NDX A.K.A: Dulu Kuli Bangunan, Sekarang Penghasilannya Ratusan Juta

“Opo koyo ngene susahe wong kere, ameh nyandeng tresno kalah karo bondo
(Apa seperti ini susahnya orang miskin, mau dapat cinta tapi kalah sama harta)

Penggalan lirik di atas diambil dari lagu berjudul Kimcil Kepolen. Diciptakan oleh grup hip-hop dangdut NDX A.K.A yang digawangi oleh Yonanda Frisna Damara (22) dan Fajar Ari alias PJR (23). Mereka berasal dari Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

NDX A.K.A atau biasa disebut NDX saat ini jadi grup hip-hop dangdut idola baru di kalangan anak muda Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dan perlahan, mungkin di seluruh Indonesia. Lagu-lagunya tersebar luas di Internet. Bahkan banyak diaransemen dan dinyanyikan ulang oleh para penyanyi nasional.

Padahal enam tahun lalu NDX bukan siapa-siapa. Nanda dan Fajar hanyalah dua anak muda tanggung yang bekerja serabutan. Tapi sekarang penghasilan mereka sudah ratusan juta per bulan.

Penasaran bagaimana mereka bisa sukses seperti sekarang ini? Yuk simak pelajaran yang bisa dipetik dari mereka.

1. Mau bekerja keras

NDX A.K.A
Gak ada kisah sukses tanpa kerja keras (reverbnation)

Sosok Nanda dan Fajar dari NDX sebagai musisi hip-hop dangdut patut dijadikan contoh. Keduanya adalah lulusan sekolah menengah atas. Tapi mereka punya hobi membuat lagu-lagu hip-hop dengan sentuhan musik dangdut.

Untuk bisa merekam lagu-lagu ciptaannya, Nanda dan Fajar bekerja sebagai kuli bangunan. Mereka mendapat upah masing-masing sekitar Rp 50.000 per hari. Mereka juga pernah jadi tukang parkir yang pendapatannya Rp 30.000. Uang itu gak mereka habiskan semuanya. Tetapi disimpan untuk keperluan rekaman.

Kerja keras mereka membuahkan hasil. Lagu-lagu NDX yang tersebar di Internet banyak yang suka. Lagu macam Kimcil Kepolen, Sayang, Ditinggal Rabi, Bojoku Ketikung dan lagu lainnya dengan cepat tersebar dikuping kalangan anak muda.

Perlahan, NDX banyak diundang orang untuk tampil dari satu panggung ke panggung lain. Bayaran awal manggung mereka bermacam-macam. Mereka pernah dibayar Rp 75.000 per sekali manggung.

Tapi NDX tak patah semangat. Mereka terima saja bayaran yang diberikan pihak penyelenggara. Hingga jam terbang mereka semakin tinggi, penggemar makin banyak, bayaran pun sudah tembus hingga Rp 30 juta per sekali manggung.

[Baca: Inspiratif! 5 Selebriti Ini Bisa Jadi Orang Sukses Walaupun Gagap]

Kerja keras yang dilakoni NDX juga bisa kamu tiru lho. Kalau kamu cuma lulusan SMA, gak usah minder dan mikir susah nyari duit. Jangan berpikiran juga bahwa nyari duit hanya bisa dilakukan minimal oleh lulusan sarjana.

Buktinya, NDX yang cuma lulusan SMA bisa pintar nyari duit. Oleh karena itu, ada baiknya kenali dulu potensi diri. Cari tahu apa saja hobi, kelebihan, dan kemampuan diri sendiri yang bisa dijadikan buat nyari duit.

2. Berpikir kreatif dan tekun untuk mencapai tujuan

 

NDX A.K.A
Berpikir kreatif dan tekun juga bisa buat kamu sukses lho (mousaik)

Grup hip-hop dangdut NDX yang digawangi Nanda dan Fajar dibentuk secara iseng pada 2011. Saat itu mereka masih duduk di bangku SMP. Keisengan tersebut berubah, mereka memutuskan untuk serius mengembangkan NDX.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Sadar dengan kemampuan terbatas, NDX memanfaatkan software Fruity Loops Studio untuk merekam lagu-lagunya di komputer. Mereka tak harus mengeluarkan banyak duit buat pergi ke studio rekaman.

Menjadi pekerja serabutan sebagai kuli bangunan dan tukang parkir juga tak membuat mereka malas berkreasi. NDX A.K.A mampu meluangkan waktu untuk merekam lagu dengan program di komputer yang seadanya itu.

Ketekunan mereka dalam membuat lagu di software komputer berdampak positif dan hasilnya bisa dirasakan seperti sekarang ini. Mereka terkenal, banyak penggemar, dan diundang di mana-mana. Dan tentu saja duit terus mengalir.

Cara berpikir kreatif dan tekun inilah yang wajib diteladani. Dengan kreativitas, kamu bisa mendapatkan penghasilan meskipun kemampuan terbatas.

Misalnya kamu punya satu unit laptop. Daripada dianggurin, mendingan manfaatin laptop kamu buat bikin karya tulis, artikel, buku, atau jualan online yang bisa mendatangkan penghasilan.

Salah satu syaratnya, kamu harus tekun. Menjadi penulis atau jualan online kalau tidak tekun atau mudah menyerah ya sama aja bohong.

3. Apa adanya

NDX A.K.A
Gak usah banyak gaya kalau sudah sukses (youtube)

Mungkin sebagian besar artis yang udah terkenal dan banyak duit, lagaknya suka belagu dan sering menampilkan kemewahan. Tapi untuk para personel NDX A.K.A, hal itu gak berlaku.

Mari kita hitung-hitungan dulu aja. Dalam setiap kali manggung, NDX A.K.A rata-rata dibayar Rp 30 juta. Dalam sebulan mereka bisa diundang manggung rata-rata sekitar 20 kali. Itu artinya penghasilan NDX dari hasil manggung dalam sebulan bisa mencapai Rp 600 juta.

Masing-masing personel NDX A.K.A yang dulunya tukang ngangkat adukan sekarang duitnya pasti banyak deh. Tapi NDX tetap rendah hati dan gak mau nunjukin kalau mereka suka glamour kayak artis lain.

[Baca: Mau Menjadi Orang Sukses? Miliki Dulu 8 Karakter Ini Deh!]

Ini juga bisa jadi pelajaran buat kita. Jika suatu saat kita sukses, lebih baik gak usah sombong dan merasa banyak duit deh. Mending hidup apa adanya dan gak usah neko-neko.

Baiknya sih, pendapatan dari hasil usaha kita ditabungin atau diinvestasiin. Biar di masa mendatang kita masih punya simpanan dan cadangan duit buat kebutuhan yang sudah atau belum terencana.

4. Selalu tampil sederhana

NDX A.K.A
Penampilan NDX sederhana gak pake blink-blink (ikitrik)

Sebagai grup hip-hop dangdut, barangkali NDX A.K.A adalah sebuah pengecualian. Jika penyanyi hip-hop lain suka memakai pakaian blink-blink, maka NDX tidak. Jika penyanyi dangdut sering tampil dengan dandanan ngejreng, maka NDX tidak.

Dalam setiap manggungnya, Nanda dan Fajar NDX sering hanya menggunakan kaos, topi, celana panjang, dan celana pendek. Kalau mereka sedang gak bernyanyi, mungkin orang tak akan mengira bahwa mereka adalah artis.

Berpenampilan sederhana ala NDX bisa menjadi pelajaran juga buat kita. Penampilan sederhana sehari-hari bisa menghemat pengeluaran. Gak usah deh ngeluarin duit buat beli produk branded yang mahal. Apalagi kalau gak punya duit. Jangan maksain.

Gak usah jauh-jauh, Jokowi aja sebagai presiden selalu tampil sederhana. Dia sering banget beli produk-produk lokal dengan harga terjangkau. Masa untuk urusan ini kita kalah sama presiden.

5. Jeli membaca peluang usaha

NDX A.K.A
Toko resmi merchandise NDX A.K.A (brilio)

Selain sukses dengan lagu-lagunya yang laku keras di pasaran, NDX A.K.A juga ternyata pintar mengembangbiakkan duit.

Mereka sadar betul nama NDX bisa menjadi peluang besar mengeruk keuntungan. Selain mencari duit dari hasil manggung, mereka juga sudah bikin distro yang nyediain merchandise NDX.

Aneka asesori yang dijual di distro resmi NDX A.K.A antara lain kaos, jaket, topi, dan lain-lain. Pendapatan dari bisnis merchandise ini pun tak kalah besar. Rata-rata penghasilan dari bisnis merchandise ini mencapai Rp 20 juta per bulan.

Belum lagi sekarang lagu-lagu NDX sudah mulai dijual untuk nada dering telepon seluler. Udah pasti deh itu mah duit mengalir terus ke kantong mereka.

Nah, jadi buat kamu yang udah sukses, jangan keburu berpuas diri. Mendingan cari potensi lain yang bisa dijadiin lahan bisnis tambahan.

Lima pelajaran sukses dari NDX A.K.A di atas bisa dijadikan contoh buat kita dalam hal meraih sukses. Intinya jangan dulu gak pedean sama diri sendiri. Selama kita punya kemampuan, keinginan, dan kreativitas, pasti perlahan apa yang dicita-citakan akan terwujud.

Tapi ingat ya, kalau udah sukses jangan takabur. Biasanya kalau orang takabur rezekinya cuma mampir sebentar doang. Banyak kok yang udah sukses tapi tiba-tiba jatuh lagi. Gak mau kan kita kayak gitu?

[Baca: Kalau Sudah Kaya, Jangan Sampai Bangkrut Kayak 5 Selebriti Ini Ya!]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →