Seberapa Besar Donasi Keluarga Kerajaan di Negara Arab?

Negara Arab dan donasinya

Hidup bergelimang harta mungkin bukan hal aneh bagi para keluarga kerajaan di Negara Arab. Karena itu, jumlah donasi yang mereka berikan ke masyarakat juga gak kecil.

Sebenarnya, kewajiban bagi kita semua untuk berbagi. Terlepas dari berapa banyak harta yang dimiliki, tetap aja kita wajib membantu saudara yang kurang mampu.

Namun, dalam hal berbagi, tentu semua harus sesuai dengan jumlah penghasilan kita perbulan.

Sulit banget tentunya jika penghasilan kita masih pas-pasan, tapi mau coba mengikuti bagaimana para anggota keluarga kerajaan berdonasi. Yang ada, tabungan kita ludes semua, dan kita malah gak bisa makan.

Penasaran bagaimana para keluarga kerajaan di Negara Arab berdonasi? Simak ulasannya di sini:

1. Bahrain

Bahrain
Bahrain

Raja Hamad bin Isa Al-Khalifa memimpin sebuah yayasan amal bernama Royal Charity Organization (RCO). Sebuah yayasan milik keluarga yang saat ini memimpin Bahrain.

Beberapa donasi mereka difokuskan ke sektor pendidikan, dan anak-anak yatim. Belum lama ini, mereka membuka sekolah untuk pengungsi Suriah di negaranya, hingga mendirikan tempat bermain bagi anak-anak pengungsi Suriah yang ada di Yordania.

Mereka juga sempat mendirikan rumah sakit di Yaman lewat kerja samanya dengan Uni Emirat Arab. Intinya, Bahrain memang cukup aktif membantu negara-negara tetangganya sesama Negara Arab, terutama yang dilanda konflik.

Raja Hamad memiliki dua orang putra yang seringkali jadi teladan anak-anak muda di negara. Dia adalah Pangeran Nasser dan Khaled bin Hamad Al Khalifa.

Kedua pangeran ini juga cukup aktif dalam kegiatan sosial yang erat hubungannya dengan kepemudaan.

2. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab
Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab dipimpin oleh Sheikh Khalifa bin Zayed al Nahyan. Nama beliau dijadikan nama yayasan sosial yang cukup aktif menyalurkan bantuan ke masyarakat.

Sayangnya, situs Khalifa Foundation terakhir di-update tahun 2010. Di situ, terlihat berbagai proyek-proyek kemanusiaan yang mereka gelar, sebut saja seperti donasi pangan buka puasa untuk Sudan dan Suriah, atau penyaluran bantuan banjir bandang ke Pakistan.

Mereka juga belum lama ini menyalurkan uang US$ 150 juta atau Rp 2,2 triliun ke Texas Medical Center. Donasi itu nantinya akan dimanfaatkan untuk mendirikan tempat pengobatan kanker.

Selain itu, keluarga Al Nahyan juga menggalang dana untuk korban banjir di Kerala, India, 2018. Konon, dana yang terkumpul mencapai Rp 40 miliar.

Kabarnya, keluarga Al Nahyan yang berbasis di Abu Dhabi ini mengantongi total aset US$ 830 miliar atau setara dengan Rp 12 ribu triliun! Al Nahyan juga menjadi salah satu keluarga kerajaan terkaya di Timur Tengah. Gak heran donasinya bisa mencapai sebanyak itu.

3. Yordania

Yordania
Yordania

Kerjaan Yordania juga cukup getol dalam aktivitas kemanusiaan. Namun, gak ada situs resmi yayasan amal keluarga kerjaan di Negara Arab itu terpublikasi dengan baik.

Justru situs yayasan Putera Mahkota Pangeran Husein yang terpublikasi. Situs itu juga dikelola dengan sangat baik, dan memiliki tampilan rapi.

Pangeran Hussein memang dikenal dengan visi misinya yang ingin membangun Yordania ke arah lebih baik. Itu sebabnya, dia seringkali aktif dalam kegiatan berbau pendidikan.

Dia telah mendirikan Al Hussein Technical University, yang ditujukan untuk menciptakan kampus tehnik ternama di negaranya. Para pemuda pemudi yang memang memiliki minat di bidang teknik, fisika, dan matematika bisa bergabung di kampus ini.

Pangeran Hussein juga memberikan kesempatan bagi para pemuda di negaranya untuk magang di NASA. Wow, keren banget ya!

Sekadar diketahui, Yordania merupakan Negara Arab pertama yang menjalin kerja sama dengan perusahaan antariksa asal Amerika Serikat ini.

4. Arab Saudi

Saudi Arabia
Saudi Arabia

Kalau yang satu ini, donasinya udah pasti gede banget. Bahkan, sampai triliunan. Sebut saja, pada April lalu Raja Salman menyalurkan Rp 2 triliun ke Palestina. Mereka juga sempat menyumbang 200 ton kurma ke Indonesia.

Negara ini juga pernah menggelontorkan uang sebesar Rp 1 triliunan untuk mengentaskan wabah kolera di Yaman.

Salah satu anggota keluarga kerajaan yang memang hobi berdonasi adalah Pangeran Mohammad bin Salman. Meski kontroversial, pangeran itu sering bersedekah.

Di Provinsi Qassim, beliau menggelontorkan Rp 63 miliar. Sementara itu, di Riyadh Rp 93 miliar, dan di Makkah Rp 50 miliar.

Asal kamu tahu, Keluarga Al Saud di Arab Saudi merupakan keluarga kerajaan terkaya ketiga di dunia.

Seperti itulah donasi-donasi kerjaan negara Arab selama ini. Luar biasa besar pastinya ya, dan wajar banget. Pasalnya, sebagai negara monarki, harta kepala negaranya gak bakalan habis.

Tertarik jadi anggota keluarga kerajaan kayak mereka? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →