Pinjaman dari Pegadaian Lewat Gadai BPKB

variasi makan indomie

Pegadaian turut menawarkan dana segar bagi Anda melalui gadai BPKB. Pelaksanaan gadai BPKB bisa dilakukan siapa saja yang memiliki BPKB motor atau mobil.

Kebanyakan masyarakat lebih memilih menggadaikan BPKB karena risikonya yang lebih kecil bila dibandingkan menggadai jenis aset berharga lainnya. 

Walau layanan gadai bisa juga dilakukan melalui bank konvensional, tetapi banyak orang yang menghindarinya karena prosesnya yang rumit dan berbelit-belit. Proses gadai BPKB di Pegadaian lebih populer karena prosesnya yang lebih cepat dan mudah.

Prosedur Gadai BPKB di Pegadaian

pinjaman uang gadai bpkb

Andai Anda belum pernah ke Pegadaian, di sini kita bisa menggadai BPKB untuk mendapatkan pinjaman tunai. Cobalah ikuti ulasan cara-caranya di bawah ini.

1. Siapkan semua syarat yang dibutuhkan

Tidak sulit mengajukan gadai BPKB di Pegadaian. Anda hanya perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan BPKB. Siapkan semua dokumen itu dalam bentuk asli dan fotokopi.

Jika kendaraan yang tertera pada BPKB adalah milik pribadi, maka akan ada verifikasi lebih lanjut. Hal itu demi membandingkan BPKB dengan dokumen yang lainnya. 

2. Langsung datang ke kantor cabang Pegadaian

Setelah semua syarat lengkap, maka Anda bisa mendatangi kantor cabang Pegadaian terdekat. Kantor Pegadaian membuka layanannya setiap hari Senin-Jumat dari pukul 07.30-17.00 WIB

3. Isi formulir pengajuan

Di kantor Pegadaian, segera datangi loket untuk mengisi formulir pengajuan gadai BPKB. Isi formulir dengan teliti dan jangan sampai ada informasi yang terlewat atau terisi salah.

Jika sudah selesai, maka berikan formulir pengajuan tersebut disertai BPKB asli dan STNK asli kepada petugas di loket. Selanjutnya, petugas akan menaksir berapa nilai maksimum atas plafon pinjaman yang bisa Anda peroleh.

4. Menunggu persetujuan pinjaman

Selanjutnya, Anda akan dikabari terkait nominal pinjaman yang Anda dapatkan. Pada posisi ini Anda diminta untuk menentukan jangka waktu pinjaman yang disanggupi.

Setelah terdapat kesepakatan jumlah pinjaman dan tenor pelunasan, maka petugas Pegadaian akan memproses pengajuan gadai BPKB Anda dan memberikan surat bukti kredit yang harus ditandatangani di atas materai. 

Bacalah surat bukti kredit dengan saksama sebagaimana akan membutuhkan waktu untuk mempelajarinya. Jika sudah yakin, maka Anda bisa tanda tangani.

Terakhir, Anda diminta menunggu proses pencairan dana pinjaman. Dana pinjaman akan langsung ditransfer ke rekening pribadi Anda atau diberikan secara tunai.

Jenis-jenis Layanan Pegadaian Terkait BPKB

Jenis-jenis Layanan Pegadaian Terkait BPKB

Nyatanya ada empat jenis gadai BPKB di Pegadaian yang Anda bisa manfaatkan.

1. Kredit Cepat Aman (KCA)

Jenis produk gadai KCA ini menggunakan sistem konvensional. Dengan begitu ada sistem bunga yang akan dikenakan kepada Anda. Pada jenis gadai ini, Anda bisa menggadaikan BPKB motor atau mobil dengan memperoleh pinjaman dari Rp50 ribu sampai Rp500 juta, tapi maksimal pinjaman bisa mencapai Rp5 miliar. 

Jangka waktu yang diberikan dalam produk KCA adalah empat bulan dengan beban bunga 0,75% per 15 hari. Namun, Anda bisa memperpanjangnya hingga tidak ada batas waktu asalkan cicilan atau angsuran terus berjalan.

Prosedur pengajuan KCA cukup mudah, tidak perlu membuka rekening di bank. Pada saat mengajukannya, Anda cukup membawa:

  • Fotokopi KTP atau identitas terkait.
  • Menandatangani surat bukti kredit (SBK).
  • Menyerahkan BPKB dan STNK kendaraan asli sebagai jaminan.

Tanpa menunggu lama setelah menyelesaikan proses administrasi, dana pinjaman langsung ditransfer ke rekening pribadi atau diberikan secara tunai.

2. Gadai Rahn

Produk Rahn di Pegadaian menerima gadai BPKB motor atau mobil. Gadai Rahn menggunakan sistem syariah sehingga pelaksanaannya menggunakan syariat agama islam. 

Dana pinjaman yang diberikan Gadai Rahn mulai dari Rp50 ribu sampai Rp500 juta, tapi maksimal bisa mencapai Rp800 juta. Jangka waktu maksimal yang diberikan adalah 120 bulan atau setara 10 tahun. Masa jangka waktu pinjaman bisa diperpanjang, asalkan Anda bersedia membayar biaya tambahan. 

Pada saat mengajukan gadai Rahn, Anda cukup memberikan:

  • Fotokopi KTP atau kartu identitas lainnya.
  • Memiliki barang jaminan seperti BPKB dan STNK asli.
  • Menandatangani Surat Bukti Rahn (SBR). 

Prosedur pengajuannya sangat cepat dan mudah, karena prosedur peminjaman hanya cukup membutuhkan waktu 15 menit.

3. Gadai Krasida 

Layanan Gadai Krasida menerima gadai BPKB bermotor. Pinjaman dari produk gadai ini difokuskan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Pinjaman yang bisa diperoleh dari gadai Krasida mulai dari Rp1 juta sampai Rp250 juta, tetapi maksimal bisa mencapai Rp5 miliar. Jangka waktu pinjaman bisa memilih antara 6-36 bulan. Tarif sewa modal (bunga) yang diberikan cukup rendah, yaitu 1,25% per bulan. 

Proses pengajuan gadai Krasida sangat cepat, Anda hanya menyerahkan:

  • Fotokopi KTP dan fotokopi kartu keluarga (KK).
  • Menyerahkan barang jaminan berupa kendaraan bermotor atau perhiasan, dan dokumen penting kendaraan bermotor, seperti BPKB asli, fotokopi STNK, dan faktur pembelian.

Layanan gadai ini bisa dilunaskan sewaktu-waktu oleh peminjam, dengan pemberian diskon atas bunga. 

4. Gadai Arrum

Anda juga bisa menggadaikan BPKB motor atau mobil di Pegadaian melalui gadai Arrum. Gadai Arrum ini menggunakan sistem syariah untuk memudahkan para pengusaha kecil atau masyarakat yang membutuhkan modal untuk usaha. 

Besaran pinjaman yang bisa diperoleh dari gadai Arrum mulai dari Rp3 juta sampai Rp400 juta. Jangka waktu pinjaman yang diberikan 12-36 bulan. Pelunasan pada gadai ini bisa dilakukan sewaktu-waktu, asalkan peminjam memiliki dana yang cukup untuk langsung melunasinya.

Proses pinjaman di gadai Arrum hanya memerlukan waktu tiga hari sebelum pinjaman dicairkan. Jangan khawatir, pengajuan gadai Arrum sangat cepat dan mudah

Sebagai syarat-syarat bisa mengajukan pinjaman di gadai Arrum antara lain: 

  • Menyerahkan bukti usaha sendiri yang telah berjalan minimal selama satu tahun.
  • Fotokopi KTP dan KK.
  • Menyerahkan dokumen kepemilikan kendaraan bermotor, seperti BPKB asli, fotokopi STNK, dan faktur pembelian sebagai jaminan. 

Jadi kini Anda sudah tahu ada empat pilihan layanan yang bisa memberikan pinjaman dana segar dari Pegadaian lewat gadai BPKB. Pilihlah yang cocok dengan kriteria kebutuhan Anda dan jangan lalai untuk melunasi cicilannya, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →