Cara Mudah Menghindari Pencurian Sepeda Motor yang Kian Marak, Bikin Kunci Ganda

Pencurian Sepeda Motor Kian Marak (Shutterstock)

Pencurian Sepeda Motor Kian Marak (Shutterstock)

Kebutuhan sepeda motor sangat tinggi di Indonesia. Begitu banyak orang yang ingin punya sepeda motor dengan harga murah, sekalipun itu barang curian. Untuk itu, kita patut waspada dan mengetahui tips untuk menghindari pencurian sepeda motor.

Sepeda motor khususnya jenis skutik saat ini masih menjadi barang incaran paling menggiurkan bagi para pencuri. Motor curian bisa dijual secara utuh maupun pretelan kepada penadah.

Di sisi lain, pabrikan sepeda motor terus berusaha meningkatkan sistem keamanan pada produknya dengan menambahkan banyak fitur keamanan. Namun demikian, semakin canggih teknologi keamanan pada sepeda motor tak membuat komplotan pencuri jera. Mereka ikut meningkatkan kemampuannya dengan mencari kelemahan sistem keamanan pada sepeda motor terbaru.

Hanya butuh waktu kurang lebih 1-3 menit bagi si maling untuk melancarkan aksi pencurian motornya. Komplotan pencuri akan memilih sasaran paling mudah di mana mereka akan melakukan tindakan kriminalnya itu dengan cara cepat dan tepat. Mereka akan mengalihkan sasaran dari sepeda motor dengan pengamanan yang repot dan menyulitkan.

Mengutip laman Carmudi Indonesia, berikut ini tips menghindari pencurian sepeda motor yang mudah, yuk kita simak. 

Kunci Setang ke Arah Kanan

Pemilik sepeda motor terbiasa mengunci setang ke arah kiri. Padahal, akan lebih aman bila ketika meninggalkan sepeda motor dalam waktu lama mengunci setang ke arah kanan. Alasannya, ruang gerak untuk membobol dengan kunci T akan terasa tidak bebas dan lebih sempit, sehingga pencuri membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibanding arah ke kiri.

Sebagaimana diketahui, posisi kunci kontak sepeda motor biasanya terdapat di bagian kanan leher. Bila setang ditekuk ke kiri maka terdapat ruang yang lapang di bagian kanan. Kunci T dengan gagang yang panjang tentu mudah diputar dan sepeda motor pun lebih cepat dibobol maling. Namun demikian, cara ini tidak berlaku untuk sepeda motor dengan posisi kunci kontak di tengah.

Tidak Sering Meminjamkan Motor ke Teman

Meminjamkan sepeda motor sebenarnya bertujuan baik, karena menolong teman yang kesulitan akomodasi atau kendaraan. Namun jangan salah, kamu sebaiknya hanya meminjamkan motor ke teman terdekat atau yang sangat terpercaya. Jangan terlalu baik dengan mudahnya meminjamkan motor ke tiap orang yang dikenal.

Kebaikan kamu bisa saja disalahgunakan sebagai kesempatan untuk mencuri motor di kemudian hari. Orang yang meminjam motor bisa saja diam-diam membuat duplikat kunci. Dia juga pastinya akan mengetahui di mana lokasi kunci ganda atau kunci rahasia motor kamu.

Kalian pasti tidak ingin bila niat baik malah berbalas tindak kejahatan di kemudian hari, kan?

Manfaatkan Teknologi Side Stand Switch

Skutik keluaran terbaru biasanya telah dilengkapi fitur side stand switch saat posisi parkir dengan standar samping. Mesin motor tidak bisa menyala saat kondisi standar samping diturunkan. Dengan demikian, fitur ini sebenarnya bisa juga dimanfaatkan untuk sedikit mempersulit kerja pencuri motor yang sedang beraksi.

Ketika parkir dalam waktu lama sebaiknya sepeda motor menggunakan standar tengah. Di saat yang bersamaan, turunkan juga standar samping untuk menghindari pencurian motor.

Tujuannya agar pencuri yang berhasil membobol rumah kunci kerepotan karena mesin tidak langsung hidup. Proses yang semakin lama membuat pencuri terhambat membawa hasil.

Pasang Pengaman Tambahan

Cara efektif yang menghambat kinerja komplotan pencuri membobol sepeda motor yaitu dengan menambahkan pengaman tambahan. Bentuknya beragam, bisa disesuaikan dengan selera.

Paling mudahnya dengan memasang gembok pada piringan cakram atau kunci tambahan pada pelek roda. Aksesoris keamanan ini banyak tersedia di toko suku cadang dan variasi, serta pemasangannya cukup mudah dilakukan. Penggunaan kedua kunci ini cukup dikaitkan pada cakram atau sela-sela palang pelek.

Cara yang sedikit lebih ekstrem yaitu menggunakan rantai yang dikombinasikan dengan kunci gembok. Rantai ini dililit atau diikat pada arm dan pelek roda belakang, hingga ke shockbreaker kemudian digembok. Tips yang satu ini sangat mudah dilakukan dan ampuh menghindari pencurian motor

Rantai yang mengikat pastinya butuh proses yang rumit saat membongkarnya dan membuat pencuri enggan membuang waktu lama untuk melakukan hal tersebut. Risiko kehilangan motor dari para maling motor akan sedikit berkurang.

Ciptakan Kunci Rahasia

Cara alternatif yang bisa kamu lakukan demi mengamankan motor kesayangan yaitu dengan menciptakan kunci rahasia. Kamu bisa melakukan beberapa trik, baik dari yang mudah atau yang cukup merepotkan.

Hal termudah yang bisa dilakukan saat akan meninggalkan sepeda motor yaitu mencabut cangklong busi. Komponen ini berfungsi menyalurkan kelistrikan dari koil menuju busi untuk pembakaran.

Apabila cangklong dicabut dari busi maka mesin tidak bisa hidup meskipun kunci kontak telah menyala. Pastikan agar posisi cangklong yang sedang dilepas tersembunyi sehingga pencuri kesulitan memasangnya kembali. Anda tinggal memasang kembali cangklong ke busi saat akan mengendarai motor.

Cara lainnya bisa dengan mencabut salah satu sekring. Bila sekring dicabut maka kemungkinannya mesin sepeda motor tidak hidup atau kunci kontak tidak menyala. Posisi sekring ini biasanya ada di balik jok, menjadi satu rangkaian dengan aki motor.

Kamu yang berniat memakai cara ini sebaiknya tidak sampai lupa memasang kembali sekring yang dicabut. Ukurannya yang kecil serta posisinya yang tersembunyi membuat pemilik sepeda motor kerap melupakan pentingnya sekring.

Dari kunci rahasia yang mudah tadi, kita beralih ke kunci rahasia yang lebih sulit. Kunci rahasia kali ini dibuat dengan memutus aliran listrik dari kabel CDI atau pengapian. Pemasangan kunci rahasia ini butuh tenaga profesional dari mekanik demi menghindari konsleting dan kerusakan lainnya.

Untuk trik ini, kalian butuh sakelar untuk menyambung aliran listrik tadi. Posisi sakelar ini sebaiknya hanya kamu sendiri yang tahu demi menghindari risiko pencurian dari orang lain. Kunci rahasia ini membuat mesin sepeda motor tidak bisa dihidupkan.

Pasang Alarm

Alarm pada sepeda motor kini tidak lagi menjadi barang mewah dan langka, selain di motor-motor kelas menengah atas, kita bisa memasang produk aftermarket yang telah banyak tersedia di pasaran. Alarm motor menjadi salah satu tips mudah dan cukup ampuh menghindari pencurian motor. Pemasangan alarm ini sebaiknya ditangani oleh mekanik karena perlu mengambil jalur kelistrikan pada sepeda motor yang sifatnya cukup kompleks.

Alarm ini sifatnya hanya berupa pelengkap dan peringatan dini saat motor akan dibobol. Peringatan suara yang berbunyi kadang tidak dipedulikan orang lain. Oleh karena itu, prioritas terpenting dalam keamanan sepeda motor yakni tetap menyediakan kunci tambahan atau kunci rahasia.

Mengasuransikan Motor

Sepeda motor yang berhasil dicuri dan raib memang tidak diinginkan oleh siapapun. Sepeda motor merupakan aset berharga yang sifatnya sebagai harta bergerak. Kehilangan kendaraan tentu akan sangat merugikan dari sisi materi pemiliknya. Asuransi dalam kepemilikan sepeda motor bisa membantu mengurangi kerugian materi ketika terjadi kehilangan.

Pembelian sepeda motor secara kredit biasanya sudah termasuk asuransi dari pihak leasing. Sepeda motor yang hilang akan mendapat penggantian dengan motor baru yang sama, namun pemiliknya harus kembali mengulang cicilan dari awal.

Asuransi kehilangan ini biasanya tidak tersedia untuk pembelian secara cash (tunai). Bagi kalian yang melakukan pembelian secara tunai, terpaksa memilih sendiri asuransi kendaraan sebagai bentuk pertanggungan pihak ketiga. Pilihlah asuransi yang mudah proses klaimnya serta harganya yang terjangkau. (Editor: Winda Destiana Putri).