5 Negara Ini Paling Korupsi di Dunia, Indonesia Urutan Berapa Ya?

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya negara paling korupsi di dunia disabet siapa? Pemikiran itu pasti terbesit setelah banyaknya pejabat negara Tanah Air yang tertangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui skema operasi tangkap tangan (OTT). 

Dalam peringatan hari korupsi dunia yang jatuh setiap tanggal 9 Desember, tentu momen ini harus diperingati sungguh-sungguh oleh semua pihak agar praktik haram tersebut dihentikan. Pasalnya, kerugian yang dihasilkan angkanya lumayan fantastis.

Seperti yang dikemukakan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Gutteres, total kerugian dunia akibat korupsi di seluruh dunia mencapai US$ 2,6 triliun atau Rp 36.415 triliun. Demikian seperti dilansir dari website resmi PBB.

Sekadar diketahui, uang sebanyak itu sama saja dengan 5 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) yang dihasilkan negara seluruh dunia lho!

Melihat angka sangat besar tersebut, kira-kira negara paling korupsi di dunia disabet siapa ya? Yuk, langsung saja kita lihat daftar lengkapnya di sini:

5. Uzbekistan

Negara paling korupsi di dunia
Uzbekistan

Seperti dilansir dari Forbes, negara paling korupsi di dunia yang berada di urutan kelima diraih Uzbekistan. Negara yang dipimpin oleh seorang Presiden Shavkat Mirziyoyev dan pemerintahannya dikomandoi Abdulla Aripov.

Uzbekistan memiliki jumlah penduduk sekitar 32 juta jiwa dan mempunyai PDB per Kapita sebesar US$ 1.504 atau Rp 21 jutaan.

Baca juga: Bebas dari Korupsi, Gak Disangka 20 Negara Ini Sangat Baik buat Jalankan Bisnis

4. Afghanistan

Negara paling korupsi di dunia
Afghanistan

Negara paling korupsi di dunia selanjutnya adalah, Afghanistan. Situasi keamanan yang menjadi isu utama di Afghanistan membuat banyak oknum pejabat memanfaatkan hal tersebut untuk menyelewengkan uang negara.

Afghanistan memiliki jumlah penduduk mencapai 35 jutaan dan mencatatkan GDP per Kapita sebesar US$ 585 atau sebanyak Rp 8,1 juta.

3. Myanmar

Negara paling korupsi di dunia
Myanmar

Di posisi ketiga ialah salah satu negara yang berasal dari negara ASEAN, yaitu Myanmar. Pasti kalau kamu mendengar negara ini tokoh pertama yang terbesit di pikiran adalah Aung San Suu Kyi.

Negara paling korupsi di dunia di posis ketiga ini memiliki jumlah penduduk sebesar 53 juta jiwa, dan mencatatkan PDB per Kapita sebanyak US$ 1.300 atau sama dengan Rp 18,2 juta.

2. Korea Utara

Negara paling korupsi di dunia
Korea Utara

Posisi runner up diduduki oleh Korea Utara yang dipimpin Kim Jong Un. Negara ini terkenal dengan sistem pemerintahannya yang keras dan otoriter. Bahkan, kegiatan masyarakat di sana sangat dibatasi oleh negara.

Korea Utara memiliki total penduduk sebesar 25 juta jiwa lebih dan memiliki PDB per Kapita sebanyak US$ 1.700 atau setara Rp 23 jutaan.

1.  Somalia

Negara paling korupsi di dunia
Somalia

Di urutan pertama ada Somalia yang menjadi negara paling korupsi di dunia. Kondisi negara yang jauh dari kata ideal akibat keamanan yang minim, kondisi ekonomi yang gak menentu dan taraf hidup di bawah rata-rata menjadi celah bagi para oknum mengambil keuntungan.

Somalia memiliki populasi mencapai 11 juta jiwa lebih, dan mencatatkan PDB per Kapita sebanyak US$ 499 atau setara Rp 6,9 jutaan.

Itulah daftar negara paling korupsi di dunia. Indonesia berada di urutan 89 dari total 180 negara yang masuk dalam daftar The Corruption Perception Index.

Yang perlu dicatat adalah, semakin tinggi ranking sebuah negara maka negara tersebut mencatatkan lebih sedikit korupsi. 

Semoga ke depannya ranking Indonesia semakin naik sehingga tingkat korupsinya akan semakin berkurang! (Editor: Chaerunnisa)