4 Tempat Beli Parcel Lebaran Harga Terjangkau [Plus Tipsnya]

parcel lebaran

Tak hanya baju baru, parcel Lebaran juga menjadi incaran banyak orang sebagai hantaran untuk orang terdekat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Parcel sering diberikan ketika bulan Ramadan dan saat Lebaran. Sering juga menjadi kewajiban dari atasan kepada bawahan dalam pekerjaan.

Diberikan dengan rasa ikhlas dan silaturahmi, umumnya mereka memberikan parcel atau bingkisan kepada kerabat, maka kita telah membagikan kebahagiaan kepada setiap orang yang menerimanya.

Saat ini di pasaran sudah banyak parcel Lebaran yang dikemas praktis dan tinggal memilih sesuai selera. Hanya saja, banyak orang yang lebih senang berbelanja isi parcel sendiri lalu membungkus sendiri untuk dibagikan kepada sanak saudara, asisten rumah tangga, hingga satpam dan sopir di rumah.

Jenis parcel Lebaran yang ditawarkan pun beraneka ragam, mulai dari parcel makanan dan minuman, parcel kue kering, peralatan rumah tangga, hingga aksesori religi.

Momen ini dimanfaatkan sebagian pihak untuk membuka bisnis dadakan, yaitu jualan parcel. Meski termasuk bisnis musiman, usaha satu ini cukup menjanjikan lho.

Apalagi kalau kamu bisa menjual parcel dengan sesuatu yang unik, dan menarik. Wah, dijamin bakal laris manis deh!

Nah, biasanya orang sudah mulai berburu parcel itu satu hingga dua minggu sebelum Lebaran atau saat THR udah turun.

Karena itu, kali ini Lifepal.id ingin memberikan beberapa rekomendasi tempat beli parcel Lebaran yang bisa jadi pilihanmu. Tenang, harganya pun aman di kantong dan dijamin gak bikin THR kamu ludes.

Di mana saja tempatnya? Berikut ini lima di antaranya.

1. Situs jual beli jadi pilihan tempat beli parcel lebaran

parcel lebaran
Beli di toko online (Instagram/@tokopedia)

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memang memudahkan masyarakat dalam beraktivitas.

Tak hanya dapat dengan mudah mendapatkan transportasi online, kamu juga bisa pesan makanan hingga beli apapun dengan hanya mengandalkan internet dan smartphone. Salah satunya adalah membeli parcel Lebaran.

Nah, kamu bisa mencari parcel Lebaran yang sesuai dengan kebutuhan di berbagai situs jual beli atau e-commerce di Indonesia, seperti Tokopedia, Blibli, Shopee, Jd.id dan lainnya.

Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Tergantung dari jenis parcel yang kamu pilih.

Produk parcel yang dijual juga sangat beragam, mulai dari sembako, makanan ringan, kue kering, barang pecah belah, aksesori religi dan lain sebagainya.

Salah satu contohnya adalah di Tokopedia yang menjual parcel mulai dari Rp 50 ribu dengan berbagai ukuran, mulai dari yang mini hingga yang besar lengkap dengan kartu ucapannya.

2. Supermarket

parcel lebaran
Beli di supermarket (Instagram/@transmartcarrefour)

Tak hanya banyak dijual di situs jual beli, kamu juga bisa menemukan tempat jual parcel Lebaran di supermarket-supermarket yang tersebar di seluruh Indonesia. Misalnya Giant, Carrefour, Hypermart dan sebagainya.

Yang menarik, parcel Lebaran yang dibeli di supermarket bisa di custom artinya untuk isi parcel kamu bisa pilih sendiri sesuai keinginan. Asyik banget kan, jadi bisa kamu sesuaikan dengan bujet.

Kalau pun ingin membeli paketan, harga yang ditawarkan juga mulai dari Rp 50 ribu. Jadi, benar-benar aman banget di kantong.

Contohnya, Carrefour yang menawarkan paket parcel lebaran mulai dari Rp 40 ribu dengan beragam paket parcel, seperti sembako, barang pecah belah hingga makanan dan minuman ringan.

3. Toko kue

parcel lebaran
Beli di toko kue (Instagram/@harvestcakes)

Kini juga banyak sekali toko kue yang menjual parcel khusus selama bulan Ramadan. Soal rasa mah tentunya udah gak perlu diragukan lagi. Namanya juga toko kue.

Nah, biasanya mereka menjual cookies dengan berbagai varian rasa dengan kemasan yang sangat cantik. Namun, untuk harga biasanya mereka mematok mulai dari Rp 300 ribu hingga jutaan rupiah.

Salah satu toko kue yang gak mau ketinggalan mengeluarkan bingkisan alias parcel  adalah The Harvest yang menawarkan bermacam-macam kukis di dalam kaleng. Harganya mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 2,8 juta.

4. Beli di pasar

parcel lebaran
Beli di pasar (Instagram/@kiboparcelcikini)

Sejak zaman dulu, Pasar Cikini menjadi salah satu tempat yang menjual beraneka ragam parcel, dari yang kecil hingga besar dengan pilihan produk yang juga banyak.

Meski sudah tak sebanyak dulu, tapi masih ada beberapa pedagang yang berjualan parcel di pinggir stasiun kereta Cikini. Tapi selain Cikini, kamu juga bisa membeli paket parcel di Pasar Senen, Jatinegara dan lainnya.

Untuk kisaran harga yang mereka tawarkan umumnya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Balik lagi, semua tergantung dari ukuran serta produk apa yang kamu pilih. Biasanya parcel barang pecah belah itu akan lebih mahal ketimbang makanan ringan.

Itulah empat tempat beli parcel Lebaran yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kapasitas kantongmu. Lagipula gak perlu gengsi kasih parcel murah, karena yang terpenting itu kan niatnya. Setuju?

Tips sebelum membeli

Nah, jika sudah mengetahui di mana beli parcel Hari Raya, kamu juga harus memerhatikan tips sebelum membelinya.

1. Perhatikan tanggal kedaluwarsa produk

Ini merupakan poin penting yang harus kamu perhatikan sebelum membeli parcel. Kamu harus memerhatikan betul tanggal kedaluwarsa minimal satu tahun.

Karena bingkisan dijual dalam bentuk paket berisi beberapa jenis makanan, maka pastikan kamu mengecek satu per satu tanggal kedaluwarsa makanan tersebut. Akan lebih baik lagi kalau kamu membeli di tempat yang sudah terpercaya.

2. Pastikan seluruh isi parcel berlabel halal dari MUI

Yang namanya paket Hari Raya tentu diberikan untuk mereka umat Muslim. Karena itu, pastikan produk yang hendak kamu beli telah mendapat label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kalau ada produk dalam parcel yang belum mendapat label halal tersebut, lebih baik ganti dengan produk yang lain.

3. Pastikan kemasan produk bagus dan tidak cacat

Kamu juga harus memastikan kondisi produk dalam gift yang dibeli masih bagus. Baik dari segi kemasan dan tampilan produk.

Pastikan tidak ada produk yang bocor atau berubah warna. Jangan sampai kamu memilih produk yang kemasannya sudah penyok.

4. Hindari membeli produk dari luar negeri

Memberi parcel berisi aneka kue dan minuman dari luar negeri terasa istimewa dan unik. Eits, tunggu dulu! Tidak semua makanan dari luar negeri cocok dengan lidah orang Indonesia.

Selain itu, produk luar negeri sulit dilacak status halal produknya. Karena itu, lebih baik membeli produk dalam negeri yang memiliki cita rasa pas dengan lidah orang Indonesia, pasti halal, dan aman di kantong.

5. Perhatikan kualitas isi parcel

Sebelum membeli bingkisan Hari Raya, cermati terlebih dahulu. Pasalnya, bingkisan itu diberi untuk mempererat tali persaudaraan dan menyenangkan sang calon penerima, jadi jangan sampai kamu memberikan yang isinya asal-asalan.

Minimal terdapat kue dan sirup atau minuman yang sudah jelas cita rasanya. Kalau kamu membeli parcel yang asal murah, bisa-bisa bingkisan pemberianmu malah cuma jadi pajangan.

Jadi, sudah siap berburu bingkisan Hari Raya? (Editor: Ruben Setiawan)