Oleh-Oleh dari Thailand, Cuma Modal Rp49 Ribu Semua Senang

Oleh-Oleh dari Thailand, Cuma Modal Rp49 Ribu Semua Senang

Liburan ke Negeri Gajah Putih sungguh seru, tetapi kini saatnya Anda harus pulang dan menyiapkan oleh-oleh dari Thailand untuk kerabat di rumah.

Daripada bingung bolak-balik ke toko-toko suvenir, coba lihat daftar oleh-oleh yang sudah umum menjadi pilihan populer para turis, hasil survei Tim Blog Lifepal khusus untuk Anda, di bawah ini. Yuk, kita cek bareng-bareng sekarang juga!

Oleh-oleh dari Thailand untuk Kerabat yang Suka Makanan

Oleh-Oleh Thailand Makanan

Lifepal paham, banyak kerabat di rumah yang menantikan kepulangan Anda membawa berbagai jajanan dan bumbu masak yang berlimpah. Tanpa buang waktu lagi sebagaimana Anda harus segera pulang, ini dia berbagai pilihan suvenir untuk dibawa dari Thailand!

1. Ketan mangga 

Camilan yang satu ini sudah disepakati sebagai salah satu jajanan terpopuler bagi turis dari mancanegara dan bahkan turis lokal sekalipun. Jika Anda sendiri belum sempat membelinya selama di Thailand, maka kini saat yang tepat untuk sekalian mencicipinya. Rasa gurih dan manis bersatu dengan pas dan segar. Pokoknya dijamin enak, deh!

Harganya pun murah, semurah 30-40 Baht. Jika dikonversi, jadinya cuma sekitar Rp13 ribuan hingga Rp14 ribuan saja. 

Belikan teman-teman di rumah beberapa variasinya sekaligus, ya, karena abang-abangnya di sana bisa memvariasikan jenis ketannya juga. Menarik, bukan?

2. Khanom Phing

Bentuknya bulat-bulat kecil dengan tekstur renyah di lapisan luar dan lembut di bagian dalam. Pertama kali diperkenalkan oleh pendatang dari Portugal pada abad ke-17, kini menjadi jajanan terpopuler di Thailand, baik anak muda maupun orang tua.

Diolah dari bahan utama santan kelapa, tepung tapioka, dan kuning telur, kue imut-imut yang biasanya berwarna merah muda keputih-putihan atau kecokelatan ini, akan meleleh di dalam mulut Anda. Jadi, tidak perlu dikunyah, deh.

Untuk paket 170g, Khanom Phing dihargai sekitar 55 Baht atau Rp25 ribuan. Khusus untuk oleh-oleh Thailand yang satu ini layak diberikan kepada orang yang benar-benar spesial di tanah air karena bentuknya yang menggemaskan dan karena harganya yang lebih mahal juga dibandingkan ketan mangga jadi harus dimaksimalkan manfaatnya, ya.

3. Kalamare

Kalamare yang dimaksud bukanlah nama desa di Afrika, melainkan nama jajanan di Thailand yang secara tradisional telah dianggap sebagai simbol keharmonisan pernikahan. Tidak mengherankan sebagaimana teksturnya yang lembut, lengket, dan manis seakan-akan sebuah harapan sepasang mempelai yang baru saja menikah.

Nah, bagi Anda yang sedang mengharapkan cinta seseorang, menghadiahinya dengan sebungkus Kalamare atau Kan-mare adalah langkah yang super tepat. Harganya bervariasi tergantung kepada ukuran yang dipilih, tetapi umumnya 30 Baht untuk ukuran yang kecil, yaitu sekitar Rp13 ribuan. Saat ingat pujaan hati, maka ingat Kalamare!

4. Bumbu masak ala Thailand

Pas banget untuk menyenangkan hati orang tua yang galau menantikan anaknya pulang dari liburan di Thailand. Umumnya sudah dikemas dalam botol kaca atau kemasan plastik kedap udara dan siap dibawa pulang, jadi Anda tidak perlu takut bocor atau aroma khasnya keluar dan mengganggu penumpang di pesawat.

Silakan datang langsung ke Pasar Chatuchak atau Pharurat untuk membeli sepaket bumbu masak seharga kisaran 50-300 Baht atau Rp22 ribuan hingga Rp140 ribuan tergantung dengan kuantitas dan kualitas rempah-rempah yang dipilih. 

Menariknya di sini, kita bisa mengecap seperti apa cita rasa dari bumbu masak keluarga pada umumnya di Thailand dan seberapa pedas cabai di sana. Jika mau bersabar sedikit, pedagang rempah-rempah di sana bisa membuatkan bumbu masak Pad Thai dan Tom Yum. Cocok untuk dijadikan tantangan memasak bareng si Mamah di dapur, nih!

Oleh-oleh Pajangan dan Perhiasan Imut-imut

Oleh-Oleh Thailand Perhiasan dan Pajangan

Pajangan dan perhiasan selayaknya melambangkan cita rasa seni yang kerap dipandang sebagai kemewahan. Oleh-oleh semacam ini sangat cocok diberikan kepada keluarga atau kerabat yang dihormati. Apa saja pilihannya?

1. Perhiasan perak khas Suku Karen

Di Indonesia ada Kotagede di Yogyakarta yang dikenal sebagai kota penghasil perhiasan perak, namun tentu sama menariknya jika kerabat di rumah bisa diberikan perhiasan perak dengan ciri khas Thailand. Lagipula pada dasarnya, siapa yang tidak senang diberikan perhiasan, bukan?

Di area Thailand Utara, terdapat suku yang terkenal piawai membuat perhiasan dari perak. Hasil kerja mereka lebih dikenal dengan merek produk Karen Hill Tribe Silver dan sudah terkenal di Asia Tenggara. 

Sebelum membelinya, Anda harus mewaspadai barang tiruannya dan sangat disarankan hanya untuk membeli yang asli di situs online mereka yang resmi. Namun jika ingin melihatnya langsung, Anda bisa mendapatkannya di Khao San Road, Silom Road, atau di Pasar Chatuchak. 

Harganya dimulai dari 180 Baht atau sekitar Rp82 ribu untuk desain dan paket ukuran yang lebih kecil.

2. Barang antik khas Thailand

Memang agak sulit untuk bisa membawa pulang barang pajangan antik dari Thailand karena adanya perundang-undangan yang melindungi harta nasional Negeri Gajah Putih itu. Namun, Anda bisa meminta bantuan penyalur resmi barang-barang antik dalam mengurus izin pembelian. Sebagai alternatif yang lebih mudah, membeli barang replika pun tidak masalah. 

Triknya, pilih barang replika yang mana berasal dari barang orisinal dengan nilai historis yang unik sehingga kita tetap bisa menceritakan kisah-kisah seru di baliknya bersama keluarga di rumah nanti.

Silakan meluangkan waktu di Silom Village atau Pasar Chatuchak sejenak untuk mendapatkan referensi barang-barang antik yang terbaik dengan kisaran harga dimulai dari 2.000 Baht atau Rp900 ribuan.

3. Pernak-pernik asli kebudayaan Thailand

Oleh-oleh yang satu ini sifatnya wajib dibeli, apa pun alasannya! Bagaimana lagi cara membuktikan bahwa Anda pernah ke Thailand jika tidak membeli pernak-pernik khas Negeri Gajah Putih itu sendiri?

Cobalah kunjungi mal-mal terdekat untuk melihat-lihat toko suvenir di sana. Dalam hal ini, lebih baik mengupayakan barang-barang yang bentuknya kecil saja, semacam gantungan kunci, dompet, celengan, bingkai foto, pajangan kecil berwarna-warni berbentuk gajah, atau mungkin miniatur kuil asli Thailand.

Sebagian sudah dikemas dalam paketan beberapa buah dengan harga yang lebih murah. Namun, jika Anda mau yang jauh lebih murah dan variatif lagi, silakan datang ke Pasar Chatuchak. Lebih bagus lagi jika Anda bisa datang di akhir pekan karena biasanya ada obral khusus pada hari itu. 

Harga kisaran untuk satu kemasan berisi beberapa pernak-pernik suvenir semacam ini dimulai dari 40 Baht atau sekitar Rp18 ribuan. Silakan borong semampunya mumpung murah meriah, tetapi usahakan juga jangan kebanyakan atau nanti Anda dikira mau jualan, deh ya!

Oleh-oleh Thailand Spesial Produk Kesehatan

Oleh-Oleh Thailand Produk Kesehatan

Artis-artis kenamaan ibukota Thailand zaman now terkenal dengan kulit mereka yang halus dan cerah. Bukannya tanpa alasan, produk kesehatan kulit di Thailand mungkin turut berandil di baliknya. 

Coba cek saja di daftar yang sudah Lifepal rangkum di bawah ini. Mungkin salah satunya ada yang Anda sudah incar juga selama ini, jika pun tidak, cocok untuk dijadikan oleh-oleh yang menarik untuk teman-teman di kampung halaman tercinta.

1. Tropicana Virgin Coconut Oil

Pengusaha di Thailand telah bekerja keras sepanjang tahun-tahun belakangan dalam memproduksi losion kesehatan kulit dan bahkan rambut. Bahan dasar yang mereka gunakan tidak lain adalah kelapa sebagaimana Thailand adalah produsen kelapa terbesar tiap tahunnya.

Pada dasarnya ke mana pun Anda pergi, ke pasar tradisional dan mal-mal sekalipun, produk-produk kesehatan berbasis kelapa semacam Tropicana Virgin Coconut Oil bisa ditemukan dengan mudah. Oleh-oleh dari Thailand ini cocok diberikan kepada ibu, saudara perempuan, dan teman-teman wanita yang mendambakan kulit sehat cerah.

Tidak mahal, Anda cuma perlu merogoh sekitar Rp30 ribuan dari kantong pribadi untuk sebotol 50ml Tropicana Virgin Coconut Oil yang dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit tangan, kaki, kuku, pelembap kulit kepala, dan bahkan pembersih make-up. Banyak sekali manfaatnya, bukan? Tidak heran produk ini terlaris di sana.

2. Produk spa buatan Thailand asli

Jika Anda mencari-cari oleh-oleh yang sifatnya bisa digunakan bersama-sama, maka Anda bisa membeli produk-produk spa. Variasinya ada banyak, mulai dari sabun aromaterapi, rendaman kaki, sabun cair scrub, atau Anda bisa memilih paket herba jika tidak mau repot memilah. Jika teman Anda adalah pria, belikan dia balsam pijat khusus untuk merelaksasi otot dan saraf.

Anda bisa datang ke gerai Bath & Bloom atau Harnn terdekat. Harga satuannya dimulai dari 40 Baht atau sekitar Rp18 ribuan. Boleh-boleh saja jika Anda tertarik membeli sepaket, tetapi tentu butuh pengeluaran lebih banyak.

Jika Anda memilih datang ke gerai Bath & Bloom, mungkin bisa sekalian cuci mata melihat-lihat produk kesehatan kulit yang lain sebagaimana mereka juga menyediakan produk aromaterapi, shower gel, dan sampo untuk pria dan wanita.

Oke! Simpan baik-baik tautan artikel ini untuk Anda jadikan referensi dan dibuka kembali di jalan ke pasar nanti. Jangan lupa menyiapkan bujetnya juga dari sekarang supaya tidak terlalu boros karena pasti banyak yang mau dibeli, bukan?

Satu lagi pesan dari Lifepal, jika Anda mau membawa oleh-oleh Thailand berjenis makanan lainnya, jangan lupa tanyakan perihal daya tahannya, ya. Sebagai perkiraan, lama perjalanan dari Bangkok ke Jakarta mencapai 3-4 jam. Maka dari itu, makanan yang Anda bawa pun harus bisa bertahan lebih lama dari itu. 

Oke deh, jangan ada barang yang ketinggalan dan semoga selamat sampai di tujuan! Jangan sungkan untuk cek di Lifepal untuk mendapatkan tips-tips liburan hemat lainnya, ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →