Contoh Kasus Pencurian Spion Mobil dan Cara Menghindarinya

pencurian spion mobil

Praktik pencurian spion mobil marak terjadi di Indonesia. Banyak pemilik mobil yang sudah menjadi korban pencurian ini dan mengalami kerugian material.

Dalam menjalankan aksinya, pencuri tidak memilih spion merek mobil tertentu. Mereka biasanya mengincar mobil yang terparkir di lokasi sepi dan pinggir jalan agar memudahkan mereka dalam mencuri, mematahkan, dan langsung melarikan diri dari lokasi.

Beberapa pencuri spion mobil ini berhasil dibekuk oleh polisi, namun beberapa diantaranya lagi masih menjadi buron dan masih melancarkan aksi pencuriannya. 

Contoh kasus pencurian spion mobil

Berikut ini beberapa contoh kasus pencurian kaca spion mobil yang pernah terjadi. 

Pencuri spion mobil yang beraksi 17 kali 

Pencurian ini dilakukan pada November 2021 di daerah Kampung Duri, Jakarta Barat. Setelah sang pemilik mobil Ayla melaporkan kasus pencurian spion mobilnnya, polisi berhasil menangkap dua pelaku pencurian ini.

Berdasarkan pengakuan  langsung dari pelaku, praktik pencurian ini telah dilakukan sebanyak 17 kali, tak hanya mencuri spion mobil, pencuri juga mengaku kerap mencuri ponsel.

Komplotan pencuri spion di Jakarta Barat

Pada September 2021, pelaku berhasil menangkap komplotan pencuri spion mobil yang terdiri dari 10 orang setelah kasus pencurian kaca spion mobil di daerah Jakarta Barat viral di media sosial. 

Beberapa pelaku masih berada di bawah umur sehingga hanya menjalani masa hukuman selama empat bulan. 

Harga jual spion mobil bekas curian

Spion mobil hasil copotan atau curian biasanya dapat ditemukan di pasar onderdil bekas atau situs jual beli barang bekas online.

Harga spion mobil curian berbeda-beda, tergantung dari jenis dan tipe mobil. Misalnya untuk spion mobil bekas curian Alphard, ditawarkan dengan harga mulai dari Rp1,5 juta hingga diatas Rp3 juta. 

Untuk beberapa spion mobil bekas curian dengan jenis dan tipe tertentu ditawarkan dengan harga diatas Rp2 jutaan untuk satu buah spion, bahkan ada yang mencapai belasan juta rupiah.

Tingginya harga jual spion curian di pasaran menjadi salah satu faktor terbesar marak maling spion mobil. Biasanya, spion hasil curian akan dijual ke penadah, lalu dijual kembali di pasar onderdil bekas.

Untuk itu, berhati-hatilah saat membeli sparepart mobil khususnya spion di pasar onderdil bekas. Karena bisa saja barang tersebut diperoleh dari hasil pencurian.

Cara mencegah pencurian kaca spion mobil

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah spion mobil dicuri saat parkir, yaitu sebagai berikut.

Cari tempat parkir yang aman 

Tempat parkir yang aman menjadi salah satu cara efektif mencegah praktik pencurian spion mobil. 

Carilah tempat parkir yang dijaga oleh tukang parkir atau tempat parkir resmi yang disediakan oleh pihak penyedia layanan parkir. 

Hindari parkir mobil di pinggir jalan yang sepi karena memiliki risiko tinggi terjadi pencurian dan mobil hilang.

Lipat spion saat parkir 

Beberapa mobil sudah dilengkapi dengan fitur spion elektris yang bisa dilipat. Ketika parkir, sebaiknya spion dilipat agar tidak mudah dipatahkan atau dicuri oleh maling spion mobil.

Grafir spion dengan plat nomor mobil

Cara selanjutnya yang dianggap efektif mencegah pencurian spion adalah grafir spion. Spion yang memiliki grafir yang sesuai dengan plat nomor mobil tidak akan laku dijual.

Alasannya karena memiliki tanda kepemilikan spion. Sehingga, cara ini dianggap ampuh untuk menangkal terjadinya pencurian mobil.

Proteksi spion

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah memproteksi spion dengan memasang kawat atau gerigi cover spion agar pencuri sulit mematahkan dan mengambil spion.

Pentingnya punya asuransi mobil

Spion mobil menjadi incaran para pelaku tindak kejahatan karena memiliki nilai jual yang tinggi. Bukan cuma kasus pencurian spion mobil, banyak juga kasus pencurian mobil utuh. 

Untuk melindungi keuanganmu dari risiko kehilangan akibat pencurian, kamu bisa menggunakan produk asuransi mobil. 

Tips dari Lifepal! Salah satu jenis asuransi mobil yang menanggung kerugian akibat pencurian adalah asuransi mobil all risk

Asuransi ini bisa memberikan proteksi yang lebih komprehensif dari segala risiko, mulai dari ringan hingga berat. 

Jadi, jika terjadi pencurian mobil, kamu tidak perlu khawatir dengan biaya kerugiannya. Cari tahu premi asuransi mobil dengan kalkulator berikut ini.

FAQ seputar pencurian spion mobil

Pencurian spion mobil dilakukan oleh oknum untuk dijual kembali. Harga spion mobil bekas curian di pasaran cukup tinggi, mulai dari Rp600 ribu hingga mencapai belasan juta untuk spion merek tertentu.
Jika mobil hilang dialami akibat pencurian, maka asuransi mobil bisa dimanfaatkan untuk menanggung biaya kerugiannya. Secara khusus, jenis asuransi mobil yang menanggung kerugian ini adalah asuransi mobil all risk.
Dapatkan Promo