Bupati Mojokerto yang Ditangkap KPK Berkekayaan Rp 16 Miliar, Ini Aset-asetnya

Mustofa Kamal Pasa (Tempo)

Mustofa Kamal Pasa (Tempo)

Mantan Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa baru-baru ini tengah mengalami musibah. Putra sulung bupati nonaktif itu meninggal dunia akibat kecelakaan mobil di Tol Ngawi, Rabu 20 Maret 2019.

Sementara sebelumnya, Mustofa Kamal Pasa ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena kasus suap perizinan menara telekomunikasi. Nilai suapnya mencapai Rp 2,75 miliar.

Namun, pengusutan yang dilakukan KPK gak berhenti sampai di situ. Belakangan, KPK juga menemukan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan pria yang sering disapa MKP. Uang tersebut diindikasikan sebagai gratifikasi dengan nilai Rp 4,2 miliar.

Melihat besarnya nilai yang dikorupsi, kita bertanya-tanya. Memangnya Mustofa Kamal Pasa ini kekurangan uang ya sampai-sampai harus korupsi?

Faktanya, Bupati Mojokerto nonaktif ini punya kekayaan yang nilainya gak sedikit. Besarannya, malah melebihi kekayaan mantan Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy.

Seperti laporan yang termuat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2015, kekayaan Mustofa Kamal Pasa mencapai Rp 16.932.837.988. Lebih besar di bandingkan kekayaan Romahurmuziy yang besarnya mencapai Rp 11 miliar lebih.

Dengan kekayaan sebesar itu, apa aja aset-aset yang dimiliki Mustofa Kamal Pasa? Cari tahu aja yuk dalam ulasan berikut:

1. Aset tanah dan bangunan senilai Rp 8,89 miliar

Mustofa Kamal Pasa berinvestasi di properti dan tanah
Mustofa Kamal Pasa berinvestasi di properti dan tanah

Mustofa Kamal Pasa rupanya punya banyak tanah dan bangunan. Di LHKPN 2015, nilai total tanah dan bangunan yang dimiliki Mustofa sekitar Rp 8,89 miliar. Tanah dan bangunan tersebut tersebar di banyak wilayah bukan cuma di Mojokerto.

Ada 31 tanah dan bangunan yang didaftarkan Mustofa dalam laporannya tersebut. Wilayah persebarannya mulai dari Jombang, Surabaya, Mojokerto, Pati, hingga Batu.

Nilainya yang termahal adalah, kepemilikan bangunan seluas 121 meter persegi di Kota Surabaya yang mencapai Rp 1,47 miliar. Lalu ada tanah dan bangunan dengan luas 1.090 meter persegi dan 257 meter persegi di Kota Batu dengan nilai Rp 1,30 miliar.

Baca juga: Aset-Aset Kekayaan Ketua PPP Romahurmuziy Capai Rp 11 Miliar, Ini Buktinya

2. Total kepemilikan mobil senilai Rp 2,34 miliar, paling mahal Mazda 2010

Mustofa Kamal Pasa punya mobil Mazda
Mustofa Kamal Pasa punya mobil Mazda

Tercatat, ada enam mobil yang dimiliki Mustofa Kamal Pasa. Mobil-mobil tersebut dimilikinya dari 2007 – 2013. Jika ditotal, keseluruhan mobil Mustofa sekitar Rp 2,34 miliar.

Dengan melihat tahun kepemilikannya, mobil-mobil Mustofa ini bukanlah mobil yang terbilang baru. Meski begitu, nilainya lumayan tinggi. Salah satunya, Mazda tahun 2010 yang nilainya mencapai Rp 800 juta.

Lalu, ada Toyota Vellfire yang nilainya sekitar Rp 750 juta. Nilai terkecil adalah mobil yang dimilikinya tahun 2008, yaitu Toyota Rush. Nilai mobil tersebut sekitar Rp 160 juta.

Baca juga: Hartanya Rp 7 Miliar! Menteri Agama RI Punya Vellfire Jadul dan Rumah Miliaran di Jaksel

3. Berinvestasi di logam mulia dan batu mulia dengan nilai Rp 105 juta

Mustofa Kamal Pasa berinvestasi di logam mulia
Mustofa Kamal Pasa berinvestasi di logam mulia

Meski gak punya bisnis atau usaha lainnya, Mustofa Kamal Pasa ternyata berinvestasi. Mustofa diketahui punya investasi logam mulia, dan batu mulia.

Investasi tersebut dimilikinya sejak 2005 hingga 2010. Total nilainya mencapai Rp 105 juta. Logam mulia yang disimpan Mustofa bernilai Rp 7,13 juta. Sementara nilai batu mulia miliknya mencapai Rp 98 juta.

4. Gak investasi di surat berharga, tapi punya giro dan setara kas senilai Rp 5,58 miliar

Mustofa Kamal Pasa berinvestasi di giro
Mustofa Kamal Pasa berinvestasi di giro

Investasi yang dilakukan Mustofa Kamal Pasa cuma di logam mulia, dan batu mulia. Mustofa sama sekali gak berinvestasi di surat-surat berharga.

Meski begitu, Mustofa punya simpanan dalam bentuk giro dan setara kas lainnya senilai Rp 5,58 miliar. Nilai tersebut lebih besar ketimbang nilai investasi di logam mulia, dan batu mulia.

Itulah rincian aset-aset yang bikin Bupati Mojokerto nonaktif bisa punya kekayaan Rp 16 miliar. Gimana menurutmu? Apakah Mustofa Kamal Pasa bisa dibilang sebagai orang yang kekurangan? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis