Walaupun Hasilkan US$ 57 Juta, Grup BTS Masih Kalah dengan Dua Band Legendaris Ini

grup bts

Bangtan Sonyeondan atau grup BTS saat ini lagi digandrungi banyak orang yang rata-rata perempuan dan masih berusia muda. Para penggemar grup band asal Korea Selatan ini gak cuma berasal dari negara asalnya, tapi juga punya basis penggemar di Indonesia.

Saking cintanya pada grup BTS, para penggemar ini membentuk sebuah fandom (grup penggemar fanatik) yang mereka namakan ARMY. Istilah ARMY adalah singkatan dari Adorable Representative M.C for Youth. Keberadaan ARMY ini tersebar di banyak negara, termasuk Indonesia.

Grup BTS yang telah go international tercatat menggelar konser di banyak negara. Konser-konser yang sejauh ini diadakannya antara lain The Red Bullet Tour (2014-2015), Wake Up: Open Your Eyes Japan Tour (2015), The Most Beautiful Moment in Life On Stage Tour (2015-2016), The Wings Tour (2017), hingga Love Yourself World Tour (2018–2019).

Popularitas yang diraih Grup BTS pun menjadi sorotan banyak media, gak terkecuali media bisnis Forbes. Media Forbes memasukkan BTS dalam daftar pesohor dengan pendapatan tertinggi di dunia. Grup yang merilis album perdananya pada tahun 2013 disebut-sebut menghasilkan pendapatan sebesar US$ 57 juta pada 2019 atau sekitar Rp 798 miliar.

Meskipun menghasilkan US$ 57 juta, faktanya nih hal tersebut gak lantas bikin grup BTS sebagai grup musik dengan penghasilan tertinggi di dunia. Rupanya masih ada grup musik yang meraup penghasilan dalam jumlah besar lho di dunia. Siapa aja mereka?

Baca juga: Terlibat Skandal Hingga Depresi, 5 Artis Korea ini Pilih Mundur dari Dunia Hiburan!

Dua band legendaris kelas dunia ini punya penghasilan yang lampaui penghasilan grup BTS

james hetfield metallica
James Hetfield, vokalis dan gitaris Metallica saat gelar konser bersama bandnya di Praha, Ceko. (Shutterstock)

Nama-nama grup musik atau band legendaris kelas dunia, The Eagles dan Metallica, pada daftar yang dibuat Forbes, ternyata punya penghasilan yang melampaui penghasilan grup BTS. Penasaran berapa nominal penghasilan yang The Eagles dan Metallica ciptakan? Berikut daftarnya.

Grup musik terpopuler di dunia Penghasilan 2019
The Eagles US$ 100 juta
Metallica US$ 68,5 juta
BTS US$ 57 juta
Fleetwood Mac US$ 49 juta
Guns N’ Roses US$ 44 juta
Rolling Stones US$ 41 juta

Walaupun The Eagles dan Metallica merupakan band yang terbilang aktif mulai dari 1970-an dan 1980-an, hal tersebut gak otomatis membuat popularitas kedua band legendaris ini meredup saat ini. Buktinya aja penghasilan kedua band tersebut bisa di atas penghasilan grup BTS.

Sama seperti grup BTS, band The Eagles dan Metallica punya basis penggemar yang gak bisa dianggap remeh jumlahnya. Di Indonesia aja sewaktu Metallica konser di Gelora Bung Karno (GBK), jumlah penonton yang memadati stadion dilaporkan mencapai 50 ribu, termasuk di antaranya ada Joko Widodo yang saat itu Gubernur DKI Jakarta.

Itu aja baru di Indonesia, Metallica sebelumnya pernah mengguncang panggung dalam konser di Tushino Airfield, Moskow, Rusia pada 1991 dengan jumlah penonton mencapai 1,6 juta orang. Jumlah penonton ini lebih banyak dibandingkan penonton yang beli tiket Love Yourself World Tour (2018–2019), konser BTS, yang mencapai 790 ribu.

Hingga saat ini kedua band legendaris tersebut diketahui masih aktif menggelar konser, bahkan jadwal buat tahun 2020 pun telah disiapkan. The Eagles sendiri dikenal banyak orang lewat hitsnya yang berjudul Hotel California, sedangkan Metallica populer dengan lagunya Nothing Else Matters.

Itu tadi band-band dengan penghasilan tertinggi tahun 2019 yang lampaui penghasilan grup BTS. Adakah salah satu grup musik tersebut yang jadi idolamu? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →