NPWP: Pengertian, Manfaat, dan Kegunaan

Cara Membuat dan Manfaat NPWP

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah kode identitas yang dimiliki wajib pajak demi mempermudah pengurusan administrasi perpajakan. 

Biasanya NPWP terdiri atas 15 digit. Sembilan digit pertama adalah kode wajib pajak dan enam digit terakhir merupakan kode administrasi. Untuk memperoleh NPWP sangat mudah dan gratis. Apalagi bisa didapatkan lewat online dengan mengunduh di situs resmi Direktorat Jenderal Pajak.

Lebih lengkapnya, mari simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat Membuat NPWP

Manfaat Membuat NPWP

Kontribusi masyarakat atas kesadaran membuat NPWP adalah mempermudah kinerja pemerintah dalam menyaring wajib pajak. Ada beberapa manfaat bagi wajib pajak dengan NPWP, antara lain:

1. Sebagai persyaratan administrasi

Berkat NPWP, wajib pajak mendapat kemudahan dalam persyaratan administrasi, seperti di bank maupun institusi lainnya. Tanpa NPWP, umumnya proses penyelesaian administrasi bisa berjalan lebih lama atau bahkan tertunda.

2. Memudahkan urusan perpajakan

Berikut kemudahan urusan perpajakan yang bisa diperoleh.

  • Mengurus restitusi pajak.
  • Pengajuan pengurangan pembayaran pajak.
  • Mengetahui jumlah pajak yang mesti dibayarkan.
  • Pemotongan pajak yang rendah.

Kegunaan NPWP untuk Kehidupan Sehari-hari

Kegunaan NPWP untuk Kehidupan Sehari-hari

Tidak hanya urusan administrasi perpajakan, namun NPWP juga bermanfaat untuk keperluan Anda dan keluarga di keseharian. 

1. Mengajukan kredit

Pengajuan kredit ke bank umumnya disertai dengan NPWP pribadi. Sebab, NPWP merupakan salah satu syarat untuk memudahkan bank dalam mencairkan kredit atau pinjaman. Selain itu, kepemilikan NPWP menandakan bahwa Anda seseorang yang taat pajak sehingga lebih terpercaya di mata bank.

2. Pengajuan dan pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Bagi yang ingin mendirikan usaha perdagangan, Anda membutuhkan SIUP. SIUP adalah bukti izin mendirikan usaha. SIUP diterbitkan oleh pemerintah daerah (Pemda).

Untuk mendapatkan SIUP, Anda harus memiliki NPWP sebagaimana nomor pajak usaha Anda akan menjadi bagian dari pelaporan pajak. 

3. Membuat paspor

Selain KTP atau kartu keluarga (KK), NPWP dibutuhkan dalam membuat paspor. 

4. Membuat rekening koran di bank 

Rekening koran hampir sama dengan buku bank. Dengan rekening koran, Anda bisa melihat mutasi saldo Anda secara lengkap. Salah satu syarat membuat rekening koran di bank, nasabah harus memiliki NPWP terlebih dahulu.

5. Administrasi pajak final

Administrasi pajak final dikenakan atas beberapa jenis penghasilan, seperti deposito, hadiah, undian, dan transaksi saham. Nah, agar Anda mendapatkan data administrasi pajak final, maka Anda harus memiliki NPWP.

Jadi banyak sekali manfaat dan kegunaan apabila memiliki NPWP. Hal ini erat kaitannya saat Anda mengurus berkas penghasilan dan administrasi perpajakan. Bagi yang belum memiliki, Anda bisa terapkan cara membuat NPWP lewat online atau Anda selalu bisa datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) sesuai domisili. 

Dapatkan Promo