Tips Ampuh Menjadi Pembicara Profesional yang Andal

Pembicara publik atau motivator adalah seseorang yang memiliki profesi memberikan motivasi kepada orang lain. Pemberian motivasi ini bisa meliputi pelatihan kantor, mentoring, dan lainnya. 

Perlu dipahami sebelumnya bahwa menjadi seorang pembicara publik bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Ada banyak aspek penting yang perlu diperhatikan, mulai dari cara berbicara, gestur tubuh, dan masih banyak lagi. 

Namun, ini bukan berarti menjadi pembicara publik profesional adalah hal yang mustahil untuk dicapai. Jika mengetahui tips dan triknya, kita bisa kok menjadi motivator sukses seperti Merry Riana dan Andrie Wongso. 

Untuk itu, berikut kami rangkum persyaratan dan tips ilmunya yang dapat dipelajari. Simak bersama-sama, yuk! 

Mendapatkan Sertifikasi dari BNSP

pembicara BNSP

Melihat kisah sukses para motivator handal yang dapat menghasilkan hingga puluhan juta rupiah dalam satu pertemuan, tentu kita juga akan termotivasi untuk bisa berada di posisi yang sama. 

Namun, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi terlebih dahulu, salah satunya adalah Training of Trainer (TOT) dna Sertifikasi Kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). 

Sertifikasi kompetensi BNSP adalah proses pemberian sertifikat yang dilakukan melalui uji kompetensi yang mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Nomor 161 Tahun 2015. Sertifikat ini berfungsi sebagai bukti bahwa kemampuan kita telah diakui secara nasional dan internasional. 

Untuk bisa mendapatkan sertifikasi TOT, kita perlu melewati memenuhi dokumen persyaratan yang telah ditentukan, seperti:

Setelah melengkapi persyaratan di atas, kita perlu melewati beberapa tahapan metode pengajaran yang telah ditentukan, seperti: 

 

  • Ice breaking. 
  • Presentasi.
  • Diskusi.
  • Studi kasus.
  • Simulasi.
  • Micro teaching.
  • Tugas dan wawancara.

Kelas pelatihan ini umumnya akan dikenakan biaya sekitar Rp2,5 juta rupiah. 

Tips Sukses Menjadi Pembicara Publik 

pembicara Indonesia

Selain mengikuti pelatihan resmi, ada juga beberapa tips dan trik yang bisa membantu kita sukses menjadi seorang motivator andal. Berikut ini di antaranya: 

1. Kenali audience dengan baik

Perlu dipahami sebelumnya bahwa setiap acara  atau perusahaan yang mengundang kita sebagai pembicara umumnya memiliki karakteristik audience atau penonton yang berbeda-beda. Itu sebabnya, sebelum menentukan tema motivasi sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk memikirkan siapa yang akan menjadi audience kita. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Sebagai contohnya, jika mayoritas audience berusia 20 tahun ke atas, maka kita bisa sampaikan materi perihal investasi. Sementara untuk usia remaja atau anak sekolah, sebaiknya siapkan materi yang lebih ringan, seperti motivasi unggul di sekolah. Jangan sampai saat di atas panggung, bahas motivasi yang kita siapkan tidak selaras dengan audience kita kala itu. 

2. Lakukan improvisasi

Saat berbicara di depan publik, mungkin sesekali kita akan melupakan satu kata atau bahkan sebagian materi yang telah disiapkan. Ingat, jangan panik dan sigap dalam berimprovisasi, ya. Teknik improvisasi sangat penting untuk mengatasi masalah tersebut dan menjaga perhatian audience.  

Itu sebabnya, pembicara yang baik harus mampu menguasai teknik improvisasi. Ada beberapa teknik improvisasi yang dapat kita lakukan, seperti memberikan selingan humor, menceritakan kisah inspiratif pengusaha Indonesia tersukses, dan masih banyak lagi.

3. Bangun interaksi dengan audience 

Membangun interaksi dengan audience juga sangat penting untuk dilakukan. Perlu dipahami bahwa jika sekedar menyampaikan materi yang ada, audience umumnya akan bosan dan tidak meresapi pengajaran yang telah kita berikan. Itu sebabnya, seorang motivator yang andal harus mampu mendapatkan respons dari audience. 

Selipkan beberapa yel penyemangat atau ajak audience untuk mengulang beberapa kalimat yang dapat membangun semangat mereka selama kita berada di panggung. 

4. Perhatikan bahasa tubuh

Karena terlalu fokus dengan materi yang dibawakan, sering kali seorang pembicara mengabaikan bahasa tubuh ketika berbicara di atas panggung. Padahal bahasa tubuh ketika berbicara di depan publik sangatlah berpengaruh dalam memberikan kesan tegas kepada audience.

Untuk itu ketika menyampaikan materi motivasi, sebaiknya tunjukan bahasa tubuh yang semangat dan percaya diri, ya. Dengan begitu audience kita pun akan lebih semangat dalam mendengarkannya. 

Itu dia beberapa syarat dan tips yang bisa membantu kita menjadi pembicara profesional handal. Selain itu, pahami juga bahwa pembicara yang baik belum tentu yang sanggup menghafal kata per kata dari materi yang akan disampaikan, melainkan membangun arah pembicaraan agar mengalir dan mudah dipahami oleh publik yang menyimak kita. 

Sebagai tips dari Lifepal, kita yang memiliki impian menjadi pembicara profesional harus pula menyadari pentingnya memiliki asuransi. Dalam hal ini, Lifepal menyediakan berbagai produk asuransi terbaik yang cocok untuk diri kita, keluarga, dan rekan-rekan karyawan di kantor.

Uniknya lagi, kita bisa mendapatkan produk asuransi yang disesuaikan dengan bujet pribadi sehingga tidak memberatkan pembayaran preminya. Yuk, segera kunjungi kami di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →