Soal Infrastruktur, 4 Negara ASEAN Ini Jauh Tinggalkan Indonesia

negara asean

Indonesia yang lagi gencar-gencarnya membangun infrastruktur ternyata peringkatnya tertinggal jauh dibandingkan negara-negara tetangganya. Artinya, ada negara-negara ASEAN yang dapat peringkat lebih tinggi karena memadainya infrastruktur yang dibangun.

Fakta ini terungkap saat Menteri Keuangan Sri Mulyani berbicara dalam acara perayaan Dasabhakti PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) pada 28 Maret 2019. Dalam kesempatannya, Sri Mulyani mengatakan Indonesia tertinggal jauh dalam pembangunan infrastruktur.

Soal infrastruktur, Ibu Sri menyebut Indonesia menempati peringkat 71 dalam laporan The Global Competitiveness 2018. Ibu menkeu juga membandingkan peringkat yang diperoleh Indonesia dengan peringkat yang diperoleh Malaysia yang sama-sama masuk 30 besar.

Dengan adanya laporan tersebut, Ibu Sri pengin mengajak generasi muda agar menaruh perhatian dan ikut berperan dalam mengejar ketertinggalan tersebut. Sebab, belum semua orang Indonesia bisa menikmati keuntungan dari pembangunan infrastruktur.

Karena Ibu Sri menyebut Malaysia berada di atas Indonesia, adakah negara-negara ASEAN lainnya yang udah melampaui pencapaian Indonesia? Buat menjawab pertanyaan ini, cari tahu yuk informasinya dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Harga Tiket MRT Jakarta dan Tarifnya yang Resmi Berlaku

1. Singapura

infrastruktur negara asean
Jalur MRT di Singapura. (Shutterstock)

Dalam laporan The Global Competitiveness 2018, Singapura meraih peringkat satu sebagai salah satu negara di dunia dalam hal infrastruktur. Skor yang diperoleh negara Asean ini mencapai 95,7.

Harus diakui kalau Singapura itu udah paling baik infrastrukturnya di kawasan ASEAN. Sebagai negara pulau, salah satu negara terkaya di dunia ini membangun infrastruktur darat, laut, dan udara dengan baik.

Kalau Indonesia baru punya MRT, Singapura udah lebih dulu mengoperasikannya sejak tahun 1987. Ditambah lagi, infrastruktur telekomunikasi negara juga sangat baik. Buktinya, internet di Singapura terbilang sangat cepat.

Baca juga: Harga Tiket MRT Jakarta dan Negara-Negara Lain di Asia Tenggara

2. Malaysia

infrastruktur negara asean
MRT di Malaysia. (Shutterstock)

Negara tetangga Indonesia yang satu ini berada di peringkat 32 sebagai negara ASEAN yang infrastrukturnya dinilai telah memadai. Malaysia mendapat skor 77,9 atas pencapaiannya tersebut.

Udah gitu Malaysia menempati peringkat ke-19 di dunia karena kualitas jalan, infrastruktur pelabuhan, dan transportasi udara. Jaringan telekomunikasi yang dimiliki negara ini pun terbilang cukup baik dengan rata-rata kecepatan koneksi 13,30 megabyte per second.

Sama seperti Indonesia, negara ASEAN ini terbilang baru memiliki MRT. Malaysia mulai mengoperasikan MRT sejak tahun 2016.

Baca juga: Parah! UMR di 5 Negara Ini Lebih Rendah dari Indonesia, Ada yang Rp 100 ribu Per Bulan

3. Brunei Darussalam

infrastruktur negara asean
Bandara Kota Kinabalu, Brunei Darussalam. (Shutterstock)

Selanjutnya, ada Brunei Darussalam yang infrastrukturnya lebih memadai ketimbang Indonesia. Negara kaya ini menempati peringkat 54 dalam penyediaan infrastruktur.

Negara ASEAN ini membangun jalan yang saling terhubung sepanjang 2.800 kilometer. Brunei sendiri bisa diakses dari laut, udara, ataupun darat.

Bandara internasional Brunei menjadi gerbang utama akses masuk ke negara ini. Kabarnya nih negeri yang kaya berkat minyak bumi ini memodernisasi bandaranya. Perubahan tersebut bertujuan buat melipatgandakan penumpang yang menggunakan pesawat.

4. Thailand

infrastruktur negara asean
Jalur sky train di Thailand. (Shutterstock)

Lalu ada Thailand yang berada di peringkat 60 sebagai negara dengan infrastruktur yang memadai. Negara Asean ini memperoleh skor 69,7 dalam laporan The Global Competitiveness 2018.

Sejak 2016 Thailand berencana menggenjot pertumbuhan ekonomi dengan cara membangun infrastruktur besar-besaran. Gak tanggung-tanggung, Thailand seperti yang diberitakan Kontan menggelontorkan dana sebesar US$ 40 miliar atau Rp 571 triliun.

Salah satu contoh pencapaian Thailand dalam membangun infrastruktur adalah adanya MRT yang beroperasi sejak 2004. Lalu, pada 2016, Thailand menambah jalur MRT-nya.

Itu tadi beberapa negara Asean yang punya peringkat di atas Indonesia dalam pembangunan infrastruktur. Ke depan bukan tidak mungkin Indonesia bakal menyalip negara-negara tersebut dengan giatnya pembangunan yang dilakukan pemerintah.