Cara Kerja Payment Gateway dan Keunggulannya

payment gateway proses

Payment gateway adalah sistem pembayaran modern dan canggih sebagaimana menawarkan proses kerja yang lebih simpel dan praktis.

Dalam transaksi fintech terkini, pembayaran dengan payment gateway berarti dilakukan melalui transfer bank, kartu debit, kartu kredit, atau dompet digital. Anda yang sering berbelanja online lewat e-commerce pasti mulai paham apa itu payment gateway, ‘kan?

Cara Menggunakan Payment Gateway

cara gunakan payment gateway

Dengan fungsi sebagai perantara antara e-commerce dengan bank, mekanisme penggunaan payment gateway sangat gampang, kok! Berikut langkah penerapannya.

  • Pelanggan memilih dan menentukan produk yang ingin dibeli di toko online berdasarkan informasi dari sumber yang disampaikan oleh koneksi sistem pembayaran ini.
  • Payment gateway meneruskan informasi tersebut ke prosesor pembayaran bank Anda.
  • Prosesor pembayaran meneruskan informasi ke penerbit kartu, misalnya MasterCard atau Visa.
  • Tahap akhir, prosesor pembayaran mengirim pesan ke payment gateway yang diteruskan ke situs milik pihak penjual dan pemilik kartu selaku pihak pembeli.
  • Transaksi berhasil, deh!

Keuntungan bagi Pemilik Toko Online dan Pembeli

keuntungan payment gateway

Dengan kemudahan penggunaan dan proses cepatnya, banyak keuntungan yang bisa didapatkan penjual dan pembeli lewat sistem pembayaran ini. Berikut keuntungan masing-masing pihak.

Keuntungan bagi pemilik toko

  • Kemudahan verifikasi pembayaran oleh konsumen dengan kartu debit ataupun kredit.
  • Meningkatkan efisiensi karena sistem ini mampu memproses transaksi secara masal.
  • Menjaga kredibilitas sebagai e-commerce tepercaya karena sistem ini bisa mendeteksi penipuan (fraud) lewat sistem enkripsi.
  • Dilengkapi dashboard atas transaksi yang terjadi sehingga membantu penjual dan pembeli dalam proses rekonsiliasi data penjualan, seperti laporan penjualan hingga pengembalian dana (refund).

Keuntungan bagi pembeli

  • Kemudahan dan kepraktisan saat bertransaksi.
  • Sistem pembayaran aman lewat teknologi enkripsi.
  • Sistem ini menjamin kerahasiaan informasi konsumen, terutama bagi pengguna kartu kredit.
  • Tidak perlu membuka situs penjual dan situs pihak ketiga (bank) saat membayar.

Standar Keamanan Payment Gateway

keamanan payment gateway

Walau didukung oleh teknologi yang canggih, tidak semua sistem pembayaran ini terbilang aman. Payment gateway yang tepercaya memiliki tiga prosedur standar keamanan untuk mengantisipasi pencurian data pelanggan, yaitu:

  • Address Verification System (AVS) yang memeriksa rincian tagihan pelanggan kemudian memverifikasinya dengan alamat yang terdaftar dalam kartu yang digunakan.
  • Card Security Code (CV2) adalah verifikasi yang mencocokkan tiga digit terakhir nomor kartu kredit atau debit yang dimasukkan pembeli.
  • 3D Secure Password untuk melakukan otorisasi pembayaran.

Ketitiga proses verifikasi ini akan dilalui setiap pembelian sebelum melanjutkan ke transaksi pembayaran demi memastikan kelancaran berbelanja dan keamanan bertransaksi.

Payment Gateway Populer di Indonesia

payment gateway di indonesia

Di Indonesia sendiri, sistem pembayaran tanpa uang tunai (cashless) ini tampaknya makin populer, terutama di kota-kota besar, seperti Jakarta. Anda yang ingin mencobanya bisa menggunakan beberapa aplikasi populer berikut.

1. FinPay

Anak usaha PT Telkom Indonesia ini melayani pembayaran online sejak 2012. FinPay juga bekerja sama dengan sejumlah bank di Indonesia, menggandeng Visa dan MasterCard, serta beberapa e-commerce seperti LivingSocial, Plase.com, dan Apps Foundry.

2. iPaymu

Selain melayani transaksi belanja online, iPaymu yang menggandeng 140 bank di Indonesia ini juga melayani sumbangan online, produk berlangganan, pengiriman uang, dan penarikan dengan tiga model bisnis yaitu solusi bisnis e-commerce, payment gateway, dan layanan merchant.

3. DOKU

Kalau yang ini merupakan penyedia jasa payment gateway pertama di Indonesia sejak tahun 2007. Selain payment gateway, DOKU juga memiliki fasilitas dompet digital. Lebih dari 20 penyedia jasa keuangan, termasuk ATM Bersama, BNI, BCA KlikPay, hingga minimarket seperti Alfamidi dan Lawson, sudah menjadi partner DOKU.

4. Faspay

Dalam situs resminya, Faspay mengeklaim telah melayani lebih dari satu juta transaksi online per tahun dengan nilai transaksi sekitar Rp900 miliar. 

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Seperti aplikasi lainnya, Faspay juga menggandeng beberapa perbankan BUMN dan swasta, termasuk Bank Mandiri dan Bank Danamon, LinkAja, hingga minimarket khusus kesehatan dan perawatan kecantikan Dan+Dan.

5. TrueMoney

TrueMoney melayani pembayaran elektronik lewat ponsel, situs, dan kartu. TrueMoney dianggap tepercaya karena memegang lisensi dari Bank Indonesia (BI) sebagai penyedia jasa uang elektronik dan jasa pengiriman uang yang bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia. 

6. Xendit

Xendit merupakan salah satu pemain baru di dunia payment gateway Indonesia sejak beroperasi pada tahun 2015. Meski baru, Xendit tidak kalah canggih dari para pendahulunya karena menawarkan sistem pendeteksi fraud seperti yang dimiliki Visa.

Nah, bagi Anda yang baru ingin mencoba tidak perlu khawatir dengan keamanannya karena BI telah mengeluarkan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017 mengenai Gerbang Pembayaran Nasional atau PADG GPN.

PADG GPN menjadi aturan pelaksanaan dari Peraturan Bank Indonesia No.19/8/PBI/2017 tentang GPN. Inisiasi ini bertujuan mewujudkan sistem pembayaran nasional yang lancar, aman, efisien, andal, serta terkoneksi.

So, amanlah mencoba payment gateway yang telah memiliki nama besar karena BI sudah menetapkan aturannya. Selamat mencoba, guys!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →