Mengejutkan! Pekerjaan Pertama Nicke Widyawati Sebelum Jadi Dirut Pertamina

Nicke Widyawati. [Tempo]

Pertamina punya Direktur Utama (Dirut) baru yang resmi diangkat hari ini. Ia adalah Nicke Widyawati, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Plt. Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina.

Pengangkatan Nicke Widyawati disampaikan Fajar Harry Sampurno, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media di Kementerian BUMN. Sebelumnya, Nicke udah ditunjuk sebagai pengganti sementara dari Dirut Pertamina yang dulu, Elia Massa Manik.

Elia Massa Manik sendiri diberhentikan karena dianggap gak mampu menyelesaikan masalah-masalah di Pertamina. Dikutip dari Katadata, ada sejumlah permasalahan yang gagal dibereskan Elia. Mulai dari utang, kerugian, inefisiensi, hingga pembentukan holding.

Sekarang, berbagai permasalahan yang ada di tubuh Pertamina bakal menjadi urusan yang mesti diselesaikan Nicke Widyawati. Di balik pengangkatannya sebagai Dirut Pertamina yang baru, ternyata ada kisah menarik dari Nicke Widyawati. Seperti apa? Yuk disimak.

1. Pernah kerja di bank saat masih kuliah

Nicke Widiyawati [TEMPO/STR/Fakhri Hermansyah]
Nicke Widiyawati [TEMPO/STR/Fakhri Hermansyah]
Selama ini Nicke Widyawati populer karena memiliki rekam jejak di dua BUMN besar, yaitu PLN dan Pertamina. Namun, rupanya wanita yang lahir di Tasikmalaya pada 25 Desember 1967 ini pernah berkarier di bank.

Saat itu ia masih berstatus sebagai mahasiswa di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia bekerja di Bank Duta cabang Bandung tahun 1988. Sekadar informasi, Bank Duta kemudian melebur dengan Bank Danamon tahun 2000. Setelah lulus, Nicke berhenti dari pekerjaannya tersebut.

2. Usai lulus kuliah Nicke pilih kerja di konstruksi

 

Nicke Widiyawati [TEMPO/STR/Fakhri Hermansyah]
Nicke Widiyawati [TEMPO/STR/Fakhri Hermansyah]
Tampak agak jomplang dengan kariernya yang pertama, Nicke Widyawati memilih berkarier di bidang konstruksi begitu lulus kuliah. Pilihan kariernya ini bisa dibilang sesuai dengan jurusan perkuliahan yang diambilnya di ITB, yaitu Teknik Industri.

Selepas bekerja di bank, Nicke bekerja di PT Rekayasa Industri (Rekin). Ia mulai berkarier di perusahaan konstruksi tersebut tahun 1991.

Di tempat kerjanya ini, Nicke sering terjun ke lapangan. Salah satunya adalah saat Rekin mengerjakan proyek Pupuk Sriwijaya di Palembang, Sumatra Selatan. Selain itu, ia juga pernah terjun ke Lhokseumawe, Cilegon, bahkan sampai ke negeri jiran Malaysia.

3. Dari konstruksi, berkarier di bidang kelistrikan

Nicke Widiyawati [TEMPO/STR/Fakhri Hermansyah]
Nicke Widiyawati [TEMPO/STR/Fakhri Hermansyah]
Karier Nicke Widyawati bisa dibilang moncer. Dari konstruksi, Nicke kemudian hijrah ke bidang kelistrikan. Ia mendapat kepercayaan buat memegang posisi sebagai Dirut PT Mega Eltra, perusahaan BUMN di bidang kelistrikan dan peralatan teknik.

Ternyata pengalamannya di PT Mega Eltra jadi modal besar buat menduduki posisi penting di PLN. Peraih gelar S2 Hukum Bisnis di Universitas Padjadjaran tahun 2009 ini dipercaya mengemban jabatan Direktur Pengadaan Strategis 1 PT PLN tahun 2014.

4. Mendapat posisi penting di Pertamina

Nicke Widiyawati [TEMPO/STR/Fakhri Hermansyah]
Nicke Widiyawati [TEMPO/STR/Fakhri Hermansyah]
Pencapaian Nicke Widyawati hingga bisa dapat jabatan penting di PLN menjadi bukti kalau dirinya bukanlah sembarang orang. Cukup lama berkarier di PLN, Nicke berpindah karier ke Pertamina tahun 2017.

Di Pertamina, Nicke diberi tanggung jawab untuk menjadi Direktur Sumber Daya Manusia (SDM). Gak cuma itu, Nicke juga mendapat tanggung lebih dengan memegang posisi Plt. Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur di Pertamina.

Seiring berjalannya waktu, lagi-lagi Nicke dipercaya memegang posisi penting. Kali ini ia menjadi Plt. Dirut Pertamina setelah pemberhentian Elia Massa Manik pada April 2018. Dan yang terkini, Nicke benar-benar dikukuhkan menjadi Dirut Pertamina yang baru.

Gak nyangka juga ya ternyata Nicke Widyawati mempunyai catatan karier yang cemerlang. Dari yang awalnya seorang pegawai bank, kini ia menjadi Dirut Pertamina. Benar-benar hebat wanita yang satu ini. Salut deh!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →