bertujuan untuk membilas kotoran, seperti kotoran burung, getah pohon, dan lainnya. Jika tidak disemprot, kotoran yang dibersihkan wiper dapat membuat baret pada kaca mobil.

Ban Mobil

Musim Hujan
Ban kendaraan (SHutterstock).

Ban mobil menjadi bagian mobil yang juga penting dan perlu diperhatikan saat musim hujan. Tugas ban tidak hanya melaju dan menghentikan mobil, tetapi juga mengendalikan arah mobil di jalan. Selain itu tidak banyak orang sadari, ban mobil berfungsi untuk meredam getaran pada mobil sebelum dibantu oleh sistem suspensi.

Merawat ban mobil tidaklah sulit. Kamu cukup melakukan pengecekan secara rutin minimal sebulan sekali. Tekanan angin ban menjadi prioritas utama pengecekan.

Tidak ada salahnya jika kamu menyimpan alat pengisi ban portabel pada motor. Jika tidak punya alatnya, kamu bisa minta tolong tukang tambal ban atau pemeriksaan tekanan angin ban di pom bensin.

Bagian kedua yang perlu dilakukan pengecekan adalah telapak ban. Diibaratkan seperti telapak sepatu, jika telapak benda tersebut mulai kurang ketebalannya, dapat membuat kamu mudah terpeleset saat berjalan di permukaan yang licin.

Oleh karena itu, perlu diperiksa ketebalan telapak ban dengan Tire Wear Indicator (TWI) yang terdapat di alur telapak ban. Kamu bisa mengganti ban mobilnya saat permukaan telapak ban sudah sejajar dengan indikator TWI agar mobil tidak mudah terpeleset di jalanan yang licin.

Kaki-Kaki

Musim Hujan
Kaki-kaki kendaraan juga perlu di cek saat musim hujan (Shutterstock).

Sebagai informasi, kaki-kaki mobil terdiri dari dua bagian, yaitu sistem suspensi dan sistem kemudi. Sistem suspensi sendiri terdiri dari shock absorber, per, dan karet-karet peredam lainnya.

Sistem suspensi yang lemah, seperti karet bushing shock absorber yang pecah akan membuat mobilnya susah dikendalikan, khususnya saat musim hujan karena jalanan menjadi licin.

Di sisi lain, jika sistem kemudi mobilnya juga bermasalah, dapat membuat kamu merasa sulit untuk mengendalikan arah mobil, khususnya saat hujan turun deras dan jalanan penuh dengan genangan air.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pengecekan pada kolong mobil untuk mengantisipasi musim hujan. Selain itu, juga melakukan spooring dan balancing untuk mengembalikan kualitas ban dan kaki-kaki mobil. Dari kedua perawatan tersebut, kamu bisa melihat masalah yang ada pada sistem suspensi dan kemudi mobil yang dimiliki.

Knalpot Mobil

Musim Hujan
Knalpot (Shutterstock).

Bagian mobil lainnya yang perlu diperhatikan saat musim hujan adalah knalpot, terutama pada ujungnya. Saat mobil dibawa berkendara melewati jalanan yang terdapat genangan air hujan, kamu sebaiknya segera membilasnya.

Jika tidak dilakukan, mobil bisa mengalami karat sehingga tampilannya jadi kurang menarik. Di sisi lain, jika dibiarkan terlalu lama, karatnya akan menjalar ke pipa knalpot mobil yang dapat membuatnya keropos.

Oleh karena itu, disarankan saat bepergian dalam kondisi hujan dan melewati jalanan yang terdapat genangan air, segera lakukan pembilasan dengan air bersih.

Lampu

Musim Hujan
Lampu kendaraan (Shutterstock).

Sebagian besar orang mengira fungsi lampu tidak terlalu banyak, hanya digunakan untuk penerangan saat mobil dibawa berkendara. Namun faktanya, lampu bisa digunakan untuk memberi tanda bahwa ada kendaraan yang melintas, sehingga kendaraan yang melaju dari depan bisa berhati-hati.

Karena itu, lampu menjadi bagian yang harus diperhatikan ketika musim hujan karena jika rusak, dapat membahayakan pengendara mobil. Untuk perawatannya, kamu bisa melakukan pengecekan pada lampu mobilnya mulai dari depan, lampu senja, lampu sein, serta lampu hazard. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →