Terkuak! Rahasia Sukses Orang Terkaya di Indonesia Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono jadi pusat perhatian setelah ikut berjuang meraih medali di cabang olahraga bridge pada Asian Games 2018.

Berpasangan dengan Bert Toar Polii, keduanya berhasil meraih medali perunggu dengan total 60 ribu poin. Keikutsertaannya ini menjadikan Bambang sebagai pemain tertua dalam ajang Asian Games, yaitu usia 78 tahun.

Kiprahnya dalam dunia bridge bukanlah hal baru. Ia telah menggeluti bridge selama lebih dari tujuh dekade atau sejak tahun 1950-an.

Ia pun pernah mengikuti sejumlah turnamen meliputi Bridge Series Championships 2010 di Philadelphia, Amerika Serikat dan 2014 di Sanya, China, World Team Championships di Sao Paolo Brasil 2009, Veldhoven-Belanda 2011, Bali 2013, dan Chennai India.

Sebelumnya, Michael Bambang Hartono dikenal sebagai konglomerat Indonesia. Bersama saudaranya, Budi Hartono, keduanya masih menempati posisi orang terkaya di Indonesia hingga saat ini.

Dilansir dari Forbes, total kekayaan Bambang Hartono mencapai USD 11,6 miliar atau setara Rp 170 triliun. Jumlah kekayaan tersebut didapat dari sejumlah bisnisnya seperti Bank BCA dan grup Djarum.

Meski sembilan tahun berturut-turut berhasil jadi orang terkaya di Indonesia, Bambang Hartono pernah mengalami kebangkrutan hingga menjadi titik terendahnya. Pada 1960, pabrik rokok milik keluarganya terbakar habis. Tak lama dari peristiwa tersebut, sang ayah meninggal dunia.

Gigih perjuangkan visi

Selain sebagai peserta turnamen bridge, Bambang juga menjadi tokoh yang memperjuangkan cabang olahraga tersebut dilombakan di Asian Games. Sudah sejak lama ia mencoba menepis anggapan miring bridge yang sering diasosiasikan sebagai judi.

Padahal, menurut Bambang, bridge dapat menjadi latihan ideal untuk meningkatkan kemampuan memori otak serta melatih pengambilan keputusan yang tepat untuk diaplikasikan dalam berbagai bidang, termasuk dunia bisnis.

Setelah tembus Asian Games, Bambang juga berhasil meyakinkan Presiden Komite Olimpiade Asia (OCA) Sheik Ahmed Al-Fahad Al-Sabah untuk menyertakan bridge pada ajang Olimpiade.

Terus  berinovasi

Bersama sang adik, Bambang Hartono berhasil mengubah usaha kecil yang hampir bangkrut menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.

Untuk membuat perusahaan keluarganya bangkit dari keterpukuran, Bambang dan Budi Hartono melakukan inovasi besar-besaran dengan memodernisasikan seluruh peralatan di pabrik rokoknya.

Perubahan tersebut berhasil membuat Djarum mengekspor produknya ke berbagai negara di luar negeri. Ini membuat Djarum sebagai salah satu perusahaan rokok di Indonesia penyumbang cukai tertinggi bagi APBN Indonesia.

Disiplin dan pantang menyerah

“Gagal sering gagal, cuma jangan lupa motto saya never give up. Jadi jangan menyerah, saya fighter,” kata Michael Bambang Hartono.

Bambang mengaku sering alami kegagalan baik dalam berbisnis maupun dalam beraksi di bidang bridge. Tapi kegagalan tak menghambat upayanya untuk bangkit kembali. Menurutnya, selama berusaha, risiko gagal dapat diminimalisasi.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Di sisi lain, Bambang meyakini tak ada keberhasilan tanpa sikap disiplin. Ia mengaku saat ingin berhasil, ia bisa membaca lebih dari lima buku dalam satu minggu. Mulai dari buku hobi hingga ekonomi.

Jadikan uang penghasil uang

Bersama Budi Hartono, Bambang menguasai lebih dari setengah saham BCA. Mereka juga memiliki perkebunan sawit seluas 65 ribu hektare di Kalimantan Barat, serta sejumlah properti, termasuk di antaranya Grand Indonesia.

Gak cukup tanam saham di Indonesia, Bambang juga masuk dunia bisnis di luar negeri. Ia menjadi salah satu pemegang saham Razer Inc., perusahaan perangkat game asal San Fransisco, Amerika Serikat.

Gemar beramal

Saat mengikuti pertandingan bridge, Bambang telah berjanji akan menyumbangkan hadiah yang ia terima jika berhasil mendapat medali. Menurutnya uang tersebut dapat digunakan untuk pembinaan olah raga di Tanah Air yang terbilang mahal.

Keluarga Hartono memang terkenal gemar beramal. Melalui Djarum Foundation, Hartono telah menyelenggarakan sederet kegiatan sosial mulai dari donor darah, beasiswa pendidikan, hingga penggalangan operasi katarak gratis.

Itulah rahasia sukses Michael Bambang Hartono. Meski usianya udah gak muda lagi, semangatnya berbisnis maupun berolahraga patut diacungi jempol nih. Semoga menginspirasi!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →