Fakta Menarik 3 Pendiri YouTube Dalam Meraih Kesuksesan

mengenal youtube

Sebagian besar dari kita tentu sudah tidak asing lagi dengan situs YouTube, bukan? YouTube adlaah situs terbesar yang digunakan untuk berbagi video di seluruh dunia. 

Situs yang awalnya didirikan oleh tiga pegawai PayPal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim ini telah dibeli oleh Google pada bulan November 2006 dengan angka yang cukup fantastis. Penasaran berapa angka yang dimaksud? Berikut kami rangkum perjalanan pendiri YouTube menuju kesuksesan. Simak bersama, yuk! 

Ide Bisnis Muncul Saat Acara Pesta Makan Malam 

Ternyata ada kisah menarik dibalik berdirinya perusahaan YouTube. Pada tahun 2002 PayPal diakuisisi oleh perusahaan raksasa eBay senilai US$1,65 miliar . Dengan nominal tersebut, karyawan PayPal pun mendapatkan bonus yang terbilang cukup banyak. 

Penerimaan bonus tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim untuk mendirikan perusahaan impian mereka bertiga. Namun pada saat itu, mereka belum terpikirkan ide untuk membuat perusahaan situs berbagi video. 

Menariknya, ide bisnis tersebut muncul ketika dua pendiri YouTube ini merekam acara pesta makan malam temannya dan berniat untuk membagikannya kepada teman-temannya. Namun, fail video tersebut terlalu besar untuk dikirimkan via surel. Mereka pun akhirnya memikirkan cara efektif untuk berbagi video dengan mudah dan menjadikannya sebagai usaha. 

Chan, Steve, dan Jawed pun merealisasikan mimpi mereka dan membuat situs di mana mereka dapat dengan mudah mengunggah video dan membagikannya kepada banyak orang melalui link. Situs tersebut kemudian dikenal secara mendunia dengan nama YouTube. 

Mendapatkan Suntikan Dana Senilai US$11,5 Juta

Melihat YouTube sebagai bisnis yang cukup menjanjikan dan unik, pada tahun 2005 perusahaan yang didirikan oleh tiga mantan karyawan PayPal ini berhasil mendapatkan suntikan dana senilai US$11,5 juta dari Sequioa Capital. Dana tersebut kemudian digunakan untuk pengembangan usaha lebih lanjut. 

Pada tahun 2006, situs hasil kerja keras Chad, Steve, dan Jawed ini berkembang dengan sangat pesat, di mana lebih dari 65 ribu video diunggah setiap harinya. Total jumlah views video di YouTube pun mencapai 100 juta per hari. Perkembangan yang luar biasa, bukan? 

Dilansir oleh majalah Forbes, pendapatan YouTube pada tahun 2008 diperkirakan mencapai US$200 juta yang didapat dari penjualan iklan. Pada tahun 2012 YouTube berhasil mencapai 4 miliar pengunjung setiap harinya. 

Diakuisisi oleh Google 

Melihat pertumbuhan perusahaan yang berjalan secara signifikan ini, pada tahun 2006 Google pun mengakuisisi YouTube dengan saham senilai US$1,65 miliar. Menurut laporan New York Times di tahun 2007: 

  • Chad Hurley memperoleh 694.087 lembar saham dan 41.232 dalam bentuk trust, senilai lebih dari US$345 juta. 
  • Steven Chen memperoleh 625.366 lembar saham dan 68.721 dalam bentuk trust, senilai lebih dari US$326 juta. 
  • Jawed Karim memperoleh 137,443 lembar senilai lebih dari US$64 juta.

Pelajaran Bisnis yang Bisa Dipetik dari Pendiri YouTube 

Ada begitu banyak pelajaran bisnis yang dapat dipetik dari kesuksesan pendiri YouTube. Berikut ini adalah beberapa di antaranya: 

  • Mampu mengambil keputusan dan langkah tepat

Sebagai pengusaha, ketiga pendiri YouTube ini mampu melihat peluang sukses dengan baik. Hal ini terbukti ketika mereka berani untuk menempuh langkah dan menggunakan dana dari perusahaan sebelumnya, yaitu PayPal, untuk membangun bisnis impian. 

Selain itu, mengambil keputusan untuk menjual perusahaan YouTube juga tentu bukanlah keputusan mudah bagi ketiga pengusaha muda ini. Namun, mereka berani keluar dari zona nyaman dan mengambil keputusan tepat di waktu yang tepat pula. 

  • Melihat peluang sukses bisnis 

Selain berani mengambil langkah bisnis penting, ketiga pendiri YouTube ini juga mampu melihat peluang bisnis dengan cara mengidentifikasi permasalahan masyarakat. Buktinya adalah ketika mereka kesulitan untuk membagikan video kepada teman-teman terdekatnya, mereka sadar betul bahwa kendala ini tentu juga dirasakan oleh banyak orang. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Melihat peluang tersebut, akhirnya berdirilah YouTube yang menjadi solusi bagi banyak orang. Kisah pendiri YouTube ini dapat menjadi bukti bahwa kemampuan untuk dapat melihat suatu peluang usaha akan menghasilkan kesuksesan. 

Semoga ada pelajaran bisnis yang bisa kita dapat dari pendiri YouTube ini, ya. Nah, jika tertarik untuk mencari informasi lebih terkait tips sukses dalam berbisnis, Lifepal menyuguhkan berbagai artikel mulai dari pengaturan finansial, kisah inspiratif dari pengusaha sukses, dan masih banyak lagi. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →