Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berbentuk Panda Raksasa Dibangun di China

Pembangkit Listrik

China siapa yang gak mengenal dan tahu negera satu ini. Baru-baru ini pembangkit listrik tenaga surya berbentuk gambar panda raksasa dibangun di China.

Seperti dikutip dari Hipwee.com, Senin, (27/5/2019), pembangkit listrik berbentuk hewan panda terlihat sangat jelas nih dari ketinggian. China emang dikenal dengan negara yang jor-joran soal pembagunan. Gak heran kalau di negara ini banyak sekali berdiri gedung-gedung dengan desain mewah dan megah.

Soal China, dunia perekonomiannya juga dikenal luar biasa. Kawasan pabrik banyak sekali di China yang kebanyakan menggunakan bahan bakar listri dari batubara. Nah, seiring perkembangan zaman dan teknologi, Negeri Panda ini jor-joran membangun PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya sebagai salah satu sumber energi negara mereka.

PLTS ini dibangun di kawasan Datong, Shanxi, China. Bangunan yang terlihat megah dan sangat jelas berbentuk gambar panda, pembangkit listrik ini terlihat lucu nan menggemaskan lho.

Kalau di potret dari udara, lahan hijau yang membentang terlihat sekali nih pola panda. Warna putih dan hitam menyerupai hewan yang gemas ini terlihat lho jelas sekali, kira-kira berapa ya biaya dihabiskan buat membangun PLTS ini?

Baca juga: Seharga Rp 2 Triliun, Begini Rumah Mewah dan Termahal di Amerika Serikat

Pembangkit listrik tenaga surya berbentuk panda raksasa dibangun di China

pembangkit listrik
Ini nih bentuk PLTS berbentuk gambar panda raksasa di China, (weforum.org).

Fasilitas pembangit listrik tenaga surya ini dibangun oleh operator energi di negara tersebut, China Merchants New Energy Group (CMNEG), didukung pula oleh United Nation Development Programme (UNDP). Pembangunan PLTS ini diharapkan bisa mengurangkan tingkat polusi di Negeri Tirai Bambu ini.

PLTS ini mampu menghasilkan daya hingga 50MW dan udah menyalurkan listrik nih ke wilayah China barat laut. Udah gitu nantinya PLTS ini dapat menghasilkan daya listrik hingga 100MW lho. Dengan memiliki daya listrik sebesar itu, pembangkit ini bisa menyediakan sumber energi yang ramah lingkungan hingga 3,2 miliar kilowatt per jam energi surya dalam 25 tahun.

Karena nih selama ini, China mengandalkan tenaga listrik berbahan bakar batubara. Gak heran kalau China disebut-sebut sebagai salah satu negara penghasil polusi terbesar di dunia.

Seperti dikutip dari Forbes, pemerintah China menginvestasikan uang mencapai triliunan dolar Amerika Serikat. Rencananya PLTS berbentuk panda ini gak hanya dibangun di China, melainkan di beberapa negara mulai dari Asia hingga Eropa.

pembangkit listrik
Dari kejauhan, PLTS ini lucu sekali ya, (weforum.org).

Wah! Kalau udah begini merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang nih. Jika seluruh negara menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi, namanya polusi bakal berkurang dan memperbaiki keadaan bumi yang udah mengkhawatirkan ya.

Itu dia gambaran sekilas pembangkit listrik tenaga surya berbentuk gambar panda raksasa yang dibangun oleh pemerintah China. Beralihnya sumber energi dengan menggunakan tenaga surya emang sangat membantu demi kelangsungan kehidupan manusia. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)