Pasang Peredam Mobil, Ini Keuntungan dan Kerugiannya

pasang peredam mobil

Pasang peredam mobil saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Pasalnya dengan memasang peredam maka suara mesin atau kebisingan dari luar bisa teredam. 

Peredam membuat berkendara jadi lebih nyaman dan fokus karena tidak teralihkan dengan suara-suara yang mengganggu. Pun begitu, bukan berarti suara dari luar benar-benar boleh tidak terdengar sama sekali. 

Kondisi mobil yang senyap malah bisa membahayakan pengemudi mobil. Seperti kamu jadi tidak mendengar suara klakson atau suara peringatan bahaya selama di jalan raya. 

Biaya pasang peredam mobil

Bila nggak punya waktu luang untuk mengerjakan sendiri, kamu bisa memakai jasa pasang peredam mobil atau tempat service audio mobil

Dengan menyerahkan pada ahlinya, risiko kerusakan lain setelah pemasangan peredam bisa dihindari. 

Sebagai gambaran, mengutip dari Otomotifnet, pemasangan peredam suara untuk full bagian kabin Toyota Avanza bisa menghabiskan 34 lembar jenis aspal dengan ketebalan 2 mm-3 mm. Dengan estimasi harga per lembar Rp120 ribu. 

Seluruh lembaran tersebut dipasang mulai dari atap, pintum, hingga lantai dasar. Rinciannya 10 lembar di bagian atap utuh, bagian pintu menghabiskan 12 lembar dan untuk dasar 12 lembar. 

Perkiraan biaya yang dihabiskan, di luar jasa pemasangan, sekitar Rp4.080.000 full untuk kabin Toyota Avanza. 

Sedangkan untuk pemasangan peredam mobil dengan merek Ziebart, estimasi harga pasang peredam mobil, sebagai berikut: 

Ukuran Harga paket peredam suara mobil 
SmallRp2,4 juta 
MediumRp2,65 juta 
LargeRp2,85 juta 
Premium Rp3,1 juta 

Jenis peredam mobil

Mobil yang dipasang peredam suara, keuntungannya kualitas audio dalam mobil jadi lebih maksimal. Karena tidak terganggu dengan suara bising dari mesin atau dari luar kendaraan. 

Namun, sebelum memutuskan untuk memasang peredam mobil, ada baiknya kamu kenali dulu jenis peredam mesin mobil yang ada di pasaran. Dengan begitu, bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu saat ini. 

1. Bahan jelly 

Peredam suara untuk mobil jenis jelly ini dilapisi alumunium foil, yang juga berfungsi untuk meredam panas. 

Di pasar jenis jelly termasuk yang paling laris atau banyak peminatnya. Bisa jadi karena jenis ini pemasangannya cukup mudah dan nggak perlu pakai lem lagi. Selain itu bobotnya juga ringan. 

2. Bahan aspal 

Bila dibanding dengan jenis jelly, bobot peredam jenis aspal lebih berat yaitu sekitar 2,4 kg. Selain itu pemasangannya pun memakan proses lama karena harus menggunakan lem dan juga pemanas. 

Saat pemasangannya pun harus dilakukan dua lapis, jadi sudah pasti kualitas redam suaranya lebih tinggi dibanding jenis jelly. 

3. Bahan busa 

Jenis satu ini termasuk memiliki kualitas yang tinggi dalam meredam suara. Meski unggul dalam meminimalisir suara, namun kelemahan dari peredam mobil jenis busa ini adalah tidak bisa meredam panas mesin kendaraan. 

4. Bahan rubber butyl 

Kelebihan dari material rubber butyl ini adalah nggak gampang meleleh saat dipakai dan bisa menjaga ketahanan panas agar nggak merambat. 

Dibanding jenis aspal, yang berpotensi mengeluarkan gas hidrogen sulfida dan bisa terhirup penumpangnya, jenis rubber butyl jauh lebih aman. 

Bahan Rubber Butyl sering ditemukan pada berbagai jenis peredam, termasuk peredam lantai mobil maupun pintu mobil.

Keuntungan dan kerugian pasang peredam mobil

Menggunakan peredam kabin mobil bisa mendatangkan manfaat positif, namun di satu sisi juga bisa menimbulkan risiko negatif. Apa saja keuntungan dan kerugiannya? 

No.KeuntunganKerugian
1Terhindar dari kebisingan di jalan raya dan lebih fokus berkendaraBerpotensi tidak bisa mendengar suara bahaya di luar
2Audio mobil terdengar lebih maksimal dan berkualitasBobot mobil bertambah karena material peredam
3Penumpang bisa beristirahat dengan lebih nyamanEngsel mobil cepat rusak karena bobot peredam yang berat

Itulah perbandingan keuntungan dan kerugian yang akan dirasakan ketika memasang peredam mobil. Sebelum memutuskan untuk menggunakan peredam, sebaiknya peritmbangkan dulu poin-poin pada tabel di atas.

Cara pasang peredam mobil sendiri 

Jika kamu ingin memasang peredam mobil tapi nggak punya biaya untuk pasang di bengkel audio, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah lho

Banyak tutorial yang bisa diikuti untuk pasang peredam suara mobil tanpa harus ke bengkel. Berikut ini cara pasang peredam mobil sendiri. 

Tentukan titik yang akan dipasang peredam

Sebelumnya tentukan terlebih dulu titik dalam kabin yang akan dipasang peredam. Jika sudah ditentukan, kamu bisa mulai memasang peredam suara untuk mobil yang sudah dibeli. 

Lepas benda-benda di dalam kabin

Supaya terhindar dari kerusakan yang bisa saja terjadi pada benda sekitar, sebaiknya sebelum pengerjaan lepas dulu jok, karpet, konsol atau benda-benda yang ada di bagian dasar kabin.

Pastikan tidak ada kabel yang terputus saat kamu melepas semua bagian tadi. Perhatikan dan ingatlah tiap kabel yang ada di bagian samping trim. Agar saat pemasangan kembali tidak ada masalah pada mobil kamu. 

Bersihkan titik 

Bersihkan titik yang akan dipasang peredam suara untuk mobil, agar tidak mengganggu pada saat pengerjaan. Apalagi saat proses penempelan, pastikan area tersebut sudah bersih agar peredam suara tetap awet selama digunakan 

Pasang peredam 

Setelah semua dilewati, tandanya kamu sudah bisa mulai memasang peredam di bagian yang ditentukan tadi. Pastikan lem atau alat perekat peredam suara sudah terpasang dengan kuat dan tidak mudah lepas. 

Pasang kembali bagian-bagian yang tadi dilepas seperti model jok mobil, karpet, konsol dan sebagainya, setelah peredam berhasil dipasang. Pastikan semua bagian tadi terpasang sempurna dan terpasang kuat. 

Rekomendasi peredam mobil terbaik

Ada banyak peredam suara untuk mobil yang bisa dipilih di pasaran. Berikut rekomendasi peredam mobil terbaik yang bisa jadi pilihan: 

1. Nitto 

Dua produk terbaru keluaran Nitto yaitu Legetolex D-300N untuk meredam getaran dan EPT-Sealer 686 untuk peredam suara sekaligus panas. Peredam Nitto bisa mengurangi kebisingan dalam kabin hingga 25db. 

Kelebihan dari peredam impor ini adalah bobotnya yang ringan, sehingga tidak membuat mobil jadi berat yang ujungnya berpengaruh pada penggunaan bahan bakar. 

Karena kualitasnya tersebut, Nitto yang sudah ada sejak 20 tahun lalu di Indonesia ini mematok harga pasang peredam mulai dari Rp10 juta-Rp20 juta. Paket peredam ini bersifat permanen, artinya mahal tapi bisa dipakai selama mungkin. 

2. Noisekill

Merek peredam suara untuk mobil lainnya adalah Noisekill yang menggunakan material rubber butyl atau karet butyl yang anti leleh. Dibanding dengan aspal yang gampang meleleh dan bisa mengeluarkan gas hidrogen sulfida berbahaya, bahan rubber butyl jauh lebih aman. 

Tak hanya itu, jenis material ini pun bisa juga efektif meredam panas. Selain bahan karet butyl, Noisekill juga menawarkan pilihan bermaterial busa dan alumunium foil. 

3. Standartplast 

Peredam suara mobil dari RUsia ini juga memakai material rubber butyl untuk produknya. Memiliki ketebalan 1,6 mm untuk produk Autofun, Standartplast merancang peredam mobilnya dengan bahan dasar karet yang dilapisi alumunium foil. 

Sehingga tiap lapisan peredamnya mampu mereduksi suara bising hingga 20 persen, membuat mobil kedap suara

4. Vtech 

Peredam suara untuk mobil lainnya adalah Vtech yang menggunakan material alumunium foil dan mengklaim produknya tidak mudah terbakar. 

Selain itu, produk ini juga tahan panas hingga 800 celcius dan mampu meredam suara bising dari luar. Dibanding kompetitor, Vtech menawarkan harga yang cukup murah mulai dari Rp350 ribu hingga Rp500 ribu.  

Bengkel peredam mobil Jakarta

Seperti yang disampaikan sebelumnya, sebaiknya lakukan pemasangan peredam di bengkel. Ada beberapa pilihan bengkel tempat pasang peredam mobil terdekat di Jakarta. Berikut ini daftarnya. 

Nama BengkelAlamatKontak
Care.NoiseBlok, Jl. Taman Surya Bulevar 1 Blok J2 No.2C, RT.9/RW.15, Kalideres, West Jakarta City, Jakarta 118300817-0845-666
ZX AudioJl. Petojo Sabangan I No.30, RT.4/RW.5, Petojo Sel., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 101600857-9999-9298
Senen Jaya Variasi MobilJl. Kramat Raya No.30B, RT.5/RW.7, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 104200812-8415-259

Miliki asuransi sebagai solusi biaya perbaikan kendaraan

Maksud hati ingin membuat nyaman saat berkendara dengan memasang peredam suara, namun karena ada efek yang mungkin ditimbulkan, ada baiknya untuk berhati-hati. 

Selain itu, sebaiknya kamu juga mempersiapkan diri dengan asuransi kendaraan sebagai solusi biaya perbaikan. 

Setidaknya ada beberapa keuntungan yang kamu dapat dengan memiliki asuransi kendaraan, terutama asuransi dengan jaminan lengkap yaitu asuransi mobil all risk.

Tips dari Lifepal! Asuransi memberikan proteksi terhadap risiko yang mungkin terjadi, bahkan akan menanggung kerusakan yang terjadi pada kendaraan kamu dan pada pihak ketiga yang terlibat dalam kecelakaan tersebut. 

Tertarik mulai menggunakan asuransi mobil? Cari tahu dulu premi yang perlu dibayarkan dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

Pertanyaan seputar pasang peredam mobil

Perkiraan biaya yang dihabiskan, di luar jasa pemasangan, sekitar Rp4.080.000 full untuk kabin Toyota Avanza. Sedangkan untuk pemasangan peredam mobil dengan merek Ziebart, estimasi harga pasang peredam mobil, sebagai berikut mulai dari Rp 2,4 juta untuk mobil kecil.
Penting, karena asuransi mobil akan melindungi finansial kamu dari biaya-biaya tak terduga seperti biaya kerusakan mobil yang cukup mahal. Temukan pilihan asuransi mobil terbaik dan termurah di Lifepal!
Dapatkan Promo