6 Pebulutangkis Terkaya Sepanjang Masa, Salah Satunya Indonesia

Kalau kamu ditanya nama pemain bulu tangkis, pasti langsung teringat pada Kevin / Marcus atau Jonathan Christie sebagai penyabet medali emas Asian Games 2018. Bisa jadi juga, pikiranmu langsung tertuju pada Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto, Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir, Greysia Polii / Apriyani Rahayu, dan Anthony Sinisuka Ginting yang sukses meraih perak dan perunggu.

Para peraih medali ini mendapatkan sejumlah hadiah dan bonus yang cukup tinggi. Mulai dari uang senilai Rp 1,5 miliar, rumah tinggal, hingga pengangkatan sebagai PNS. Meski atlet di Indonesia kerap dikaitkan sebagai profesi yang kering uang, namun saat sukses memenangi banyak pertandingan, mereka dapat mendulang banyak rupiah. Artinya, semakin berprestasi atlet tersebut, semakin tinggi penghasilan yang didapat. Mulai dari hadiah turnamen hingga dana sponsorship.

Nah, kira-kira tahu gak siapa pemain bulu tangkis dengan kekayaan terbanyak di dunia? Apakah para peraih emas Asian Games di atas udah termasuk di dalamnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

6. Taufik Hidayat

Taufik Hidayat, 29 April 2008. [TEMPO/ Nickmatulhuda]
Taufik Hidayat, 29 April 2008. [TEMPO/ Nickmatulhuda]
Pebulutangkis legendaris asal Indonesia ini udah berkali-kali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Ia pernah meraih medali emas pada Olimpiade Athena 2004, memenangkan Kejuaraan Dunia BWF, serta menjuarai tunggal putra Asian Games 2002 di Busan dan 2006 di Doha.

Usai gantung raket, Taufik menjadi pemilik sekaligus pengelola gelanggang latihan bulu tangkis berkelas di Indonesia. Ia juga bergabung dalam Yonex Legends’ Vision bersama legenda bulu tangkis dunia lainnya.

Kekayaan Taufik Hidayat diperkirakan mencapai $7,5 juta atau setara Rp 110 miliar.

5. Saina Nehwal

Pebulutangkis tunggal putri asal India Saina Nehwal, 27 Juni 2010. [TEMPO/ Tony Hartawan]
Pebulutangkis tunggal putri asal India Saina Nehwal, 27 Juni 2010. [TEMPO/ Tony Hartawan]
Atlet India, Saina Nehwal, disebut-sebut sebagai pemain bulu tangkis perempuan dengan bayaran tertinggi. Kekayaannya mencapai $17,5 juta atau setara Rp 257 miliar. Saina sendiri sudah mengharumkan nama India dengan berbagai prestasinya.

Pada tahun 2015, ia sempat menjadi pebulutangkis unggulan pertama di Dunia. Saina bahkan berhasil mengalahkan pebulutangkis asal Indonesia, Fitriani sebanyak 3 kali, termasuk di Asian Games 2018.

4. Peter Gade

Pebulutangkis Denmark Peter Hoeg Gade 24 Juni 2011. [TEMPO/Amston Probel]
Pebulutangkis Denmark Peter Hoeg Gade 24 Juni 2011. [TEMPO/Amston Probel]
Sebagai pemain senior, atlet Denmark Peter Gade pernah lolos ke semifinal Olimpiade Sydney pada 2000. Namun, langkahnya terhenti saat dikalahkan pemain China Ji Xinpeng. Ia juga pernah dikalahkan oleh Taufik Hidayat dan atlet China, Lin Dan, pada Olimpiade Athena 2004 dan Beijing 2008.

Saat ini Peter Gade telah pensiun sebagai pemain dan berprofesi sebagai pelatih. Namun, ia menempati posisi pebulutangkis terkaya ke-4 dengan kekayaan sebesar $ 20 juta, atau setara dengan Rp 294 miliar.

3. Chen Long

https://www.instagram.com/p/Bm8CbOLA9-O/?taken-by=chenlong_118

Sederet prestasi pernah diraih oleh pebulutangkis asal China ini. Chen Long pernah menyabet medali emas Kejuaraan Asia Bulu Tangkis 2017 setelah berhasil mengalahkan Lin Dan. Sebelumnya ia pernah tiga kali menjadi runner-up pada 2009, 2012, dan 2016.

Namun, Chen Long  berhasil ditaklukkan oleh Anthony Ginting di perempat final Asian Games 2018. Meski begitu, kekayaan Chen Long diperkirakan mencapai $ 22 juta atau setara Rp 324 miliar.

2. Lin Dan

Pemain bulu tangkis tunggal putra Tiongkok, Lin Dan, Rabu, 3 Juni 2015 [TEMPO/Dhemas Reviyanto Atmodjo]
Pemain bulu tangkis tunggal putra Tiongkok, Lin Dan, Rabu, 3 Juni 2015 [TEMPO/Dhemas Reviyanto Atmodjo]
Lin Dan pernah memenangkan medali emas Olimpiade di kompetisi tunggal pada 2012 dan 2008. Dia juga menjadi juara internasional 5 kali dalam turnamen bulu tangkis.

Di perhelatan Asian Games 2018, Lin Dan yang dipersiapkan untuk partai kelima berhasil mendapatkan medali emas untuk nomor beregu tim putra tanpa sempat mengayunkan raket sekalipun. Pasalnya, China telah berhasil mengalahkan Indonesia pada partai keempat. Atas sejumlah prestasi sepanjang kariernya, Lin Dan dikabarkan memiliki kekayaan sebesar $32,5 atau setara Rp 478 miliar.

1. Lee Chong Wei

Pemain bulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei,[TEMPO/STR/Seto Wardhana]
Pemain bulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei,[TEMPO/STR/Seto Wardhana]
Lee Chong Wei menjadi pebulutangkis terkaya karena selalu mendominasi tunggal putra selama beberapa tahun. Ia bahkan memenangkan gelar Superseries selama beberapa kali. Namun, karena sedang dalam masa pemulihan terkait penyakit pernapasan yang ia derita, Lee Chong Wei gak turun di ajang Asian Games kali ini.  

Meski begitu, dilansir dari Badmintonblaze, pebulutangkis asal Malaysia ini menempati posisi pertama sebagai pemain terkaya. Total kekayaannya mencapai $75 juta atau setara Rp 1,1 triliun.

Gimana menurutmu? Profesi sebagai pemain bulu tangkis cukup menggiurkan gak nih?