3 Pengusaha Indonesia Ini Membagikan Rahasia Kesuksesannya

Produk Asuransi Kesehatan BRI

Sukses dalam berbisnis tentu menjadi impian semua pengusaha sejati. Namun, untuk bisa mencapai kesuksesan tersebut tidaklah semudah membalikan telapak tangan. 

Nyatanya dibutuhkan konsistensi bekerja keras dan kemampuan untuk melakukan inovasi hingga akhirnya dapat melampaui persaingan di pasaran. 

Sebelum membahas lebih jauh terkait tips sukses berbisnis, lebih baik jika kita terlebih dahulu mengerti apa yang dimaksud dengan pengusaha. Pengusaha adalah seseorang yang menjalankan aktivitas usaha baik usaha jual beli produk maupun jasa. Pengusaha yang sukses adalah ia yang mampu bertahan dan mencari solusi yang tepat dalam melewati tantangan bisnisnya. 

Kabar baiknya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam mencapai cita-cita menjadi pengusaha sukses, seperti yang dirangkum oleh Lifepal berikut ini: 

Tips Menjadi Pengusaha Sukses 

usaha modal 5 juta

Setiap orang pada dasarnya telah memiliki jiwa pengusaha dalam dirinya. Untuk itu, yang perlu dilakukan hanyalah mencari cara untuk mengaplikasikan jiwa pengusaha tersebut dengan baik dan benar. Berikut adalah tips yang bisa kita lakukan: 

1. Bersikap aktif dalam mengembangkan ide

Salah satu kunci utama untuk dapat mencapai kesuksesan adalah mampu bersikap proaktif. Proaktif yang dimaksud adalah ketika memiliki ide bisnis yang unik, kita mampu merealisasikannya dengan baik. Ini berarti, kita juga harus berusaha memiliki inisiatif dalam menciptakan peluang baru. 

2. Berani menempuh risiko

Setiap bisnis tentu memiliki risiko dan pengusaha harus berani menempuh risiko tersebut. Namun, perlu diingat menempuh risiko bukan berarti melangkah tanpa strategi atau perencanaan yang benar alias nekat. Namun, kita tetap harus membuat kalkulasi risiko dan solusi untuk mengatasi risiko tersebut apabila terjadi pada bisnis kita. 

3. Menciptakan tujuan usaha yang tepat 

Ingat, kesuksesan umumnya dimulai dari suatu tujuan yang jelas. Untuk itu, seorang pengusaha sebaiknya tahu jelas apa yang ingin dituju. Hal ini dapat dilakukan dengan menciptakan target yang jelas. Misalnya, dalam satu bulan bisnis yang kita dirikan mampu mendatangkan keuntungan sebesar sekian persen. 

Namun, tetap diingat bahwa target yang ditetapkan sebaiknya telah diperhitungkan dalam rencana bisnis, ya. 

4. Buat rencana bisnis yang jelas 

Nah, berbicara soal rencana bisnis, ini menjadi salah satu aspek paling penting dalam kesuksesan seorang pengusaha. Untuk itu, dalam rencana bisnis, sebaiknya susun secara terperinci, seperti: 

  • Visi dan misi bisnis.
  • Tujuan bisnis jangka panjang. 
  • Target pasar. 
  • Pesaing.
  • Strategi pemasaran.

5. Belajar dari pengusaha sukses lainnya 

Tips kesuksesan lainnya adalah tidak segan belajar dari pengusaha lainya. Ini dikarenakan cara berpikir dapat memengaruhi tindakan seseorang. Nah, memiliki pola pikir pengusaha sukses dapat dilakukan dengan belajar dari pola pikir pengusaha sukses lainnya. 

Belajar Bisnis dari 3 Tokoh Pengusaha Sukses Ini 

Indonesia memiliki begitu banyak tokoh pengusaha sukses yang bisa menjadi inspirasi kita dalam berbisnis. Berikut ini di antaranya: 

1. William Tanuwijaya 

pengusaha adalah tokopedia
Sumber gambar: Koalahero.com

William Tanuwijaya adalah pendiri Tokopedia. Lahir pada tanggal 11 November 1981, pria kelulusan Universitas Bina Nusantara ini pernah bekerja sampingan sebagai penjaga warnet. Ini ia lakukan demi mendapatkan akses internet gratis untuk mempelajari ilmu internet lebih dalam.

Setelah lulus kuliah, William kemudian bergabung dengan beberapa perusahaan software dan game developer. Dengan pengalaman yang dimilikinya, William kemudian mengajak rekannya bernama Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan Tokopedia.com yang kemudian rilis pada tahun 2009. Saat ini Tokopedia dinobatkan sebagai salah satu perusahaan unicorn Indonesia. 

Nilai bisnis: Kerja keras dan rasa keingintahuan disertai semangat belajar menjadi kunci utama kesuksesan yang diperoleh oleh William Tanuwijaya. 

2. Achmad Zaky 

pengusaha adalah Bukalapak
Sumber gambar: Buku-otobiografi.blogspot.com

 

Achmad Zaky merupakan pendiri dari Bukalapak. Pria lulusan teknik informatika dari Institut Teknologi Bandung ini memiliki ketertarikan dalam dunia informatika sejak di bangku SD. Bahkan, ia telah memenangkan beragam olimpiade terkait informatika selama mengenyam pendidikan. 

Setelah lulus dari ITB, Achmad Zaky mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi bernama Suitmedia yang menjadi cikal bakal lahirnya Bukalapak. Kabarnya, pengembangan Bukalapak hanya diselesaikan dalam kurun waktu dua bulan saja, lho. Hebat, ya! 

Nilai bisnis: Agar bisa senantiasa semangat dalam mendirikan suatu bisnis, sebaiknya lakukan sesuai dengan passion yang kita miliki. 

3. Ferry Unardi

 

ferry unardi pendiri traveloka
Sumber gambar: Orisinal.id

Ferry Unardi adalah pendiri Traveloka yang lahir pada tahun 1988 di kota Padang. Ferry menyelesaikan pendidikan tinggi di Universitas Purdue, Amerika Serikat, dan mengambil jurusan Computer Science and Engineering. 

Setelah menyelesaikan pendidikan S1, Ferry bekerja di Microsoft, Seattle. Pengusaha sukses ini kemudian merasa bahwa kariernya di Microsoft akan sulit naik. Ia kemudian memutuskan untuk berhenti bekerja dan melanjutkan studinya. 

Di tahun 2012, Ferry bersama dua sahabatnya mendirikan Traveloka. Setelah tujuh tahun berdiri, situs Traveloka telah menggaet lebih dari 250 ribu kunjungan setiap harinya. 

Nilai bisnis: Ferry Unardi mampu keluar dari zona nyamannya dengan keluar dari perusahaan Microsoft. Selain itu ia juga tidak terburu-buru dalam mendirikan suatu usaha dan memilih untuk mengambil pendidikan S2 sebelum akhirnya memutuskan mendirikan Traveloka. 

Itulah tadi beberapa tips dan contoh pengusaha sukses yang dapat menjadi inspirasi kita dalam membangun usaha. Meski begitu jangan sampai lupa bahwa selama membangun usaha, kita perlu memproteksi diri dengan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Kabar baiknya kita bisa membandingkan berbagai layanan dan produk asuransi di Lifepal.

Uniknya lagi, kita juga bisa berkonsultasi secara langsung, lho! Yuk, kita kunjungi Lifepal sekarang juga! 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →