Populer di Dunia, Lebih Besar Pendapatan McDonald’s, KFC, atau Starbucks?

Resto mcdonald's dan kfc di sebuah mall

Resto mcdonald's dan kfc di sebuah mall

Pernah mencari tahu gak berapa besar pendapatan yang diraih McDonald’s, KFC, atau Starbucks? Lantas, mana yang menghasilkan pendapatan paling besar di antara ketiganya? Apakah McDonald’s, KFC, atau Starbucks?

Seperti yang kamu tahu, McDonald’s, KFC, atau Starbucks merupakan restoran terkenal yang telah mendunia. Di Indonesia aja kita dengan mudahnya menemukan gerai-gerai penyedia makanan dan minuman tersebut.

Dengan banyaknya gerai McDonald’s, KFC, atau Starbucks, pastinya bisnis yang dijalankan ketiga restoran tersebut mendatangkan pendapatan besar serta laba yang menggiurkan. Pengin tahu berapa besar pendapatan ketiga restoran tersebut? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Dari Taco Bell Sampai Subway, Ini 7 Restoran Cepat Saji Besar yang Belum Ada di Indonesia!

Forbes memasukkan McDonald’s, KFC, atau Starbucks sebagai merek paling bernilai di dunia

situasi di restoran mcdonald's
Seorang pegawai sedang melayani pembeli di resto McDonald’s. (Shutterstock)

Majalah Forbes, selain membuat daftar orang terkaya di dunia, juga membuat daftar merek-merek dagang paling bernilai di dunia. Dari banyaknya merek dagang yang telah Forbes masukkan daftarnya, terdapat tiga merek restoran paling terpopuler di dunia.

Ketiga merek restoran terpopuler tersebut yaitu McDonald’s, KFC, dan Starbucks. Ketiga restoran ini sendiri terdapat di daftar yang dibikin Forbes dengan status sebagai merek paling bernilai di dunia. Dengan kata lain, ketiga merek restoran tersebut paling bernilai di antara restoran yang lain.

Nah, berapa besar nilainya menurut perhitungan Forbes? Berikut ini daftarnya.

Restoran terkenal di dunia Brand value
McDonald’s US$ 43,8 miliar
Starbucks US$ 17 miliar
KFC US$ 8,5 miliar

Kalau melihat daftar di atas, McDonald’s ternyata paling bernilai merek dagangnya dengan angka US$ 43,8 miliar. Nilai sebesar itu kalau dirupiahkan dengan kurs tukar sekarang adalah setara dengan Rp 617 triliun. 

Sementara itu, Starbucks berada di urutan kedua dengan nilai US$ 17 miliar dan KFC di urutan ketiga dengan nilai US$ 8,5 miliar. Kalau nilainya aja sebegitu besarnya, bagaimana dengan pendapatannya ya?

Baca juga: Inilah 6 Restoran Terbaik Dunia yang Mendapatkan Bintang Michelin

Segini pendapatan McDonald’s, KFC, dan Starbucks, manakah yang paling besar?

mana lebih besar pendapatannya, mcdonald's atau kfc
Sejumlah pegawai di gerai KFC. (Shutterstock)

Pendapatan yang diraih McDonald’s, KFC, dan Starbucks bisa dilihat dalam laporan tahunan (annual report) yang dirilis tiap tahunnya. Asal tahu aja nih, ketiga perusahaan tersebut berstatus sebagai perusahaan terbuka. Itu berarti, siapa aja, terutama yang berminat membeli sahamnya bisa mengetahui informasi keuangan ketiga perusahaan tersebut.

Berikut ini adalah daftar besaran pendapatan McDonald’s, KFC, dan Starbucks yang bersumber dari laporan tahunan 2018.

Restoran terkenal di dunia Pendapatan 2018 Pendapatan 2017
McDonald’s US$ 21,025 miliar US$ 22,820 miliar
Starbucks US$ 24,720 miliar US$ 22,387 miliar
KFC US$ 26,239 miliar US$ 24,515 miliar

Dari daftar di atas, rupanya KFC menjadi restoran dengan pendapatan terbesar di dunia. Padahal, brand value KFC masih kalah dengan McDonald’s. Sementara itu, McDonald’s yang punya brand value paling tinggi menghasilkan pendapatan US$ 21,025 miliar.

Nah, itu tadi informasi mengenai pendapatan McDonald’s, KFC, dan Starbucks. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis