3+2 Penyebab Pengapian Mobil Injeksi Hilang dan Cara Ceknya!

pengapian mobil injeksi hilang

Pengapian mobil injeksi hilang tentu akan menjadi hal yang menyulitkan untuk banyak orang terutama ketika kendaraan sedang dibutuhkan untuk berkegiatan. Hal ini seringkali diperparah dengan tidak pahamnya pemilik mobil akan sistem dari kendaraanya itu sendiri.

Pasalnya, pada sebuah sistem mobil akan terjadi proses pembakaran saat kendaraan dinyalakan atau dioperasikan dan sistem pengapian menjadi hal yang penting dalam hal ini. Dimana saat mobil distarter hingga dapat dijalankan, semuanya membutuhkan proses pengapian ini.

Namun, Pengapian mobil injeksi hilang ini sering terjadi dengan tiba-tiba dan tidak memberikan tanda sebelumnya sehingga akan menyulitkan pengendara saat akan menggunakan kendaraan tersebut untuk bepergian.

Faktor penyebab pengapian mobil injeksi hilang

Sistem pengapian mobil injeksi yang tiba-tiba hilang ini seringkali mengakibatkan hal yang tidak menyenangkan untuk para pengendaranya seperti mobil mogok atau tidak dapat dioperasikan. 

Namun sebagai pengendara dan pemilik mobil, kamu dapat melakukan identifikasi apa saja penyebab pengapian mobil injeksi yang hilang, sehingga kamu akan dengan mudah untuk memperbaikinya. Beberapa diantaranya adalah:

Power transistor unit yang terganggu

Faktor penyebab pengapian mobil injeksi hilang yang pertama yaitu adanya power transistor unit yang terganggu. Hal ini bisa terjadi karena power transistor unit memiliki manfaat untuk menentukan timing aliran listrik dari ignition coil tepatnya di primary coil.

Hal inilah yang membuat posisi primary coil menjadi hal penting dalam sebuah power transistor unit. Jadi, karena fungsinya yang sangat krusial, adanya sedikit masalah pada bagian ini umumnya akan menyebabkan aliran arus listrik tentu akan terganggu.

Umumnya, saat pengapian mobil injeksi hilang, engine control unit (ECU) tidak akan bisa menyalurkan instruksi ke pengapian sehingga mesin mobil tidak akan dapat dinyalakan. 

Beberapa masalah yang umumnya kerap terjadi pada power transistor unit dan akan menyebabkannya terganggu ini dapat diidentifikasi dengan mudah saat kabel putus atau transistornya yang mengalami pembengkakan.

Harness kabel pengapian dan socket yang terputus

Penyebab pengapian mobil injeksi lainnya adalah adanya harness kabel pengapian dan socket yang terputus. Baik harnes kabel pengapian maupun socket merupakan komponen utama yang terdapat dalam jalur pengapian mobil injeksi.

Jika kamu memperhatikan lebih dalam, umumnya kerusakan ini terjadi pada bagian soket crankshaft atau camshaft. Selain itu, bisa juga kerusakan ini terjadi pada bagian join konektor yang tersambung pada power transistor unit. 

Cara terbaik untuk mengatasi adanya hal tersebut adalah dengan melakukan cek secara berkala pada jalur pengapian mobil injeksinya. Hal yang bisa dilakukan untuk dalam pengecekan tersebut adalah dengan menggunakan wiring diagram pada sistem pengapian mobil injeksi.

Sensing blade yang mengalami gangguan

Sensing blade yang merupakan bagian mesin dan terhubung langsung dengan crankshaft sensor ini saat mengalami gangguan juga dapat menyebabkan pengapian mobil injeksi hilang. 

Selain itu sensing blade juga bekerja secara langsung dengan crankshaft sensor ini memiliki manfaat untuk membaca komponen gerak mobil sekaligus data. Sehingga jika terjadi gangguan yang tidak diinginkan, maka respon dari ECU menjadi terbatas.

ECU yang sulit menerima respon ini tentu tidak akan mampu untuk membuat busi menghasilkan percikan api sehingga mobil tidak akan dapat dioperasikan dengan normal seperti biasa

Komponen ignition coil yang bermasalah

Umumnya, Komponen Ignition Coil yang Bermasalah juga bisa menjadi penyebab mobil injeksi hilang. Namun, kerusakan yang terjadi umumnya tidak langsung bersamaan dengan komponen coil lainnya.

Ketika salah satu bagian coil kehilangan fungsinya maka sudah pasti sistem pengapian mobil injeksi juga tidak akan berjalan dengan baik. 

Meskipun saat biasa pengemudi tidak merasakan signifikan kerusakan yang ada di dalamnya, perlu diingat bahwa ignition coil yang mengalami gangguan dan kerusakan pada keseluruhan coil tentu akan menyebabkan pengapian mobil injeksi hilang total.

Piston tidak dapat dideteksi oleh angle sensor

Penyebab terakhir dari pengapian mobil injeksi hilang ini adalah angle sensor yang bermasalah sehingga tidak dapat melakukan tugasnya untuk mendeteksi piston silinder.

Di dalam mesin mobil, angle sensor ini berfungsi untuk menjadi komponen yang bermanfaat dalam menghitung derajat putar crankshaft. 

Sehingga, Angle sensor yang mengalami gangguan akan membuat ECU kesulitan untuk menentukan letak dari piston silinder. Hal inilah yang membuat Angle sensor tidak dapat mengirimkan sinyal agar busi dapat memercikkan bunga api.

Akibat pengapian mobil injeksi hilang

Pengapian mobil injeksi menjadi hal penting yang harus dicek secara berkala oleh pemilik kendaraan agar mobil tetap dapat dioperasikan seperti keadaan normal pada umumnya.

Namun, apabila pengapian mobil injeksi hilang ini tentu akan menyebabkan beberapa hal yang akan sangat menyulitkan, seperti:

Mobil tidak dapat dinyalakan

Hal yang paling umum terjadi akibat pengapian mobil injeksi hilang adalah busi yang tiba-tiba tidak dapat memercikkan bunga api di bagian ujungnya  saat mobil di starter. Tidak adanya percikan api ini akan menyebabkan tidak bisanya proses pembakaran terjadi saat mobil akan dinyalakan.

Tidak adanya percikan api dalam proses pembakaran inilah yang tentu membuat mesin mobil tidak dapat dinyalakan sehingga tidak bisa untuk dioperasikan.

Mogok mendadak

Pengapian mobil injeksi yang hilang bahkan juga dapat terjadi di pertengahan perjalanan saat mobil dioperasikan. Dimana, tidak adanya proses pembakaran yang terjadi di dalam mesin akan membuat mesin mobil mati mendadak dan membuat mobil jadi mogok sehingga kamu tidak dapat melanjutkan perjalanan.

Cara cek pengapian mobil injeksi hilang

Salah satu hal penting dalam melakukan cek pengapian injeksi mobil adalah dengan memperhatikan koil (ignition coil) di dalamnya. Pasalnya, ignition coil ini memiliki fungsi untuk menyalurkan listrik pada mobil injeksi dengan tegangan yang tinggi.

Tegangan listrik yang tinggi atas perintah ECU ini menuju ke busi akan berubah menjadi percikan bunga api yang membuat mobil dapat bergerak dan dioperasikan dengan baik. Hal inilah yang membuat pengecekan secara berkala bunga api hasil penyaluran listrik dari koil di mesin mobil ini menjadi hal yang sangat penting.

Berikut adalah beberapa cara cek pengapian mobil injeksi yang bisa kamu lakukan agar koil dan sistem pengapiannya berjalan dengan maksimal lewat sistem direct ignition (pengapian secara langsung).

Siapkan peralatan dan buka cover mesin

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat cek pengapian mobil injeksi adalah menyiapkan peralatan seperti kunci inggris dan baut.

Setelah itu barulah buka perlahan cover yang menutupi mesin mobil sekaligus baut yang terdapat pada busi mesin. Semua busi tersebut bisa dibuka dengan mudah dengan kunci inggris atau shock yang telah disediakan.

Menyiapkan cadangan busi pengganti

Siapkan beberapa busi pengganti sebelum melakukan pengecekan sehingga bila ada busi yang memang terlihat akan rusak dapat segera amu ganti dengan yang lebih baik agar performanya bisa lebih maksimal.

Membuka semua soket injektor

Sebelum melakukan cek pengapian mobil injeksi ini pastikan untuk selalu membuka semua soket injektor beserta relay dari induknya. Tujuan dari dibukanya soket ini adalah adar menjaga supaya tidak ada bensin yang mengalir ke mesin saat melakukan cek koil busi.

Mengganti busi yang telah rusak

Setelah membuka semua soket injektor, kamu dapat melanjutkannya dengan melakukan cek pada semua busi, mana yang terlihat akan rusak dan mana yang masih berada dalam kondisi baik. 

Jika dirasa busi sudah cukup kotor dan terlihat akan rusak, maka kamu dapat langsung mengganti busi mobil dengan busi cadangan yang telah disiapkan sebelumnya. 

Kamu dapat langsung memasangkan kembali busi yang telah diganti tersebut dan menempelkan logam pada masing-masing ujung busi.

Cek performa mesin kembali dengan menghidupkan mobil

Setelah busi yang akan rusak diganti dengan yang lebih baru dan semua kabel telah ditempatkan di keadaan semua.

Kamu dapat melakukan pengecekan final dengan menghidupkan mesin mobil. Ketika mobil dapat menyala dan dioperasikan, maka pengapian mobil telah berjalan kembali dengan baik.

Tips dari Lifepal! Pengapian mobil injeksi hilang akan membuat kendaraanmu mogok dan tidak bisa dinyalakan. Dimana pengapian mobil injeksi hilang ini disebabkan oleh beberapa hal seperti power transistor unit yang terganggu, kabel yang terputus, hingga angle sensor yang rusak.

Hal inilah yang menjadikannya penting untuk melakukan cek pengapian mobil secara berkala agar dapat mencegah mobil dari hal-hal yang tidak diinginkan saat sedang dioperasikan.

Kamu bisa baca artikel Lifepal terkait misalnya cara cek busi mobil injeksi di Lifepal, ya.

Lindungi pula mobil kesayangan kamu dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Berikan perlindungan terbaik untuk mobilmu dengan asuransi!

Mobil merupakan salah satu aset berharga yang wajib untuk dijaga dan diberikan perlindungan. Selain harganya yang tidak murah, biaya perawatan mobil dan biaya perbaikan yang harus ditanggung juga tidak murah. Apalagi ketika mobil mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, pencurian, ataupun bencana alam.

Jika hal kecil seperti sistem pengapian mobil yang rusak atau pengapian mobil injeksi hilang saja harus diperbaiki dengan benar, apalagi yang sifatnya lebih besar kerusakannya. Namun kerusakan yang tidak diinginkan tentu akan memakan biaya yang cukup besar.

Salah satu cara agar mobilmu mendapatkan perlindungan yang menyeluruh dari adanya kemungkinan buruk sehingga harus membuatmu mengeluarkan biaya yang besar, maka melindunginya sedari dini menggunakan asuransi menjadi hal yang sangat penting.

Salah satu platform yang menyediakan berbagai pilihan produk asuransi mobil terpercaya sehingga mudah kamu bandingkan keuntungannya satu sama lain, tentu adalah Lifepal.

Lifepal menghadirkan berbagai pilihan produk asuransi mobil dari banyak perusahaan asuransi ternama yang telah dikurasi sehingga dapat memberikan perlindungan yang menyeluruh terhadap kendaraan yang dimiliki.

Bahkan, Lifepal kini telah memiliki banyak bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga kamu akan dengan mudah melakukan klaim saat dibutuhkan.

Pertanyaan seputar pengapian mobil injeksi hilang

Pengapian mobil merupakan sebuah sistem rangkaian di dalam mesin kendaraan yang memiliki fungsi untuk memantik percikan api busi saat mobil akan dioperasikan. Percikan api inilah yang dapat menjadi faktor penting nyala tidaknya suatu mesin saat mesin mobil dinyalakan. Yuk cek info selengkapnya disini.
Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.
Dapatkan Promo