Gak Kalah dari Bule, 6 Orang Indonesia Ini Ternyata Juga Punya Pulau

[TEMPO/Subekti]

Bukan cuma orang bule yang punya pulau pribadi, orang Indonesia juga banyak. Beberapa di antaranya pernah jadi pejabat negara.

Gak cuma buat santai-santai di akhir pekan, pulau pribadi juga bisa disewakan atau dibangun ulang buat jadi sarana hiburan. Bisa dibilang ini juga jadi aset yang menjanjikan banget.

Penasaran dengan para orang tajir Indonesia yang punya pulau? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Mantan Gubernur Jakarta yang masih mendekam di penjara  Mako Brimob ini dikabarkan memiliki pulau pribadi di kampung halamannya, Belitung Timur.

Dikabarkan, Ahok menguasai Pulau Nepi atas nama adiknya.

Berdasarkan keterangan dari keluarganya pada 2013, Ahok juga punya Pulau Lindung dan Pulau Kenek.

Wow banyak banget ya!

2. Yusril Ihza Mahendra

https://www.instagram.com/p/Bj3_rzJnS1V/?hl=en&taken-by=yusrilihzamhd

Pakar hukum tata negara yang pernah menjabat jadi Menteri Sekretaris Negara ini juga punya pulau di Belitung Timur. Cukup mengejutkan karena pulau pribadi Yusril lebih banyak dari Ahok yang pernah jadi Bupati di sana.

Menurut laporan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Belitung Timur pada 2016 lalu, Yusril tercatat punya 26 pulau di Beltim.

Beberapa di antaranya adalah Pulau Memperak dan Airmasin. Di Memperak, Yusril juga punya kebun kelapa dan villa.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Pada tahun 2016, Yusril pernah mengatakan pada media bahwa punya pulau pribadi di Belitung adalah hal biasa. Nelayan aja kabarnya bisa punya pulau, katanya.

3. Surya Paloh

Selain punya jet pribadi, pemilik Media Group ini juga punya pulau pribadi. Pulau itu terletak di Kepulauan Seribu, bernama Pulau Kali Age.

Pulau itu sering jadi tempat peristirahatan Ketua Umum Partai Nasdem ini.

Meski pulau pribadi, tapi pantainya tetap terbuka bagi masyarakat umum. Jumlahnya mencapai 40 persen. Sisanya jelas gak boleh dimasuki, termasuk vila yang ada di tengah pulau.

4. Susi Pudjiastuti

Meski cukup gencar melakukan penertiban terhadap pulau-pulau pribadi, Menteri Perikanan dan Kelautan RI Susi Pudjiastuti juga punya tuh.

Letak pulau milik Susi ada di wilayah Aceh, dan namanya adalah Pulau Susi.

Kabar mengenai kepemilikan pulau ini emang sempat menuai kontroversi. Namun Susi mengatakan dia gak pernah memanfaatkan pulau tersebut buat kepentingan bisnis seperti membangun cottage, hotel, dan sebagainya. Susi memanfaatkan pulau itu buat menetaskan lobster-lobster dari Pangandaran.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Katanya, pulau itu adalah hadiah dari pemerintah sebagai balas jasa karena dia bangun masjid.

5. Tomy Winata

Pengusaha sukses di bidang properti yang masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia ini juga memiliki pulau. Pulau itu bernama Pulau Bule, terletak di Lampung.

Kepemilikan Tomy atas pulau pribadi itu kabarnya menjadi bagian dari rencana bisnisnya dalam membangun resor megah.

6. Soeharto

Meski pak Harto udah tiada, tapi kamu masih bisa menyaksikan salah satu kejayaan milik keluarga cendana di Kepulauan Seribu, lebih tepatnya di Pulau Bulat.

Pulau yang gak berpenghuni itu merupakan tempat yang paling pas buat menikmati sunset dan sunrise, juga keindahan alam lainnya. Pulau tersebut dikelilingi tembok pemecah ombak, dan menjadi salah satu tempat peristirahatan mantan Presiden Soeharto.

Sesuai dengan namanya, bentuk pulau ini ya bulat gitu. Luasnya mencapai 1,28 hektare. Kira-kira dalam waktu 15 menit kamu udah bisa mengelilingi pulau ini.

Pada akhir 2016, media melaporkan bahwa pulau ini ditelantarkan. Fasilitas dan bangunan di pulau ini mulai terlihat rapuh.

Itulah enam orang Indonesia yang memiliki pulau pribadi. Apa kamu tertarik punya properti yang sama? Atau malah menganggap pulau gak boleh dimiliki satu orang aja?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →