6 Pekerjaan Ini Ternyata Gak Ada di 10 Tahun yang Lalu

driver online

driver online

Seiring berkembangnya teknologi, beberapa pekerjaan baru semakin bermunculan secara tak terduga. Ada yang sifatnya part time atau paruh waktu, ada juga yang full time alias penuh waktu.

Pekerjaan-pekerjaan ini berkutat di berbagai bidang, namun memang seluruhnya punya hubungan dengan teknologi. 

Dipastikan juga beragam pekerjaan yang baru yang dimaksud gak pernah ada  di Indonesia selama 10 tahun lalu. Penasaran? Yuk simak ulasannya.

1. Driver Online

 Driver Online
Driver Online

Di tahun 2010, lebih tepatnya pada bulan Oktober, Gojek baru saja berdiri. Namun, layanannya belum berbasis aplikasi, melainkan call center.

Order ojeknya pada saat itu bisa menggunakan Blackberry Messenger alias BBM. So, abang-abang pengemudinya gak bisa dong disebut sebagai ojek online.

Siapa sangka, saat Gojek diluncurkan tahun 2015, maka pekerjaan baru berupa ojek online kian bermunculan. Bersamaan dengan itu, layanan taksi online dari Uber juga makin populer. 

Baca juga: Duh, 15 Jenis Pekerjaan Ini Diprediksi Bakal Punah 25 Tahun Lagi

2. Operator atau Pilot Drone

 Operator atau Pilot Drone
Operator atau Pilot Drone

Mana ada profesi ini 10 tahun yang lalu, wong drone baru populer di tahun 2013-an! 

Dulu, orang melihat drone untuk kebutuhan video aerial sebagai hobi mahal. Namun, seiring berjalannya waktu, hobi itu memang bisa menghasilkan cuan gede.

Gak sedikit kan agensi-agensi penyedia jasa multimedia yang menyediakan jasa video aerial. Klien mereka pun beragam, dan yang paling mahal tentunya yang ingin menyewa untuk kebutuhan pesta pernikahan. 

Baca juga: Di 2020 Saat Semangat Baru! Yuk simak Tips Mencari Pekerjaan Sesuai Passion Kamu

3. Social Media Influencer

Social Media Influencer
Social Media Influencer

YouTube memang sudah ada sejak tahun 2005, namun di tahun 2010, warga Indonesia belum mengenal apa itu YouTuber. 

Sementara itu, Instagram juga sudah diakusisi Facebook tahuh 2012 dan mulai populer di Indonesia tahun 2013. Jelas belum ada selebgram pada saat itu kecuali para selebriti sungguhan yang main Instagram.

Sulit bagi seseorang untuk bisa jadi terkenal sebelum dua platform ini digunakan. Namun sekarang, siapapun bisa terkenal. “Influencer” sekarang telah menjadi pekerjaan baru. 

Mereka yang ingin menjadi influencer, gak mesti harus pernah muncul di televisi dulu dan tenar, siapapun bisa asal punya banyak followers dan subscriber

Baca juga: Mudah Bosan di Tempat Kerja? Jenis Pekerjaan Ini Cocok untuk Dilakukan

4. Teknisi Artificial Intelligent

Teknisi Artificial Intelligent
Teknisi Artificial Intelligent

Meski di tahun 1990-an sudah ada film-film yang menampilkan teknologi artifical intelligence (AI). “Knight Rider” contohnya, yang mengendarai mobil bernama KITT. Mobil itu bisa ngomong layaknya J.A.R.V.I.S.-nya Iron Man.

Berkat Google, Amazon, dan perusahaan-perusahaan lainnya, teknologi ini berhasil direalisasikan.

Sementara itu, sejumlah perusahaan teknologi lainnya pun berlomba-lomba menciptakan teknologi AI. Di Indonesia, ada Snapcart, Kata.ai, BJtech, Sonar, Nodeflux, Bahasa.ai, Prosa.ai, Dattabot, Eureka.ai, AiSensum dan Deligence.ai.

Tentunya, kebutuhan akan teknisi AI juga meningkat tak seperti 10 tahun yang lalu.

5. Doktor Telemedis

Doktor Telemedis
Doktor Telemedis

Profesi ini sebenarnya profesi dokter saja. Yang membedakan adalah, tempat di mana mereka praktik.

10 tahun yang lalu, tempat praktik mereka tentunya di rumah sakit atau klinik. Namun sekarang, sebagian besar dari mereka bisa praktik online di sebuah aplikasi dan menjawab keluhan pasien melalui chat. 

Halodoc merupakan salah satu pionir dari aplikasi telemedis di Indonesia. Selain Halodoc sebenarnya ada juga Konsula, namun Konsula sudah berubah jadi Lemonilo.

6. Digital Marketing Specialist

Digital Marketing Specialist
Digital Marketing Specialist

Pekerjaan satu ini sekarang mulai banyak diminati banyak orang. Bayarannya juga gak main-main. 

Tugas mereka lumayan banyak karena digital marketing itu sangat luas, dan hal itu meliputi jasa pembuatan website, SEO specialist, serta iklan digital.

10 tahun yang lalu, perusahaan-perusahaan lebih memilih beriklan di media massa dengan harga yang mahal. Namun, saat ini gak sedikit yang sudah beriklan di Google, Facebook, Instagram, atau YouTube.

Itulah enam jenis pekerjaan yang belum pernah ada 10 tahun yang lalu. Adakah dari kamu yang saat ini bekerja di salah satu dari enam bidang di atas?

Kalau dipikir-pikir, 10 tahun ke depan profesi apa yang bakal muncul? Yang jelas, mobil listrik sudah mulai bermunculan, sementara itu teknologi mobil tanpa sopir juga sudah ada.

Besar kemungkinan bermunculan pekerja-pekerja baru di industri satu ini. (Editor: Chaerunnisa)