Mengenal Definisi Pasar Persaingan Sempurna

toko baju

Kita yang sedang belajar ekonomi mikro pasti pernah atau akan mendengar mengenai konsep pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar teoritis yang memenuhi sejumlah kriteria.

Kriteria itu, menurut Investopedia, antara lain semua perusahaan menjual produk yang identik atau sama. Di samping itu, semua perusahaan adalah pihak yang menerima harga (price takers). Dengan kata lain, perusahaan itu tidak bisa memengaruhi harga pasar atas produk mereka.

Perusahaan-perusahaan tersebut juga bisa masuk atau keluar ke pasar tanpa biaya. Di sisi permintaan, pembeli memiliki informasi yang lengkap atau “sempurna” di masa lalu, masa kini, dan masa depan tentang produk yang dijual dan harga yang ditetapkan oleh perusahaan. 

Pasar persaingan sempurna bisa dibandingkan dengan konsep pasar yang lebih realistis, yaitu pasar persaingan tidak sempurna. Pasar persaingan sempurna dianggap sulit ditemukan di dunia nyata, namun contoh penerapannya sering ditemukan dalam praktik sehari-hari.

Kendati contoh pasar persaingan sempurna sulit ditemukan di dunia nyata, Investopedia menyebut produk komoditas, seperti minyak dan gandum, adalah contoh yang paling mendekati.

Sistem Kerja Pasar Persaingan Sempurna

Pada dasarnya, pasar persaingan sempurna secara teoritis merupakan kebalikan dari monopoli atau situasi yang mana hanya ada satu perusahaan yang menawarkan barang atau jasa. Perusahaan itu dapat mengubah harga semau mereka karena konsumen tidak memiliki alternatif. Di pasar monopoli, pesaing atau kompetitor sulit untuk masuk ke pasar.

Sementara itu di pasar persaingan sempurna ada banyak pembeli dan penjual. Harga di pasar tersebut merupakan refleksi dari penawaran dan permintaan yang ada. Perusahaan menghasilkan keuntungan yang cukup untuk bertahan di bisnis tersebut dan tidak lebih. 

Jika perusahaan menghasilkan keuntungan yang berlebih, maka perusahaan lain akan memasuki pasar dan mengakibatkan turunnya profit.

Pasar yang Homogen

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pasar persaingan sempurna memiliki jumlah penjual dan pembeli yang banyak. Penjual adalah perusahaan-perusahan kecil, bukan perusahaan besar yang mampu mengendalikan harga melalui penyesuaian penawaran.

Perusahaan-perusahaan kecil itu menjual produk dengan perbedaan yang minimal dalam hal kapabilitas, fitur, dan harga. Hal tersebut sekaligus memastikan bahwa pembeli tidak bisa membedakan produk berdasarkan atribut fisik, seperti ukuran, warna, atau nilai yang tidak terlihat seperti branding.

Populasi penjual dan pembeli yang besar memastikan bahwa penawaran dan permintaan tetap konstan dalam pasar ini. Dengan demikian, pembeli bisa dengan mudah mengganti produk yang dibuat oleh satu perusahaan dengan perusahaan yang lain.

Ketersediaan Informasi dan Kontrol dari Pemerintah

Dalam pasar persaingan sempurna, informasi tersedia secara merata dan bebas untuk pelaku pasar. Hal ini memastikan perusahaan bisa memproduksi barang dan jasa di harga yang sama dan dengan teknik produksi yang sama di pasar.

Dalam pasar persaingan sempurna, masuk atau keluarnya perusahaan ke pasar tidak diatur oleh pemerintah sehingga menyebabkan perusahaan bebas untuk menggunakan tenaga kerja dan aset modal tanpa batasan. Hasil produksi mereka juga disesuaikan dengan permintaan pasar.

Namun di pasar persaingan tidak sempurna, pemerintah memainkan peran yang penting dalam pasar dengan menerapkan regulasi dan mengendalikan harga. Mereka bisa mengendalikan masuk atau keluarnya perusahaan ke dalam pasar dengan menentukan regulasi. 

Transportasi yang Murah dan Efisien

Transportasi yang efisien dan murah adalah karakteristik lain dari pasar persaingan sempurna. Dalam pasar ini, perusahaan tidak dikenakan biaya yang signifikan untuk mengirim barang. Ini membantu perusahaan mengurangi harga produk dan memangkas penundaan dalam pengiriman barang.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Seperti disebutkan di atas, pasar persaingan sempurna merupakan konstruksi teoritis dan tidak ada dalam kenyataan. Dengan demikian, sulit menemukan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Kendati demikian, ada sejumlah contoh dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Seperti digambarkan oleh Investopedia, coba kita bayangkan mengenai pasar petani. Pasar itu dikarakteristikkan dengan jumlah pembeli dan penjual yang banyak. Secara umum, hanya sedikit diferensiasi antara produk dan harga mereka dari satu pasar petani ke yang lain. Asal-usul produk tidaklah penting (kecuali produk itu diklasifikasikan sebagai organik) dan hanya ada sedikit perbedaan dalam pengemasan serta branding produk.

Oleh karena itu, jika salah satu petani yang memproduksi barang untuk pasar itu keluar dari bisnis atau pasar, tetap tidak akan membuat perbedaan dalam hal harga rata-rata.

Keuntungan dari Keberadaan Pasar Persaingan Sempurna

Apakah perusahaan yang berada di pasar persaingan sempurna menghasilkan keuntungan? Jawaban pendeknya adalah tidak. Keuntungan mungkin bisa dihasilkan untuk periode yang pendek di pasar persaingan sempurna. 

Tapi dinamika pasar menghapuskan efek keuntungan itu dan membawa mereka ke arah ekuilibrium. Karena tidak ada informasi yang asimetris di pasar, perusahaan lain akan dengan cepat meningkatkan produksi mereka atau mengurangi biaya produksi untuk mencapai keseimbangan dengan perusahaan yang telah menciptakan keuntungan.

Yyuk cari tahu lebih banyak mengenai ulasan tentang riset pasar dan target pasar untuk pengembangan bisnis kita cuma di Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →