Pengusaha Sukses Ini Untung Besar dari Menjual Udara Lho

Pengusaha Sukses

Yap, kamu gak salah baca. Percaya gak kalau ada pengusaha sukses yang bisnisnya adalah menjual udara? Iya bener, udara!

Pasti kemudian banyak yang nanya. Udara dijual? Siapa yang mau beli? Jawabannya: ya, dan banyaaaak.

Adalah Vitality Air, perusahaan asal Kanada yang didirikan dua cowok gokil bernama Moses dan Troy pada 2014. Bisnisnya betul-betul unik.

Mereka menjual udara yang diklaim super-duper bersih asal Pegunungan Rocky di Kanada. Udara itu dikemas dalam kaleng aluminium berkapasitas 8 liter.

Harganya US$ 32 atau sekitar Rp 430.000. Ada juga yang udara berbalut berlian, harganya US$ 9.500 atau Rp 132 juta! Laku satu aja udah bisa beli mobil di sini.

Ada juga yang berkapasitas 3 liter. Harganya US$ 23 dolar. Kalau dirupiahkan, kira-kira Rp 299.000. Tetep aja mahal.

Namun, menurut laporan per 2016, perusahaan yang kini digawangi pengusaha sukses bernama Moses itu bisa menjual12.000 botol berbagai ukuran ke Cina. Negeri Tiongkok memang jadi pasar utama Vitality Air.

Penyebabnya, udara di negara Tirai Bambu ini konon sangat kotor. Walhasil, warganya menjadi pangsa pasar yang pas untuk Vitality Air, yang menawarkan udara bersih nan segar khas pegunungan Kanada.

Kok bisa ya Bang Moses dan Mas Troy bisa punya ide jualan udara yang akhirnya membawa mereka jadi pengusaha sukses?

Sebetulnya ide keduanya gak baru-baru amat. Udah ada beberapa penjual udara kalengan sebelumnya. Tapi mereka gak mampu menyaingi kesukesan Vitality Air.

Kira-kira apa ya kunci kesuksesan si penjual udara ini? Yuk, coba kita bedah bersama:

1. Berani malu, berani maju

pengusaha sukses
Siapa sih yang gak cekikikan pas baru dengar ada yang jual udara kalengan? (CNN)

Buat kebanyakan orang, jualan udara mungkin terdengar gila. Tapi hal itu gak menghalangi niat Vitality Air untuk berkembang.

Malah, mereka sukses membalikkan pandangan orang-orang yang mulanya mengganggap remeh bisnis tersebut.

Awalnya memang mereka iseng jualan udara di eBay. Tapi gak dinyana, malah dagangannya laku keras. Sejak saat itulah mereka yakin telah menemukan jalan menuju kesukesan, meski dengan cara gak lazim.

2. Segmen pasar tepat

Vitality Air menjadikan Cina segmen pasar utama. Pilihan ini sangat tepat karena negara tersebut memang terkenal parah polusinya.

Negara lain yang dijadikan target adalah India dan Vietnam. Sekali lagi, pilihan ini sangat jitu. Dan gak cuma soal polusi yang jadi perhatian. Jurang antara kelas menengah-atas dan wong cilik di negara-negara itu dengan cermat dimanfaatkan.

Dengan harga yang sedemikian tinggi, jelas warga miskin gak mungkin beli. Banyaknya orang kaya baru (OKB) membuat negara itu jadi target pasar yang pas buat produk unik Vitality Air.

[Baca: Niat Buka Usaha Sendiri? Jangan Pilih 4 Bisnis Ini!]

3. Tampil di media

pengusaha sukses
Bikin road show ke media-media, dari radio hingga TV, biar produk makin dikenal (tupu tupu)

Melihat uniknya bisnis si penjual udara, media bakal dengan senang hati datang meliputnya. Itulah salah satu keuntungan punya usaha yang lain daripada yang lain.

Salah satu cara menarik perhatian media adalah mengirim press release atau siaran pers. Di dalamnya, terangkan poin-poin yang sekiranya layak jadi berita. Cara lainnya ada di poin berikutnya.

4. Promosi lewat orang terkenal

Vitality Air punya produk signature dengan tanda tangan rapper terkenal Amerika, 2 Chainz. Sang rapper pun beberapa kali tampil on air dengan sekaleng udara Vitality di tangan.

Cara ini ampuh menarik perhatian media, juga publik. Adanya keterlibatan orang terkenal sekaligus jadi ajang promosi.

Tentu ada biaya yang gak sedikit untuk cara ini. Mungkin karena inilah harga sekaleng udara aluminium bisa sedemikian mahal.

[Baca: Jamu Nyonya Meneer Dinyatakan Bangkrut. Biar Gak Senasib, Yuk Belajar dari Kesalahan Mereka!

5. Bikin situs

pengusaha sukses
Kalau punya situs buat usaha, dikelola yang baik. Jangan cuma asal bikin (Dailymail)

Ini nih yang sering dianggap enteng oleh para pebisnis. Di era Internet seperti sekarang, keberadaan situs penting banget buat bisnis.

Dua pengusaha sukses di balik Vitality Air tampaknya mengerti betul akan hal itu. Mereka punya situs yang sangat jelas dan komplet.

Bahkan konsumen bisa langsung beli produk di situs itu. Selain mempermudah pemasaran, situs ini menunjukkan kompetensi bisnis yang dijalankan. Terlebih bila gak pakai domain gratisan.

Ya iya lah. Orang mau beli udara tentu bakal mikir, ini serius gak sih. Mengecek situs adalah salah satu cara untuk mengetahui keseriusan bisnis tersebut.

Buat Moses dan Troy, ide gila bisa menjadi sarana menuju kesuksesan. Kita pun bisa belajar “gila” dari dua pengusaha sukses itu.

Gak perlu minder atau malu dengan ide di kepala, apa pun itu. Siapa tahu bisa melejit dan sukses dengan ide gila namun brilian seperti Vitality.

[Baca: Semua Orang Bisa Sukses Berbisnis Kok, Asal Bisa Hindari Jebakan Betmen Ini]

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis