Pengin Tambah Penghasilan, Coba 6 Ide Usaha Menguntungkan Ini, Ada yang Gak Perlu Modal

Ingin mendirikan usaha yang menguntungkan? Cobalah untuk membidik target pasar seorang ibu dan anak. Lho, kenapa mereka yang lantas jadi target pasarnya?

Sederhana saja sih, menurut laporan dari JD.ID tahun 2016, transaksi untuk produk segmen ibu dan anak di situs belanja online itu mencapai 500 hingga 700 per hari. Itu tandanya, tingkat konsumsi mereka bisa dibilang cukup tinggi.

Di samping itu, ketika pertama kali memiliki anak, pola pikir seorang perempuan tentu bakal berbanding terbalik dengan masa-masa di mana mereka masih lajang atau belum punya momongan. Di masa itu, perempuan cenderung ingin memberikan yang terbaik untuk sang buah hatinya.

Oleh karena itu, ketika kamu mendirikan sebuah bisnis dengan target pasar seperti mereka, maka gak heran kalau usahamu bakal menguntungkan di kemudian hari.

Ingin tahu lebih lanjut soal ide bisnis dengan target ibu dan anak? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Baju bayi dan aksesoris

Baju dan aksesoris bayi banyak dicari ibu muda saat ini (Ilustrasi).

Produk yang satu ini memang sifatnya fast moving, dan pas banget ditargetkan ke ibu yang memang baru melahirkan anak pertamanya. Tentu saja, dia bakalan mencari referensi baju-baju atau aksesoris bayi yang bagus namun harganya murah.

Apalagi, anak bayi tentu cepat dalam hal tumbuh kembang. Ketika usianya menginjak setahun, dia bakal butuh baju baru yang ukurannya lebih besar.

Tentu saja, baju dan perlengkapan bayi bisa menjadi usaha yang menguntungkan bukan? Apalagi jika kamu menyediakan baju-baju untuk anak usia nol hingga tiga tahunan.

Kamu juga bisa memanfaatkan e-commerce untuk menjual produk-produkmu. Serba mudah pokoknya.

Jika memang kamu kenal dengan distributornya, gak menutup kemungkinan untuk menjalankan bisnis ini dengan sistem konsinyasi. Otomatis, kamu gak akan keluar biaya sepeser pun. Asyik kan?

2. Penitipan anak (Daycare)

Daycare (Ilustrasi).

Gak sedikit tentunya jumlah ibu yang juga merupakan pekerja kantoran. Dan gak dipungkiri juga, jasa nanny alias babysitter juga luar biasa mahal.

Itulah sebabnya penitipan anak bisa menjadi salah satu usaha menguntungkan jika kamu jalankan.

Tapi jangan salah ya, penitipan anak ini bukan sekadar mengajak main anak orang saja. Kita juga dituntut harus mendidik anak yang dititip dengan baik. Orangtua manapun di dunia ini gak ada yang mau nitipin anak di tempat gak jelas. Apalagi jika pengelolanya gak peduli sama anak kecil.

Bisnis ini bisa kamu mulai di rumahmu sendiri. Akan tetapi modalnya paling kecil adalah Rp 10 jutaan. Hal itu disebabkan karena kamu harus melakukan renovasi terlebih dulu dan membeli peralatan-peralatan bermain dan belajar bagi anak.

3. Baby spa

Baby Spa (ilustrasi).

Bukan cuma orang dewasa yang butuh perawatan tubuh, bayi juga butuh lho. Itu sebabnya gak jarang ditemukan baby spa di dekat perumahan atau kawasan-kawasan strategis lainnya.

Treatment baby spa umumnya ada dua, pertama adalah terapi air untuk bayi yang berfungsi membantu kecerdasan otak, otot, dan syaraf motorik, serta yang kedua adalah pijat bayi.

Untuk mendirikan baby spa, otomatis yang harus kamu perhatikan pertama adalah apa yang menjadi perbedaan antara baby spa milikmu dan lainnya. Selain itu, kamu juga harus siap dengan promo-promo bagi konsumen.

Belum lagi, kamu juga harus bisa menyediakan terapis-terapis handal yang bisa membuat konsumen betah.

Dan untuk membangun usaha baby spa ini, tentu saja kamu butuh modal besar. Gak hanya gaji karyawan yang harus kamu siapkan, melainkan juga perlengkapan-perlengkapannya.

Modal awal yang kamu butuhkan tentu saja bisa mencapai lebih dari Rp 100 juta. Tapi profitnya bisa sampai Rp 75 jutaan lho.

4. Mainan anak dan boneka

Boneka mainan anak perempuan (Ilustrasi).

Mainan anak dan boneka tentu juga sifatnya fast moving seperti pakaian dan perlengkapan bayi. Akan tetapi, kamu juga gak bisa sembarangan dalam menjual barang yang satu ini.

Mengapa demikian? Karena mainan murah buatan Cina biasanya mengandung zat kimia yang berbahaya buat anak-anak.

Oleh karena itu tugas kamu adalah mencari vendor mainan yang aman. Dan sebisa mungkin kamu cari datangi sendiri tempatnya ya untuk cek barangnya.

Sama seperti baju dan lainnya, seandainya distributor sudah mengenalmu dengan baik, kamu bisa saja memulai usaha ini dengan sistem konsinyasi. Artinya kamu bisa gak keluar modal juga untuk buka usaha yang satu ini.

5. Perlengkapan bayi

Peralatan makan anak (Ilustrasi).

Stoler, boks bayi, bouncer, carseat, perlengkapan makan minum, dot, perlengkapan MPASI, dan sebagainya. Kalau ditotal-total semua perlengkapan itu sepaket bisa Rp 10 jutaan lho. Kenapa gak dibisnisin aja?

Perlengkapan bayi memang gak murah, dan bisa jadi usaha yang menguntungkan untuk kamu jalankan.

Selain bakal dibeli orangtua, kadang perlengkapan ini juga sering dibeli sebagai kado lahiran kerabat atau teman. Gak perlu khawatir deh kalau mau jualan barang-barang ini.

6. Baby gym

Baby sedang gym (Ilustrasi).

Selain baby spa, gym untuk bayi juga ada lho. Dan keberadaan tempat ini memang sangat populer dan dicari oleh kalangan ibu.

Beberapa alasan orangtua memasukkan anaknya ke baby gym adalah untuk merangsang syaraf motorik anak, melatih keseimbangan, memperkuat konsentrasi, dan otot.

Mungkin gak murah untuk memasukkan anak ke Rockstar Gym. Oleh karena itu, kamu bisa saja mendirikan gym baru dengan konsep yang sama tapi harganya lebih murah.

Tentu saja biaya yang kamu butuhkan gak sedikit. Ya pastinya lebih mahal dari baby spa deh.

Itulah enam jenis usaha yang menguntungkan dengan target pasar ibu dan anak. Kira-kira apakah kamu tertarik mendirikan salah satu di antaranya? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →