Jalan Mulus Nico Siahaan dari Presenter Ternama hingga Jadi Wakil Rakyat di Senayan

nico siahaan

Nico Siahaan tengah menjadi sorotan usai dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi Bupati Cirebon Jawa Barat (Jabar) Sunjaya Purwadisastra, yaitu terpidana lima tahun dalam kasus suap jual beli jabatan di Pemerintah Kabupaten Cirebon.

Nico Siahaan mengaku menerima uang Rp 250 juta dari Sunjaya terkait gelaran Kongres Sumpah Pemuda buatan PDI Perjuangan pada 2018. 

Namun, Nico memastikan, uang yang berasal dari dugaan korupsi Sunjaya selama menjadi pejabat daerah tersebut sudah dikembalikan ke KPK.

Terseretnya Nico Siahaan dalam kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan pejabat daerah turut membuat namanya jadi sorotan. 

Nico Siahaan selama ini dikenal sebagai presenter televisi dan pembawa acara kuis. Puas berkecimpung di dunia hiburan Tanah air, Nico diusung PDI-P menjadi anggota DPR RI Dapil Jawa Barat I dengan perolehan suara 64.980 suara pada tahun 2014. 

Kini pada periode 2019-2024, pemilik nama Junico Bisuk Partahi Siahaan itu terpilih kembali dan menjadi anggota dewan.

Selain menjadi anggota DPR dengan latar belakang sebagai presenter ternama, yuk ketahui beberapa fakta menarik Nico Siahaan yang dirangkum Lifepal:

Dikenal sebagai presenter

Nico Siahaan
Dikenal sebagai presenter (Instagram/@junicosiahaan)

Nico Siahaan selama ini dikenal luas oleh masyarakat sebagai seorang presenter sejak tahun 1995. Menjadi presenter sejak saat itu, memang menjadi modal besar baginya. 

Selain presenter dan memandu kuis Kata Berkait di RCTI, pria 50 tahun itupun menjadi pembawa acara ternama di era 2000-an.

Baca juga: Raffi Ahmad dan Perjalanan Kariernya Jadi Artis Terkaya

Menyabet penghargaan

nico siahaan
Menyabet penghargaan (Instagram/@junicosiahaan)

Selebriti kelahiran 13 Juni 1969 ini menggeluti dunia presenter hingga 20 tahun lamanya. 

Berkat eksistensinya di dunia presenter, Nico telah menyabet beragam penghargaan. Salah satunya, Panasonic Gobel Award pada tahun 2006.

Bintang film

nico siahaan
Bintang film (Instagram/@junicosiahaan)

Tak cukup puas menjalani dunia presenter, ayah tiga anak itu terjun ke dunia akting. Dia bermain film berjudul “Arisan!” pada tahun 2003. 

Jadi anggota DPR

nico siahaan
Jadi anggota DPR (Instagram/@junicosiahaan)

Bermodalkan ketenaran sebagai seorang selebriti dan presenter, Nico membuat karier sukses yanag dijalaninya semakin cemerlang. Dia berubah haluan menjadi seorang politisi.

Mulai 2014, Nico mengikuti pemilu legislatif 2014 untuk menjadi anggota DPR RI pemilihan Jawa Barat I dari PDI-P, dia pun berhasil lolos ke Senayan dengan perolehan suara 64.980. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Lanjut ke periode selanjutnya, dia kembali mencalonkan diri sebagai wakil rakyat dan lolos ke Senayan pada periode 2019-2024 .

Itulah empat fakta menarik Nico Siahaan yang namanya ikut terseret dalam kasus TPPU Bupati Cirebon Jawa Barat (Jabar) Sunjaya Purwadisastra.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →